Mulai Sekarang, Gunakan Lem Aman untuk Mainan Anak Bebas Ethylbenzena

522
finger joint meja kecil

Waspadai bahaya ethylbenzena pada berbagai produk mainan yang Anda produksi. Salah satu sumber ancaman zat tersebut ialah dari adhesive yang digunakan. Karenanya usahakanlah selalu membeli lem aman untuk mainan anak bebas ethylbenzena.

bermain mainan kayu

Apa itu Ethylbenzena?

Ethylbenzene sangat banyak ditemukan dalam berbagai pelarut solvent. Pada berbagai kebutuhan sehari-hari, kita akan menemukan zat ini pada:Ethlybenzena merupakan suatu zat tanpa warna, mudah terbakar, berbentuk cairan, memiliki bau seperti minyak, dan bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Secara alami, zat ini banyak ditemukan pada minyak alam dan batu bara. Karenanya, zat ini banyak ditemukan pada produk berbasis pelarut solvent atau minyak alam seperti:

1. Bahan bakar

2. Pelarut cat dan tinta tertentu

3. Pestisida berbasis solvent

4. Varnish berbasis solvent

5. Produk tembakau

6. Produk otomotif

7. Adhesive berbasis solvent

Industri mainan anak yang tak lepas dari penggunaan cat, varnish, hingga adhesive jelas rentan terpapar efek bahaya ethylbenzena. Tapi seberapa bahayakah zat ini?

Ethylbenzena Bahan Karsinogenik?

bahaya senyawa voc

Sebagaimana senyawa dari solvent pada umumnya, ethylbenzena bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Namun tentu saja efek bahaya tersebut tak bisa disamakan begitu saja. Ada zat-zat yang memiliki efek merusak tubuh lebih tinggi daripada yang lainnya. Ethylbenzena sendiri termasuk zat dengan efek sangat buruk pada kesehatan.

Menurut IARC atau International Agency for Research on Cancer (IARC), bahan ini bersifat karsinogen atau bisa menyebabkan kanker. Pernyataan ini dikeluarkan setelah beberapa pengujian yang dilakukan pada hewan-hewan. Apalagi ketika paparannya terjadi dalam jangka waktu lama dan intensitas tinggi.

Memilih Lem Aman untuk Mainan Anak Bebas Ethylbenzena

Tingkat bahaya ethylbenzena di atas jelas sangat mengkhawatirkan. Oleh karenanya diperlukan lem dengan tingkat keamanan yang baik untuk wooden toys. Pilihan jenis lem di pasaran sendiri beragam seperti:

1. Lem resin epoxy

2. Lem PU

3. Lem Urea Formaldehida

4. Lem super glue

5. Lem PVAc

6. Dan masih banyak lainnya

Dari berbagai adhesive tersebut, tentu yang paling aman digunakan adalah lem putih atau PVAc. Namun tak semua lem PVAc bisa digunakan untuk merekatkan mainan kayu. Sebab lem PVAc sendiri ada banyak ragamnya. Misalnya lem PVAc yang hanya untuk bisa meretkatkan kertas, tentu akan sangat kurang kuat bila ingin digunakan sebagai perekat mainan.Pilihlah lem PVAc yang memang bisa digunakan untuk merekatkan mainan kayu dan memiliki standar keamanan yang baik. Dengan demikian, mainan anak lebih awet serta tidak menyebabkan bahaya kanker pada si kecil.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here