Tips Membeli Tipe Lem yang Kuat untuk Bambu

669
mengelem kardus

Ada beragam jenis adhesive di pasaran. Tiap-tiap adhesive tersebut tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pada kesempatan ini, kami akan sajikan penjelasan berbagai tipe lem yang kuat untuk bambu dan karakternya yang khas. Dengan penjelasan ini, Anda bisa membeli lem yang paling sesuai dengan kebutuhan termasuk dalam hal daya rekat atau kekuatannya.

Lem PVAc Waterproof

tipe lem yang kuat untuk bambuBisa dibilang, tipe lem inilah yang merupakan tipe lem paling kuat. Lem ini juga aman digunakan dan memiliki ketahanan yang sangat baik. Contoh PVAc waterproof adalah lem Crossbond X4. Lem ini bahkan bisa digunakan untuk berbagai perekatan heavy duty atau perekatan dengan paparan faktor perusak tinggi.

Urea Formaldehida

Urea formaldehida adalah tipe lem yang kuat untuk bambu berikutnya. Meski begitu, tingkat kekuatan lem ini masih di bawah PVAc waterproof, epoxy, maupun PVAc biasa untuk kayu. Urea formaldehida juga memiliki kekurangan dalam hal keamanan meski bisa digunakan untuk menambal celah atau lubang media.

Lem Serba Guna

Lem serbaguna biasa menggunakan formulasi PVAc namun tak sekuat PVAc waterproof. Tipe lem ini juga kerap digunakan untuk mengelem berbagai jenis kertas. Kami tak merekomendasikan jenis lem ini untuk perekatan bambu seperti furniture dan konstruksi.

Lem PU

Lem PU atau polyurethane memiliki daya rekat yang baik meski tak sebaik lem PVAc water proof. Lem ini juga unggul dalam hal resistensinya terhadap air dan beberapa kondisi heavy duty.

Lem Resin Epoxy

Epoxy resin atau lem epoxy kerap digunakan untuk mengisi celah. Lem ini juga tahan terhadap air maupun paparan zat-zat kimia. Meski sering dianggap sebagai lem terkuat pada kenyataannya epoxy resin tak sebaik PVAc waterproof. Beberapa pengujian seperti yang dilakukan Popular Woodworking Magazine telah menunjukkan hal tersebut.

Simpulan: Tipe Lem yang Kuat untuk Bambu Terbaik

Berdasarkan paparan aneka adhesive di atas, bisa disimpulkan bahwa lem yang memiliki daya rekat paling tinggi adalah PVAc waterproof. Lem ini juga unggul dalam hal ketahanannya pada beberapa faktor perusak seperti air dan panas. PVAc waterproof juga sangat aman digunakan. Merek lem PVAc waterproof seperti Crossbond bahkan sudah berstandar food grade sehingga bisa digunakan untuk perekatan kabinet dapur hingga alat makan.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here