Mengenal Jilid Spiral dari Kelebihan sampai Kekurangannya

530
jilid spiral buku

Apa itu jilid spiral? Anda yang awam mungkin baru mengenalnya. Tetapi, bagi Anda yang sedang membuka usaha jasa fotocopy atau sedang menjalankannya dan ingin memberikan jasa tambahan jilid buku, jelas pengetahuan akan aneka penjilidan perlu diketahui. Nah, di artikel ini, lemkertas.com akan memberikan penjelasan lengkap mengenai tipe penjilidan tersebut.

Kertas pastilah merupakan salah satu jenis material yang punya banyak manfaat untuk manusia. Bahan ini digunakan untuk menulis, menggambar, membaca, media lukisan, bahkan untuk pembungkus barang dan makanan. Khusus untuk kegiatan baca tulis dan gambar, kertas punya arti tersendiri bagi peradaban kita. Sejarah bisa diungkap dengan lebih baik tatkala manusia mengenal budaya tulis menulis. Dan salah satu media yang bisa digunakan adalah kertas. Beda dengan batu atau penulisan kisah di gua, pemanfaatan kertas juga memungkinkan bacaan tersebut berpindah tangan dan akhirnya disebarluaskan. Manusia pun mendapatkan informasi dengan lebih mudah berkat media ini.

Kini, di era yang penuh gadget sekalipun, kertas masih banyak digunakan. Ia digunakan dari kita TK sampai jenjang tertinggi pendidikan sekalipun. Namun tentu saja, kertas-kertas yang digunakan di zaman ini sudah berbeda daripada kertas yang digunakan di masa lalu. Saat ini, kualitas kertas sudah begitu baik. Selain itu, lembaran kertas juga sudah terangkum dalam satu jilidan.

CS LemKertas

Jilid Kertas yang Telah Berkembang

Bicara mengenai penjilidan kertas, kita sering menganggapnya sebagai sesuatu yang sepele. Padahal sebetulnya jauh dari itu. Jilid kertas adalah salah satu inovasi paling penting dalam kehidupan kita. Inovasi ini memungkinkan manusia untuk membawa kertas dalam jumlah banyak dan terstruktur. Kita pun mengenal produk seperti buku dan majalah karean inovasi ini.

Tak hanya itu, sekarang, proses jilid buku juga menjadi lahan bisnis tersendiri. Lihat saja berbagai jasa fotocopy di area sekitar kampus dan sekolah. Ramai-ramai, usaha tersebut juga menawarkan proses penjilidan kepada pelajar dan mahasiswa. Ada juga jasa jilid yang khusus membuka untuk tipe jilid spiral. Tipe ini agak berbeda dari jilid buku softcover dan hardcover yang biasa ditawarkan untuk kebutuhan akademik. Nah, di artikel ini, lemkertas.com akan membahas mengenai tipe jilid kertas tersebut.

Pengertian

Secara umum, bisa diartikan bahwa definisi jilid spiral adalah penjilidan yang dilakukan dengan kawat yang didesain khusus dengan bentuk menyerupai spiral. Tipe penjilidan ini karenanya berbeda dengan tipe penjilidan lain yang biasanya memanfaatkan lem hingga jahitan. Pada tipe ini, kertas-kertas yang akan dijilid dilubangi. Selanjutnya, dari lubang itulah kemudian kawat spiral dipasangkan sehingga pada akhirnya kertas-kertas tersebut sudah menyatu menjadi buku dengan pengaturan tersendiri.

Fungsi atau Kapan Jilid Spiral Digunakan

jilid spiral

Kapan jilid ini diaplikasikan? Sebagaimana tipe penjilidan buku dan kertas yang lain, jilid ini juga digunakan untuk kebutuhan yang spesifik. Berikut ini guna sekaligus kebutuhan yang bisa diatasi dengan tipe penjilidan ini.

  1. Pembuatan buku-buku catatan harian atau jurnal
  2. Pembuatan notebook untuk hadiah souvenir dan sejenisnya
  3. Pembuatan kalender
  4. Pembuatan undangan

Kelebihan dan Kekurangan Dibanding Tipe Penjilidan yang lain

Kelebihan

  1. Secara estetika sangat menarik. Adanya spiral pada salah satu sisi buku memang akan membuat buku terlihat lebih bagus
  2. Tidak begitu sulit dilakukan
  3. Cocok untuk buku-buku dengan jumlah halaman sedikit yang akan dipakai untuk suvenir ataupun catatan pribadi
  4. Kertas buku lebih mudah disobek tanpa merusak bagian kertas lainnya

Kekurangan

  1. Tidak memungkinkan dilakukan pada buku dengan jumlah halaman yang banyak. Buku akan menjadi tidak stabil dan cepat rusak bila dipaksakan dijilid dengan sistem ini.
  2. Membutuhkan mesin jilid spiral tersendiri dalam aplikasinya
  3. Membutuhkan spiral yang jelas harus dibeli dengan biaya tersendiri
  4. Biasanya tidak diterima untuk kebutuhan penjilidan yang sifatnya formal. Misalnya untuk penjilidan proposal, skripsi, tesis, dan sejenisnya
  5. Bagian kertas yang mudah rusak di area lubang, khususnya bila kertas tersebut tak begitu kuat.

Sekilas Cara Aplikasi Jilid Spiral

Jilid spiral tak begitu sulit dilakukan asalkan Anda memiliki perlengkapan yang memadai dan bisa menggunakan perlengkapan tersebut. Berikut ini langkah-langkah dasar untk mengaplikasikan tipe jilid kertas tersebut.

  1. Pertama siapkan dulu kertas yang akan dijilid, atur menurut nomor halaman atau berdasarkan pengaturan lainnya yang Anda kehendaki.
  2. Setelah itu, lubangi buku dengan mesin jilid spiral.
  3. Siapkan spiral yang akan dipakai untuk menjilid buku. Potong spiral tersebut sesuai dengan panjang buku di bagian yang hendak dijilid. Potong dengan gunting kawat supaya hasilnya rapi dan mudah dilakukan.
  4. Pasang spiral pada lubang yang sudah dihasilkan mesin spiral. Langkah ini dilakukan secara manual atau tanpa mesin.
  5. Selesai

Umumnya, cara aplikasi tipe penjilidan ini memang tidak sulit, tapi tetap harus dilakukan dengan cermat supaya hasilnya rapi dan bagus.
Permasalahan yang Sering Terjadi
Beberapa permasalahan yang kerap terjadi pada aplikasi jilid spiral antara lain:

  1. Lubang yang tidak sesuai dengan spiral yang akan digunakan
  2. Lubang pada kertas yang tidak sempurna karena kerusakan mesin jilid atau ketidak tepatan menggunakan mesin tersebut
  3. Kesulitan diterapkan pada buku dengan jumlah kertas yang banyak (karenanya, memang tidak direkomendasikan untuk diterapkan pada buku atau jilidan yang tebal.

Kesimpulan

Pada akhirnya, bisa kita simpulkan bahwa penjilid spiral adalah adalah salah satu tipe penjilidan yang dilakukan dengan alat spiral dan mesin tersendiri. Sebagaimana tipe penjilidan yang lain, tipe ini juga punya kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Misalnya, dari segi estetika, jilid ini memang menarik, namun ia tak bisa diaplikasikan untuk buku yang tebal. Yang terpenting bagi kita adalah menerapkannya untuk kebutuhan yang tepat atau memang membutuhkan tipe penjilidan seperti ini.

Demikian artikel mengenai jilidan spiral ini. Semoga bermanfaat ya. Kami akan terus update dengan berbagai penjelasan mengenai penjilidan kertas. Untuk kebutuhan ini, secara khusus kami juga menyediakan lem Ultra Phaethon. Adhesive tersebut bisa dipakai untuk jenis penjilidan yang membutuhkan lem baik itu jilid softcover ataupun jilid hardcover. Bila Anda membutuhkan lem yang bagus dan murah untuk penjilidan, jangan ragu untuk mengontak Customer Service kami sekarang juga.

Untuk Jilid yang Menggunakan Lem, Gunakan Selalu Ultra Phaethon

Di atas telah dibahas mengenai penjilidan spiral. Yang perlu dipahami, tipe penjilidan ini hanya satu dari sekian banyak tipe penjilidan yang dikenal masyarakat. Untuk hasil jilidan yang lebih rapi dan kuat sendiri, umumnya diterapkan jilid menggunakan lem, bahkan perpaduan lem dan jahitan. Khusus untuk kebutuhan ini, Anda selalu bisa mengandalkan lem kertas yang kami sediakan, Ultra Phaethon. Gunakan selalu adhesive Ultra Phaethon baik untuk penjilidan softcover ataupun untuk penjilidan hardcover.

CS LemKertas
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here