Tahan Lama dengan Lem untuk Laminasi Bambu Eksterior

596
lantai bambu luar

Untuk lantai bambu outdoor tahan lama, Anda sudah tentu harus menggunakan adhesive yang juga tahan lama. Gunakanlah lem untuk lantai bambu eksterior yang memiliki kualitas baik.

Bambu sebagaimana kayu juga bisa digunakan sebagai bahan untuk membuat lantai. Dewasa ini, dengan harga kayu yang makin tinggi, penggunaan bambu bahkan menjadi semakin menarik untuk dipilih. Apalagi, bahan ini pun tergolong masih begitu melimpah di alam. Sehingga penggunaannya tak akan dinilai merusak keanekaragaman biotik.

lantai bambu luar

Namun meski kerap digunakan sebagai pengganti kayu, sejatinya bambu memiliki daya tarik tersendiri. Bahan bambu mampu menciptakan suasana khas yang lebih oriental maupun lebih tropis tergantung bagaimana kita mendesainnya. Variasi tampilan bambu juga beragam dan bisa kita pilih sesuai selera. Ada bambu dengan warna kuning yang biasa, namun ada juga bambu dengan pola tutul-tutul yang menarik. Selain itu, secara umum bambu juga lebih lunak dibanding kayu. Hal ini membuatnya lebih aman ketika terjadi insiden-insiden tak mengenakkan seperti terpeleset.

Perlunya Ketahanan terhadap Lingkungan Outdoor

Pada aplikasinya, lantai bambu bukan hanya digunakan untuk indoor. Sering, lantai ini juga digunakan untuk eksterior, termasuk untuk lantai bangunan-bangunan rekreasi semi permanen seperti gazebo dan pergola.

Penggunaan lantai bambu untuk outdoor mau tak mau mensyaratkan tingkat ketahanan lantai bambu yang lebih ketat. Pemilihan spesies bambu yang awet hingga bahan-bahan pendukungnya yang tahan cuaca sangat perlu dilakukan untuk menghasilkan lantai awet yang tahan lama.

Aplikasi Lem untuk Laminasi Bambu Eksterior

Salah satu bahan yang perlu diperhatikan saat akan memasang lantai bambu pada kondisi eksterior adalah lem yang digunakan. Lem yang berguna merekatkan komponen lantai bambu tentu juga harus memiliki ketahanan terhadap faktor-faktor luar seperti hujan, panas matahari, dan perubahan cuaca lainnya secara umum.

Lem untuk laminasi bambu eksterior
Lem untuk laminasi kayu

Bagaimana bila kita bersikeras menggunakan lem indoor? Penggunaan lem yang lemah pada aspek ketahanan bukan sekedar membuat lantai menjadi jelek. Penggunaan lem yang hanya tahan untuk indoor juga bisa berakibat pada tidak lagi berfungsinya lantai yang sudah dipasang.

Jadi, bila Anda memang hendak mengaplikasikan lantai outdoor, jangan lupa untuk memilih lem yang memang didesain untuk kebutuhan outdoor. Pilihlah lem untuk laminasi bambu eksterior yang kualitasnya baik.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here