Lem Aman untuk Mainan Anak Bebas Xylene, Jadikan Toys Standar Internasional

362
mainan kayu bagus

Apa itu xylene? Mengapa dibutuhkan lem aman untuk mainan anak bebas xylene? Yuk cari tahu penjelasannya di bawah ini.

mainan kayu bagus

Xylene dan Bahayanya yang Tersembunyi

Xyelena (Bahasa Inggris: Xylene) atau Xylol merupakan dimetilbenzena yang merupakan bahan kimia dengan formula (CH3)2C6H4. Bahan ini banyak digunakan sebagai solvent termasuk sebagai solvent untuk berbagai lem kayu.

Sebenarnya untuk kebutuhan tertentu, xylena masih sangat diperbolehkan. Hanya saja untuk keperluan seperti perekatan mainan anak, tentu keberadaannya menjadi ancaman serius. Efek xylena bisa berdampak pada tekanan terhadap sistem saraf pusat, dengan tanda-tanda seperti rasa pusing, kepala sakit, dan muntah-muntah. Eksposi pada konsentrasi lebih dari 100 ppm bisa menyebabkan pusing-pusing. Sedangkan eksposi pada konsentrasi 200 hingga 500 ppm bisa menyebabkan perasaan melayang, rasa lemas, hingga melambatnya respon tubuh.

xylena

Efek pada jangka panjang sendiri bisa menyebabkan kerusakan koordinasi gerakan, insomnia, perasaan lelah terus-terusan, tremor, konsentrasi mudah rusak, mudah lupa, hingga tanda iritasi pada kulit. Berbagai efek ini dikenal sebagai Organic Solvent Syndrome atau OSS.

Perlunya Lem Aman untuk Mainan Anak Bebas Xylene

Menyadari beragam bahaya xylena di atas, tentu saja industri wooden toys harus tanggap menghadapinya. Penggunaan xylena jelas sangat berbahaya. Lem dengan kandungan tersebut bisa menjadi akhir wooden toys ditinggalkan konsumennya yang jelas konsen dengan masalah kesehatan.Oleh karena itulah, penggunaan lem aman untuk mainan anak bebas xylena sangat penting diupayakan. Untuk mendapatkan varian lem seperti itu sendiri, caranya memang tak begitu mudah. Tapi bukan berarti lem tanpa xylene tak ada di pasaran.

Kriteria penting yang harus Anda jauhi:

1. Lem solvent based

2. Lem dengan bau menyengat kuat

Perlunya Lem Aman untuk Mainan Anak Bebas XyleneLem aman untuk mainan anak bebas xylena yang bisa Anda gunakan contohnya adalah Crossbond. Selain merupakan water based adhesive (menggunakan air), lem ini juga dibuat dari polyvinyl acetate yang terkenal non toksik. Crossbond akan mendukung perekatan wooden toys dengan kualitas lainnya juga. Sebab selain aman, adhesive ini juga kuat dan sangat tahan lama.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here