Mudah! Cara Mengelem HPL pada Lantai

1559
lantai hpl

Sedang membangun rumah idaman? Jangan monoton dengan pilihan material Anda. Untuk lantai, misalnya, Anda bisa mencoba menerapkan lantai HPL. Tak perlu risau mengenai cara untuk melakukannya. Di artikel ini, lemkertas.com akan memandu Anda mengaplikasikan tutorial cara mengelem HPL pada lantai dengan benar.

Sekilas Mengingat HPL Kembali

HPL atau High Pressure Laminate barangkali bukan istilah asing bagi Anda yang bekerja di bidang pengolahan kayu untuk dijadikan mebel. Tapi tidak demikian dengan masyarakat awam. Tanyakan saja pada orang secara acak mengenai HPL. Kebanyakan tidak mengenal bahan tersebut sama sekali. Padahal, sebetulnya bahan ini memiliki banyak manfaat. Dan bukan tidak mungkin masyarakat awam membutuhkan bahan ini untuk kebutuhan mereka sehari-hari. Contohnya, saat membeli mebel, kita jelas perlu mempertimbangkan antara mebel HPL dengan yang bukan. Tapi untuk bisa mempertimbangkannya, sudah pasti kita perlu tahu dulu mengenai HPL.

Tak susah sebetulnya. HPL adalah salah satu jenis pelapis yang punya warna dan kadang motif. Pelapis ini biasanya dilem pada kayu dan media yang lain. Tujuannya untuk membuat kayu menarik sekaligus melindunginya. HPL sendiri dilihat dari bahannya adalah pelapis sintetis. Sifatnya tidak organik.

Guna HPL Bukan Hanya untuk Furniture

Seperti disebut di atas, salah satu guna High Pressure Laminate adalah untuk membuat mebel atau furniture. Umumnya, mebel dengan desain modern dan mebel-mebel kantor atau office furniture memanfaatkan pelapis ini. Alasannya sederhana. Selain murah, tampilan HPL dianggap cocok untuk untuk berbagai furniture tersebut. Selain itu, HPL juga pelapis yang bisa dipadukan dengan kayu olahan. Kayu olahan sendiri jauh lebih murah dan karenanya, penggunaan HPL mendukung pembuatan mebel dengan harga yang lebih terjangkau.

Namun demikian, guna atau fungsi High Pressure Laminate sebetulnya tak hanya bisa dinikmati di bidang pembuatan mebel saja. HPL juga bisa digunakan untuk elemen bangunan termasuk lantai.

Lantai HPL? Ini Dia Kelebihan dan Kekurangannya

Lantai HPL atau biasa disebut sebagai lantai laminate menjadi salah satu opsi menarik untuk diterapkan saat ini. Jadi, bila Anda sedang membangun rumah atau gedung lainnya, atau malah sedang merenovasi bagian lantai, jangan segan menggunakannya. Tentu saja ada beberapa keunggulan yang ditawarkan. Selain tampilan lantai yang tak kalah menarik, faktor harga menjadi salah satu faktor yang menguntungkan.

Misalnya saja, Anda sudah memiliki lantai dengan subfloor dari plywood dan lainnya. Anda mungkin merasa bosan dan ingin mengganti tampilan lama lantai tersebut. Lantai berbahan HPL bisa menjadi salah satu pilihan yang paling menarik untuk diterapkan. Caranya juga sederhana. Berikut ini penjelasan cara mengelem HPL pada lantai.

Begini Cara Mengelem HPL pada Lantai

Aplikasi atau cara memasang lantai laminate (HPL) sebetulnya berbeda-beda tergantung merk atau produk lantai yang Anda beli. Tapi secara umum ada dua tipe pemasangan tergantung kondisi subfloor atau lantai “sub”nya. Dan hal ini disesuaikan dengan kondisi lantai Anda. Bila lantai Anda adalah lantai semen, dibutuhkan subfloor khusus. Aplikasi lantai HPL dilakukan setelahnya dan bila perlu menggunakan lem yang kami sarankan, Eva Phaethon.

Cara mengelem HPL pada lantai yang kedua adalah ketika lantai dasarnya merupakan lantai kayu. Contohnya plywood. Plywood atau kayu lapis adalah salah satu material yang sering digunakan untuk lantai. Pada kondisi ini, Anda tak butuh subfloor. Anda hanya perlu mengelem langsung potongan lantai laminate yang sudah Anda beli pada plywood tersebut. Sekali lagi, lem yang kami rekomendasikan adalah Eva Phaethon. Dan percaya tak percaya, pemilihan lem yang tepat memang sangat perlu diperhatikan.

Gunakan Lem Eva Phaethon ya!

Pengeleman High Pressure Laminate (HPL) pada akhirnya bisa disebut sebagai sesuatu yang tricky untuk dilakukan. Oleh sebab itu, untuk bisa mengoptimalkan hasil pengeleman lantai, ada baiknya kita memang memastikan lem yang dipakai adalah lem yang bagus. Di atas kami sudah menjelaskan bahwa dari berbagai lem di pasaran, lem yang tepat digunakan untuk kebutuhan ini adalah Eva Phaethon.

Berformulasi dasar ethylene vinyl acetate, Eva Phaethon sebetulnya merupakan lem terbaik bukan hanya untuk High Pressure Laminate tapi juga untuk berbagai laminate sintetis lainnya. Adhesive ini memiliki keunggulan yang tak dimiliki adhesive lain terutama lem kayu. Lem berbasis EVA mampu merekatkan media dengan sifat berlainan. Khusus untuk Eva Phaethon, hal ini juga dibarengi dengan berbagai keunggulannya, antara lain:

  1. Daya rekat adhesive yang kuat yang membuat lantai bisa lebih awet dan tidak mudah rusak
  2. Sifat adhesive yang tidak mudah rusak ikatannya saat terkena panas, kelembaban, hingga paparan air
  3. Kecepatan kering Eva Phaethon yang ideal. Hal ini akan membuat langkah-langkah cara mengelem HPL pada lantai yang Anda lakukan lebih cepat
  4. Lem yang lebih aman dan ramah lingkungan
  5. Lem tidak menyebabkan bau menyengat sebagaimana lem lainnya yang biasanya lebih toksik
  6. Cover area lem luas sehingga penggunaannya lebih hemat
  7. Solid content atau berat kering lem yang tinggi
  8. Harga lem yang terjangkau

Segera Dapatkan Eva Phaethon untuk Lantai HPL yang Lebih Bagus

lem eva phaethon

Sebagai salah satu lem terbaik untuk pengeleman beda karakter, sudah pasti Eva Phaethon begitu dibutuhkan untuk menerapkan HPL pada lantai. Yang tak kalah menarik, lem ini juga kini makin mudah didapatkan, lho.

Ingin membeli adhesive ini? Sekarang, Eva Phaethon makin mudah didapatkan karena tersedia opsi pembelian secara online. Kami sangat menyadari bahwa banyak permintaan yang datang atas adhesive ini berasal dari berbagai kota di Indonesia yang jauh dari lokasi service point kami. Lem ini bisa Anda dapatkan secara online langsung dari website lemkertas.com atau juga bisa Anda dapatkan di berbagai marketplace

Kontak saja Customer Service kami dan silahkan ajukan berbagai pertanyaan yang berkaitan. Atau, bila Anda sudah ingin segera membeli lem ini, Anda bisa langsung mengirimkan format pemesanan dengan keterangan nama pemesan, produk yang diinginkan, jumlah produk yang diinginkan, dan alamat pengiriman. Setelah itu, Customer Service kami akan mengirim invoice kepada Anda dengan keterangan nominal yang harus Anda bayar. Kirim kepada kami bukti pembayaran, dan kami akan segera memproses pesanan Anda

Khusus bagi Anda yang tinggal di Yogyakarta, Jepara, dan Cirebon, pembelian juga bisa dilakukan secara langsung. Anda tinggal mengunjungi Bio Service Point di kota Anda masing-masing.

Kesimpulan

High Pressure Laminate merupakan salah satu pelapis yang memiliki beragam fungsi. Pada bangunan rumah kita, HPL bisa digunakan bukan hanya untuk membuat pintu tapi juga untuk menghasilkan dinding hingga lantai yang lebih baik. Aplikasi HPL atau cara mengelem HPL pada lantai juga secara umum mudah dilakukan dengan Eva Phaethon.

Semoga bermanfaat ya! Update terus berbagai artikel menarik seputar laminate dan lemnya di lemkertas.com.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here