Mengenal Floor Sticker serta Kelebihan dan Kekurangannya

1212
vinyl-flooring

Apa itu floor sticker? Apa kelebihan dan kekurangannya? Berapa harga material ini? Khusus pada artikel kali ini, lemkertas.com akan bersama dengan Anda membahas mengenai pelapis lantai tersebut.

FAQ (Frequently Asked Questions) Floor Sticker (Vinyl Self Adhesive)

Apa itu Definisinya?

Dilihat dari pengertian yang paling mudah, maka Floor Sticker (FS) atau stiker lantai adalah suatu pelapis yang didesain untuk ditempelkan pada lantai. Kasarnya, stiker ini ditempelkan pada lantai untuk membuatnya terlindung sekaligus agar tampak lebih menarik.

Dari definisi tersebut, FS hampir mirip dengan pelapis lantai yang lain yang juga diaplikasikan dengan finishing tempel. Misalnya saja dengan pelapis lantai High Pressure Laminate ataupun veneer. HPL juga merupakan pelapis sintetis sebagaimana stiker lantai. Akan tetapi, terdapat perbedaan signifikan antara HPL dengan stiker lantai. Perbedaan tersebut terletak pada adanya lem pada FS yang tak ditemukan pada High Pressure Laminate. Dan justru karena keberadaan lem inilah yang membuat FS disebut sebagai stiker lantai. Toh, sama seperti stiker mainan yang kita kenal, cara aplikasi FS hanya tinggal ditempelkan saja pada media target tanpa perlu bantuan adhesive. Sedangkan bila kita lihat dari bahan pembuatnya, stiker seperti ini terbuat dari vinyl self adhesive.

Vinyl sendiri merupakan bahan kimia berupa gugus fungsional dengan formulasi −CH=CH2. Vinyl adalah molekul etilen (H2C=CH2) yang kehilangan satu atom hidrogen. Dilihat dari jenisnya, vinyl bisa dibagi menjadi:

1. PVC atau polyvinyl chloride
2. PVA atau polyvinyl acetate
3. PVF atau polyvinyl fluoride

Masing-masih kelompok vinyl tersebut memiliki fungsi berlainan satu dengan yang lain. Karakternya pun berbeda-beda.

lantai laminate

Berapa Harganya?

Harga produk ini sangat beragam dan dipengaruhi banyak faktor, antara lain:

1. Kualitas floor sticker yang dijual
2. Merk atau brand-nya
3. Lokasi di mana Anda melakukan pembelian
4. Berbagai fitur khusus dan tingkatan tiap fitur. Misalnya fitur anti slip dan anti gores

Misal terkait kualitasnya, jelas yang kualitasnya baik harganya lebih mahal dibanding yang kualitasnya lebih rendah. Untuk menentukan kualitas produk sendiri aspek yang berpengaruh beragam mulai dari keawetan produk terkait sampai dengan keindahannya. Beberapa FS dengan warna dan pola yang sangat menarik bisa dihargai lebih mahal dibanding yang pola dan warnanya biasa meski ketahanannya sama saja. Begitu pula merk. Tak jarang, merek lebih berpengaruh dibanding kualitas produk terhadap harga yang dipasang. Jadi saran kami, jangan membeli produk apapun semata-mata hanya berdasarkan merk-nya saja.

Di pasaran sendiri, stiker lem banyak dijual dalam bentuk roll. Sampai saat ini harganya mulai dari ratus ribuan hingga 500 ribuan lebih tergantung berbagai faktor di atas.

Apa Kelebihannya?

Tentu terdapat alasan khusus mengapa orang memilih menerapkan floor sticker dibanding yang lain. Berikut ini adalah beberapa kelebihan atau keunggulan FS.

1. Secara umum, karena sejak awal didesain sebagai pelapis lantai, stiker ini biasanya telah didesain khusus sehingga tahan air. Pelapis ini akan mencegah absorbsi air sehingga akan mampu mempetahankan kekeringan bahannya serta media di bawahnya.
2. Selain memiliki resistensi yang bagus pada air, pelapis ini secara umum juga memiliki ketahanan pada goresan. Jadi lantai yang dilapisi dengan floor sticker pun tak akan dengan mudah terlihat jelek akibat berbagai goresan.
3. Produk ini sangat mudah digunakan, meski aplikasinya tetap harus hati-hati. Pelapis ini pun bisa dipakai untuk renovasi lantai yang rusak dan jelek secara praktis dan tanpa biaya besar.
4. Secara umum, telah didesain dengan karakter anti slip yang akan mencegah terjadinya terpeleset. Meski karakter ini berlainan antara satu merek dengan merek yang lainnya.
5. Bila kita lihat dari tampilannya, floor stiker saat ini telah tersedia dalam aneka pola dan warna yang akan memenuhi selera Anda. Ada yang hadir dengan desain natural, minimalis, modern, hingga mewah.
6. Harga produk ini relatif terjangkau sehingga tidak akan memakan biaya besar untuk pembelian sekaligus pemasangannya. Apalagi proses pemasangan juga sangat mudah dilakukan.
7. Secara umum mudah dibeli dan akan makin mudah diakses dengan makin terbukanya masyarakat akan opsi pelapis lantai yang beragam. Anda pun dapat membeli produk ini di toko biasa hingga online shop.

Apa Kekurangannya?

Selain kekurangan, floor sticker jelas juga memiliki kekurangan. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Tidak tahan terhadap cuaca yang ekstrim. Dan karena itu, FS tak direkomendasikan untuk digunakan di luar ruangan.
2. Meski memiliki lapisan antigores, tapi ketahanannya masih kalah dibanding pelapis yang lain. Sehingga kerusakan lebih rentan terjadi.
3. Adanya lem pada FS memang bisa membuat aplikasinya lebih praktis, tapi di sisi lain juga bisa menyebabkan kesulitan tersendiri. Misalnya, ketika lem ternyata tak cocok dengan media yang akan dilapisi. Kadang, lem juga sudah rusak sehingga tak mampu mengikat produk lagi yang justru akan membuat stiker tersebut tak dapat dipakai.
4. Dari segi ketahanan, secara umum masih kalah dibanding berbagai pelapis lainnya.
5. Aplikasi harus hati-hati karena tipis sehingga mudah robek.

Contoh Floor Sticker

Berikut ini adalah beberapa contoh warna stiker lantai untuk pemakaian yang berbeda. Sebagaimana yang Anda lihat, pola dan warna yang hadir sangat beragam. Jadi aplikasinya pun bisa diterapkan pada aneka jenis ruang yang desainnya berlainan.

stiker lantai vinyl

Bagaimana Cara Memasang Floor Sticker?

Aplikasi stiker floor bisa dilakukan dengan cara yang mudah tapi harus hati-hati. Berikut ini contoh aplikasinya:

1. Persiapan media. Media harus rata. Untuk media atau lantai dasarnya sendiri sangat beragam, mulai dari lantai kayu, lantai semen, dan masih banyak lagi asalkan rata dan bila memungkinkan tidak kasar.
2. Aplikasi stiker lem secara langsung. Tapi alangkah lebih baik bila Anda memeriksa dulu kualitas adhesive yang masih menempel. Bila masih bagus maka, aplikasikan FS seperti biasanya. Bila tidak, sebaiknya jangan diaplikasikan kaerena justru akan membuat Anda sendiri kerepotan.

self adhesive vinylBagaimana Floor Sticker Dibanding Bahan Lantai Lainnya?

Bagaimana stiker lantai bila dibandingkan dengan bahan lainnya? Jawabannya jelas tergantung pada bahan yang akan dibandingkan. Bila dibandingkan dengan kayu, jelas stiker lantai kurang awet, kurang menarik, dan kurang nyaman digunakan. Akan tetapi, kayu solid dihargai berkali-kali lipat dibandingkan stiker lem.

Sedangkan bila dibandingkan dengan pelapis lainnya, stiker ini cukup kompetitif. Keunggulan utamanya jelas pada tidak perlunya aplikasi lem. Meski kadang adanya lem pada pelapis tersebut akan menyulitkan pemasangnya. Coba bayangkan, lebih mudah memasang stiker yang ada lemnya, atau menempelkan pelapis pada lantai yang diberi lem? Tentu yang terakhir akan lebih mudah dilakukan. Selain itu, kekurangan lain pelapis ini terletak pada ketidaktahanannya pada sinar matahari sehingga floor stiker tak bisa dipakai untuk outdoor.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here