Aneka Desain dan Model Meja Lipat Dinding untuk Rumah Lebih Menarik

1441
meja lipat dinding

Inovasi di industri furniture bukan hal baru lagi! Beragam produk telah dihasilkan dari industri ini. Salah satu yang terbaru yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup efisien adalah produk meja lipat dinding. Seperti apa produk ini? Apa keuntungan membelinya? Dan apa saja model atau desain yang bisa dipilih?

Pengertian

Dari namanya saja, sebetulnya kita bisa sedikit mendapat gambaran mengenai meja lipat dinding. Meja seperti ini merupakan salah satu bentuk inovasi meja yang mengkombinasikan dua inovasi sekaligus, yakni:

  1. Inovasi pembuatan struktur meja di mana meja bisa dilipat
  2. Inovasi integrasi furniture dengan konstruksi bangunan
  3. Inovasi pertama sebetulnya sudah lama dikenal.

Meja-meja lipat telah hadir untuk berbagai fungsi mulai dari fungsinya digunakan sebagai fasilitas belajar (meja lipat anak) hingga untuk menyetrika (meja setrika). Sedangkan inovasi kedua lahir belakangan sesuai trend desain minimalis dan modern yang sedang di atas.

Integrasi meja dengan konstruksi bangunan dilakukan untuk efisiensi sekaligus efektivitas ruangan. Dengan cara ini, daripada seseorang harus repot-repot membeli produk furniture sendiri, ia sudah bisa mendapatkannya sekaligus. Mudah dan ringkas bukan?

Meja lipat dinding mengkombinasikan dua hal ini. Jadi, meja bukan hanya bisa dilipat saja, tapi juga terintegrasi dengan dinding. Karenanya, meja seperti ini dianggap sebagai produk masa depan yang menawarkan berbagai keuntungan.

meja lipat dinding

Mengapa Memilih Meja Lipat Dinding?

Sebagaimana disebut di atas, jenis meja ini merupakan meja yang menawarkan banyak keuntungan. Keuntungan-keuntungan inilah yang membuat orang mulai banyak melirik dan menjadikannya sebagai pilihan furniture di rumah.

Beberapa keuntungan atau kelebihan meja lipat dinding sendiri antara lain adalah:

  1. Lebih hemat tempat. Karena merupakan foldable table atau meja yang bisa dilipat, meja ini bisa disisihkan ketika tak dipakai. Space atau ruang yang kosong bisa kita gunakan untuk kegiatan lainnya dengan lebih nyaman.
  2. Tak membutuhkan lokasi penyimpanan tersendiri. Karena meja ini terintegrasi pada dinding, biasanya meja sudah bisa dilipat sekaligus “disimpan” pada dinding. Beberapa manufaktur bahkan membuat meja lipat dindingnya tampak seperti hiasan ketika ditekuk di tembok. Hal ini beda dari meja lipat biasa yang harus di tempat tersendiri.

Selain dua keuntungan tersebut, secara umum meja ini juga bisa didapat dengan harga yang makin kompetitif. Meja juga makin mudah dibeli. Di toko mebel langganan, Anda mungkin sudah bisa mendapatkannya. Atau bila belum, Anda bisa memanfaatkan tempat jual meja lipat dinding online yang mudahd iakses.

Tips Membeli

Perhatikan fungsi dan jenis meja. Tiap meja lipat punya fungsi masing-masing yang tak bisa disamakan.
Perhatikan bahan yang dipakai untuk membuat meja tersebut. Biasanya bila bahannya kayu solid, harganya lebih tinggi dibanding yang hanya dibuat dari kayu olahan. Namun bahan kayu olahan menawarkan harga yang lebih rendah dibanding meja lipat dinding kayu solid.

Perhatikan struktur kekokohan produk. Untuk meja yang akan dipakai menanggung beban atau aktivitas dengan beban tertentu (misal untuk menaruh laptop dan menggambar), pastikan produk tersebut kokoh.
Perhatikan desain meja dan kesesuaiannya diterapkan di rumah Anda.

Menghias Meja Lipat dengan Decoupage

Agar makin indah, meja lipat dinding di rumah bisa dihias dengan decoupage. Cara ini merupakan salah satu cara mudah yang dapat dilakukan sebagai proyek akhir pekan. Decoupage akan membuat produk Anda bak dilukis oleh pelukis profesional. Tahapan aplikasi teknik ini juga sangat mudah sebab yang dibutuhkan hanyalah napkin, lem untuk aplikasi decoupage, dan cat bening sebagai pelapis teratas. Baca saja tutorial kami mengenai teknik decoupage di lemkertas.com!

Sebuah Peluang Usaha

Trend pemakaian meja lipat dinding diprediksi akan meningkat seiring berjalannya waktu. Apalagi dengan pembangunan rumah yang memiliki konsep modern dan minimalis. Space atau ruang yang tak luas akan mendorong pembuatan rumah dengan furniture yang terintegrasi. Hal-hal seperti ini juga sudah banyak terjadi di negara maju seperti di Jepang dan Korea.

Bagi pelaku usaha sendiri, trend ini bisa dijadikan peluang usaha. Apalagi saat ini, jumlah produsen meja tersebut belum begitu banyak. Malah banyak produk yang dijual di Indonesia merupakan produk import dari negara lain, misalnya saja produk import dari Eropa dan negara-negara maju lainnya. Tentu akan lebih membanggakan bila Indonesia mampu membuat furniture seperti ini. Apalagi industri furniture di negara kita sudah lama menancapkan kukunya. Hanya saja memang, inovasi perlu terus dilakukan. Produsen mebel tak hanya perlu sekedar mengimport produk “antik” yang harganya mahal tapi juga harus berani bertarung untuk produk yang umum seperti meja ini.

Proses produksinya sendiri semakin lama semakin memudahkan. Material yang dibutuhkan sudah banyak yang tersedia di pasar lokal. Misalnya untuk aplikasi HPL sheet pada meja seperti ini, Anda bisa mengandalkan lem yang kuat dari Eva Phaethon.

Tips Membuat Meja Lipat Dinding

Agar harga produk terjangkau, gunakan kayu yang tak mahal. Atau, Anda juga bisa memakai kayu-kayu olahan. Pastikan saja kayu-kayu tersebut hadir dengan kualitas yang baik. Bila perlu ditreatment terlebih dahulu. Misalnya treatment anti serangga dan anti jamur pada kayu yang kelas keawetannya tak begitu baik.

Bila Anda menggunakan kayu olahan, aplikasikan finishing tempel supaya lebih memudahkan. Finishing tempel dilakukan dengan lembaran atau sheet seperti HPL yang kemudian dilapiskan pada kayu olahan seperti particle board dan MDF. Untuk melapiskannya, gunakan lem khusus Eva Phaethon.

Perhatikan desain meja agar punya konsep atau model yang jelas. Misalnya, meja harus memiliki gaya minimalis, modern, bohemian, vintage, dan lainnya. Kejelasan style design akan membuat produk Anda lebih menarik dan memiliki kesan kuat sehingga akan lebih mudah diingat pembeli.

Selain desain meja saat tak dilipat, perhatikan desain meja ketika dilipat dan dipasang di dinding. Beberapa manufaktur membuat meja lipatnya seperti dekorasi dan cermin saat dilipat ke dinding. Hal ini tentunya akan meningkatkan nilai jual produk Anda.

Sebaiknya, usahakan untuk membuat meja yang Anda produksi mudah diaplikasikan bahkan oleh masyarakat awam sekalipun. Sebab tak semua orang ingin menghabiskan waktu, tenaga, hingga biaya untuk membayar jasa pemasangan meja seperti ini. Berikan juga panduan yang jelas supaya pelanggan Anda mudah memasang meja seperti itu.

Nah, sekiranya, demikian pembahasan kali ini mengenai meja lipat dinding. Singkatnya, produk ini merupakan salah satu produk inovatif yang menawarkan banyak keunggulan. Tapi ingat, untuk membelinya, kita harus hati-hati. Demikian juga untuk membuat meja ini. Perlu kecermatan dan ketelitian tersendiri.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya mengenai aneka produk furniture inovatif serta informasi terbaru terkait dengan pengeleman!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here