Waspada Bahaya Toluena! Gunakan Lem Aman untuk Mainan Anak Terpercaya!

707
fenomena ngelem

Glue sniffing atau menghirup lem adalah istilah yang sering diasosiasikan dengan kegiatan anak-anak jalanan. Padahal, glue sniffing bisa saja terjadi di rumah kita pada si kecil akibat berbagai kid toys mengandung toluena. Oleh karena itulah, sangat penting bagi pemerintah untuk memastikan regulasi ketat seputar lem aman untuk mainan anak terpercaya pada industri tersebut.

toluena

Apa itu Toluena?

Toluena atau toluol merupakan bahan tak berwarna, tak larut air, dan merupakan senyawa organik dengan CH3 pada grup phenyl-nya. Toulena memiliki nama sistematik IUPAC metilbenzena dan merupakan senyawa hidrokarbon aromatik. Bahan ini banyak dimanfaatkan untuk pengencer bahan-bahan kimia, utamanya lem dan cat.

Apa Bahaya Toluena?

Toluena bisa menyebabkan gejala beragam tergantung dari intensitas ekposnya. Bila intensitas paparan toulena rendah, seseorang hanya akan mengalami pusing-pusing hingga kehilangan memori jangka pendek. Namun bila paparannya dilakukan dalam intensitas tinggi, bukan tak mungkin yang bersangkutan mengalami kematian.

Toluena dan Fenomena Menghirup Lem

fenomena ngelem

Aktivitas menghirup lem atau ngelem yang sering dilakukan anak jalanan sebenarnya merupakan aktivitas menghirup toluene. Bahan ini memang dikenal bisa menyebabkan efek-efek seperti mabuk dan sifat adiktif. Namun demikian, bila dilakukan terus-menerus, efeknya akan sangat membahayakan.

Penghirupan lem atau glue sniffing sendiri ironisnya bisa terjadi tanpa sengaja. Buah hati Anda bukan tak mungkin melakukan glue sniffing gara-gara bahan kimia pada berbagai mainan yang kita berikan. Sebab sebagaimana disebut di atas, toluene banyak digunakan sebagai pengencer untuk cat maupun lem. Industri mainan sendiri sering mengandalkan kedua bahan tersebut (cat dan lem) sehingga memiliki resiko tinggi akan kandungan toluolnya.

mainan kayu bagus

Andalkan Lem Aman untuk Mainan Anak yang Terpercaya

Tak ada yang bisa dijadikan solusi kecuali melarang penggunaan lem dengan kandungan toluena pada industri mainan anak. Sesegera mungkin aturan seperti ini harus ditegakkan dan dipastikan terus berjalan.

lem aman untuk mainan anak crossbond
Lem aman bebas toluena

Industri mainan anak seperti kid wooden toys harus didukung untuk senantiasa menggunakan lem aman untuk mainan anak terpercaya. Toh dengan cara ini, konsumen juga akan lebih percaya untuk membeli berbagai produk kid toys tersebut. Bukankah ini win-win solution bagi semua pihak?

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here