Buat Pergola dan Gazebo Bambu dengan Lem yang Kuat untuk Bambu Crossbond!

1163
gazebo bambu unik

Ingin membuat gazebo atau pergola dari bahan bambu? Bila “iya” merupakan jawaban Anda, jangan lupa gunakan lem yang kuat untuk bambu Crossbond!

gazebo bambu unik

Beberapa di antara Anda mungkin memiliki sisa-sisa bambu tak terpakai. Beberapa di antaranya lagi malah mungkin memiliki rumpun tanaman bambu di halamannya. Bagi Anda dengan dua kondisi tersebut, pernahkah terpikir untuk membuat pergola dan gazebo bambu? Sekarang ini, pembuatan pergola maupun gazebo menghabiskan budget yang tak sedikit. Kesempatan membuat kedua bangunan tersebut tentu tak bisa disia-siakan begitu saja. Apalagi bila gazebo maupun pergola tersebut nantinya bisa dijual atau malah digunakan untuk bisnis warung/restoran kecil-kecilan. Sangat menarik bukan?

Cara membuatnya sendiri sebenarnya bisa mencontoh berbagai tutorial yang ada di dunia maya. Namun yang tak boleh Anda abaikan adalah kelemahan utama bangunan dari bahan bambu. Dibandingkan kayu, Anda harus menyadari bahwa:

1. Bambu lebih mudah terserang hama

2. Bentuk bambu yang berlubang menyebabkan penyambungan sulit dilakukan

gazebo samping kolam renang

Untuk masalah pertama, kami sarankan untuk mengaplikasikan obat pengawet antihama bambu terlebih dahulu. Misalnya BioCide Insecticide untuk antiserangga dan BioCide Wood Fungicide untuk antijamur. Sedangkan untuk masalah kedua, saran kami ialah aplikasi lem bambu dengan kekuatan yang baik.

Mengapa Lem yang Kuat untuk Bambu Crossbond?

Penggunaan lem akan memberikan kekuatan ekstra pada sambungan bambu. Dan oleh sebab itu, cara ini bisa menyelesaikan masalah kedua sebagaimana disebut di atas. Memang biasanya, bambu disambungkan dengan tali dan pemakuan. Namun kedua cara tersebut tidak benar-benar akan menstabilkan sambungan. Agar sambungan lebih stabil, aplikasi lem yang kuat sangat disarankan.

lem yang kuat untuk bambu crossbond

Dengan cara ini, bambu yang disambungkan akan benar-benar menyatu dan tidak banyak bergesekan. Lem yang kami sarankan ialah lem yang kuat untuk bambu Crossbond. Aplikasi Crossbond pada gazebo dan pergola bisa dilakukan pada dinding panel dari bambu hingga pemasangan lantainya. Untuk pembuatan dinding panel, Crossbond bisa dioleskan di bagian samping bambu sehingga terjadi kesatuan pada komponen tembok tersebut. Sangat mudah bukan? Hasilnya tentu gazebo dan pergola akan jauh lebih kokoh dan tahan lama.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here