Bangunan Bambu Kokoh dengan Lem yang Kuat untuk Bambu Ini

788
bambu

Kekokohan bangunan dari bahan bambu seringkali dipertanyakan. Namun dengan pemanfaatan lem yang kuat untuk bambu, berbagai bangunan dari bambu seperti gazebo, pergola, dan lainnya bisa dibuat jauh lebih kuat.

bambu

Salah satu kekurangan bambu dibanding kayu terletak pada aspek kekuatannya. Bambu yang berongga dan secara umum memiliki densitas lebih rendah bisa menyebabkan bangunan maupun produk yang dibuat darinya kurang kokoh.
Untungnya, permasalahan seperti ini bukannya tak bisa diatasi. Ada berbagai upaya yang bisa dilakukan untuk mendukung produk dari bambu menjadi lebih kokoh. Salah satunya adalah penggunaan adhesive dengan daya rekat yang baik. Fungsi adhesive yang menjadi pemersatu komponen produk akan mampu membantu bangunan dari bahan ini lebih stabil dari tekanan berat maupun faktor yang lain.

Lem yang Kuat untuk Bambu: Sambungan dan Laminasi

Setidaknya terdapat dua adhesive yang dibutuhkan untuk menghasilkan bangunan bambu yang lebih kokoh. Keduanya adalah:

Lem untuk Sambungan Bambu

Berbagai tipe sambungan kayu seringkali mengandalkan lem sebagai bahan pendukung utama untuk hasil yang baik. Pada bambu, lem memang bukan satu-satunya bahan penyambung yang bisa diandalkan. Kerap, pengrajin menggunakan tali untuk menyatukan dan menguatkan sambungan-sambungan bambu. Meski demikian, banyak juga sambungan bambu yang memerlukan adhesive.

Penggunaan lem pun secara umum sangat menguntungkan. Lem akan menstabilkan hubungan komponen pada sambungan bambu dengan cara menyatukannya. Kekuatan berbagai komponen tersebut pun akan berkombinasi mendukung fungsi yang sama dan bukannya berlawanan satu sama lain.

Lem untuk Laminasi

lantai bambu

Lem kedua yang diperlukan dalam pemanfaatan bambu untuk material bangunan adalah lem laminasi. Tipe lem seperti ini digunakan untuk pemasangan lantai, panel bambu, dan berbagai kebutuhan serupa lainnya. Aspek kekokohan pada tipe pengeleman ini memang agak berbeda dengan aspek kekokohan pada pengeleman untuk sebuah rangka produk. Namun demikian, lem berdaya rekat kuat tetap saja dibutuhkan untuk lantai hingga bamboo paneling yang baik.

Andalkan Crossbond, Lem yang Kuat untuk Bambu Terbaik!

Dari berbagai produk adhesive yang tersedia di pasaran, produk yang kami sarankan ialah Crossbond. Crossbond memiliki inner cross linker modifier dan dibuat dalam formulasi yang tepat sehingga sangat cocok untuk pengeleman pada substrat bambu. Lem ini juga memiliki daya rekat yang baik pada kedua variannya.
Anda bisa menggunakan:

  1. Lem Crossbond X3 untuk sambungan bambu
  2. Lem Crossbond X4 untuk bambu laminasi

merk lem kayu untuk gitar crossbond

Aspek-aspek menarik lainnya juga dimiliki adhesive Crossbond. Sehingga penggunaan lem yang kuat untuk bambu ini juga akan membuat bangunan bambu memiliki kualitas yang baik secara umum.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here