Yuk, Pakai Lem Aman untuk Mainan Anak dari Kayu

968
rumah kayu

rumah kayu

Wooden toys telah membuktikan bagaimana keamanan menjadi faktor besar dalam industri produk anak. Penggunaan bahan-bahan aman mulai dari kayunya hingga lem aman untuk mainan anak dari kayu terbukti menciptakan untung besar.

Ingatkah Anda bagaimana kontroversi BPA beberapa tahun lalu? BPA atau Bhis-Phenol A merupakan substansi berbahaya yang sayangnya kerap ditemukan pada bahan plastik. Isu BPA menjadi sangat panas sebab bahan ini pun terungkap didapati pada produk anak mulai dari botol dot hingga berbagai mainan plastik. Kondisi ini sempat memicu kekhawatiran besar-besaran, namun di lain pihak juga memberikan banyak pelajaran bermanfaat.
Isu BPA bagaimanapun juga telah membantu mengangkat isu keamanan produk-produk anak yang dulu sering diabaikan. Munculnya isu ini mendorong kesadaran orangtua untuk lebih selektif lagi dalam memilih produk bagi buah hati mereka.

BPA dan Industri Mainan Kayu

Selain menggugah kesadaran, secara tak langsung isu BPA memberikan dampak positif pada industri mainan non plastik seperti mainan kayu. Kayu yang merupakan bahan organik kerap dikontraskan dengan plastik dan bahan-bahan sintetis lainnya dalam hal keamanan. Meski, tak bisa dipungkiri juga bahwa mainan kayu memiliki daya tarik tersendiri, terlepas dari faktor keamanannya.

Dari hal ini, bisa kita lihat secara nyata bagaimana faktor keamanan memang begitu penting pada industri yang bergerak di produk-produk anak, termasuk berbagai jenis mainan. Toh, orangtua mana yang tega memberikan mainan beracun untuk putra dan putri mereka?

Kesadaran Penggunaan Lem Aman untuk Mainan Anak dari Kayu

pesawat kayu

Bagi industri mainan kayu, kondisi ini seolah tampak sangat menggembirakan. Namun jangan terlalu senang dulu. Tingkat keamanan sebuah produk bukan hanya berasal dari bahan baku utamanya. Semua pihak memang bisa bersepakat bahwa kayu lebih aman dibanding plastik. Namun bagaimana dengan bahan pendukung pembuatan mainan anak?

Faktor perekat atau adhesive menjadi salah satu konsen utama yang harus diperhatikan. Adhesive yang menjadi penempel komponen mainan anak akan secara langsung mempengaruhi kualitas keamanan produk tersebut secara keseluruhan.

Untungnya, memilih lem dengan standar aman di era sekarang ini semakin mudah didapatkan. Ada merk-merk lem andalan yang sejak dulu fokus mengembangkan produk green seperti Crossbond. Crossbond bahkan sudah memiliki standar food grade atau aman untuk perekatan alat makan. Jadi, kita tak perlu lagi khawatir tidak bisa mendapatkan lem aman untuk mainan anak dari kayu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here