jembatan gluebam

Inovasi GluBam dengan Lem untuk Laminasi Bambu Terkuat Crossbond!

Glubam atau glued bamboo adalah istilah yang digunakan untuk produk bambu olahan yang pembuatannya menggunakan adhesive atau perekat. Untuk menghasilkan glubam berkualitas, pastikanlah lem yang digunakan adalah lem untuk laminasi bambu terkuat.

glubamDi era sekarang ini, kebutuhan manusia akan kayu semakin banyak dengan tuntutan kualitas yang makin tinggi. Padahal banyaknya permintaan kayu telah lama menyebabkan masalah pembalakan liar. Belum lagi penebangan kayu saat pohon masih muda akibat tuntutan tinggi permintaan material ini.

promo produk biovarnish sanding sealer

Menyadari kondisi tersebut, sebenarnya banyak industri pengolahan kayu yang mulai melirik bahan alternative, baik itu kayu olahan maupun bambu. Penggunaan bahan yang terakhir disebut itu sayangnya hingga beberapa waktu belakangan ini masih dinilai kurang efisien. Disebabkan karena bentuk hingga karakter substratnya, bambu dirasa belum bisa menggantikan posisi kayu terutama untuk kebutuhan berat seperti untuk konstruksi.

jembatan gluebamUntungnya, berbagai teknologi pengolahan bambu modern telah bisa menjawab permasalahan ini. Bukan hanya kayu yang bisa diolah, kini bambu pun telah banyak diolah dengan berbagai metode. Di antaranya dengan dihasilkannya produk-produk glubam atau glued bamboo. Glued bamboo sebagaimana namanya adalah bahan bambu yang dihasilkan dengan proses laminasi menggunakan bahan perekat. Material ini dinilai lebih fleksibel digunakan dan menurut beberapa penelitian yang dilakukan menunjukkan hasil positif penggunaannya sebagai pengganti kayu. Penggunaan bambu laminasi pun memberikan keuntungan unik dibanding kayu seperti karakternya yang lebih fleksibel. Dengan demikian bahan ini cocok untuk aplikasi material laminasi melengkung seperti untuk atap dan jembatan. Meski demikian, kualitas glubam tentu tak bisa didapat begitu saja. Perlu ada usaha yang salah satunya adalah seleksi ketat adhesive yang digunakan.

Lem untuk Laminasi Bambu Terkuat Wajib Digunakan

lem untuk laminasi bambu terkuatUntuk menghasilkan gluebam berkualitas, tak bisa dipungkiri perlunya penggunaan adhesive dengan kualitas yang baik. Aspek daya rekat atau kekuatannya harus jadi pertimbangan utama. Sebab dari aspek inilah nantinya bahan bambu bisa direkatkan dengan baik sehingga menghasilkan bambu laminasi yang kokoh.

promo produk finishing natural oil dan sanding sealer

Aspek kedua yang perlu diperhatikan adalah resistensi lem terhadap kelembaban hingga air. Kualitas ini sangat diperlukan karena berbagai produk bambu laminasi harus sering terekspos dengan kondisi berkelembaban tinggi.

Mempertimbangkan kedua faktor ini, lem untuk laminasi bambu terkuat yang kami anjurkan ialah Crossbond X4. PVAc adhesive yang telah dimodifikasi menjadi lebih kuat dan lebih tahan air tersebut akan membantu Anda mewujudkan berbagai produk glubam berkualitas. Anda pun dapat mengandalkan aneka bambu olahan tersebut sebagai pengganti kayu yang kian hari kian sulit didapatkan.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *