Lem untuk Laminasi Kayu yang Bagus untuk Vinir

601
vinir (3)

Mau tak mau, aplikasi vinir pasti memerlukan lem kayu yang berkualitas. Seperti apakah lem untuk laminasi kayu yang berkualitas itu? Berikut ini kriteria yang bisa Anda pertimbangkan.

Kriteria Lem untuk Laminasi Kayu yang Bagus

Daya Rekat Kuat

vinir (3)Yang pertama harus Anda perhatikan adalah daya rekat lemnya. Apalagi aspek ini terkait langsung dengan fungsi inti lem itu sendiri.

Tahan Lama

Meskipun daya rekat sangat penting, bukan berarti aspek lainnya tidak penting. Aspek ketahanan ialah contohnya. Sudah sering disebut pada artikel ini, “apa gunanya lem yang kuat namun mudah rusak?” Pilihlah lem dengan daya tahan yang spesifik menurut kebutuhan Anda. Misalnya lem tersebut akan dipakai untuk vinir yang diaplikasikan pada furniture outdoor, maka tentu saja Anda harus memilih lem outdoor.

Viskositas Medium

Perekatan laminasi memiliki syarat spesifik. Salah satunya adalah viskositasnya yang medium untuk mencegah terjadinya lapisan film lem.

Mengikat Vinir dan Medium dengan Baik

Faktor selanjutnya yang perlu diperhatikan tatkala membeli lem untuk laminasi kayu adalah kecocokannya dengan medium. Ingat, tiap adhesive memiliki karakter sendiri-sendiri. Jadi, hindari membeli lem secara asal. Pastikan lem yang Anda pilih cocok digunakan untuk vinir serta media yang akan direkatkannya. Bila perlu tanya langsung pada manufaktur lem terkait.

Aman

Faktor aman seringkali disepelekan. Padahal, faktor ini sangat berguna untuk kebutuhan pengeleman yang memerlukan syarat aman tinggi. Apalagi bila Anda ingin mengekspor produk kayu Anda ke luar negeri. Negara-negara tujuan ekspor pada umumnya memiliki standar keamanan yang ketat.

Mudah Digunakan

Supplier Lem Untuk Kayu Crossbond
Lem untuk laminasi kayu Crossbond X4

Sebaik apapun sebuah lem, namun kita harus memiliki fasilitas untuk mengaplikasikannya dulu. Jadi, saat membeli lem, pertimbangkan juga cara aplikasi produk tersebut. Pilih yang mudah sesuai keterampilan Anda dan bisa digunakan dengan alat-alat yang Anda miliki.

Murah

Bagaimanapun juga, kita tak akan pernah bisa lepas dari faktor harga. Namun, berhati-hatilah dengan lem-lem murahan. Tak jarang produk adhesive yang murah justru membuat boros karena menyebabkan kegagalan pengeleman. Pilihlah lem yang harganya terjangkau namun kualitasnya baik seperti Crossbond X4.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here