Tips Pintar Memilih Lem Kertas untuk Jilid Buku Agar tidak Merugikan Pembaca

917

Ada banyak jenis lem kertas untuk jilid buku yang direkomendasikan. Tetapi, hanya satu yang tetap terbaik yaitu yang sudah ramah lingkungan.

lem kertas untuk jilid bukuMenjilid adalah proses terakhir dalam membuat sebuah buku. Tujuan dari  pembuatan buku ialah untuk memberikan sebuah informasi ataupun ilmu kepada pembaca. Namun, tujuan ini dapat rusak jika proses penjilidannya tidak sempurna. Hal ini dapat disebabkan oleh pemilihan lem buku atau kertas untuk jilid buku yang berbahaya.

Jenis lem yang berbahaya umunnya mengandung formalin, merkuri, timbal, dll. Bahan kimia tersebut mengandung racun dan volatile organic compound. Senyawa ini dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan dan pemanasan global. Begitu juga dengan racun yang timbulkan. Keduanya berbahaya bagi kesehatan manusia termasuk pembaca buku tersebut.

Rekomedasi Lem Putih untuk Proses Penjilidan

Lem kertas untuk jilid buku yang direkomendasikan ialah jenis lem putih. Sebagai contoh ialah lem Eva Phaethon. Bahan perekat ini diformulasikan sebagai pengganti lem kuning. Sehingga, bahan yang digunakan ialah ethylene vinyl acetate. Kelebihan dari bahan perekat ini lebih kuat dari jenis lem cair atau lem biasa lainnya. Daya rekatnya yang luas membuat penggunaan lem lebih hemat.

lem eva phaeton
eva Phaethon

Eva Phaethon juga dikenal sebagai lem ramah lingkungan dan serba guna. Produk ini mengandung VOC content yang sangat rendah dan bebas racun. Selain itu, bahan perekat ini dapat merekat kuat pada kertas, plastic, mika, kayu, sol sepatu, dll. Lem Eva Phaethon kualitas nya lebih baik dari jenis lem tembak maupun karet. Jenis lem tersebut sangat kaku dan tidak cocok untuk penjilidan. Bahan perekat ini membuat buku tidak nyaman untuk dibuka berkali-kali.

Berapa Harga Lem Kertas untuk Jilid Buku dari Eva Phaethon?

Eva Phaethon dapat dibeli di Bio Industries yang berada di jl. Sidikan no 94 Sorosutan Yogyakarta. Produk ini juga dapat diperoleh di Bio Industries cabang Jepara dan Cirebon. Harga untuk bahan perekat ini adalah Rp. 148.000,-/gallon (4kg). Proses pembelian juga dapat dilakukan secara online dengan menghubungi WA: 082 167 600 692, Pin BBM: D12B7E21.

Memilih lem kertas untuk jilid buku yang ramah lingkungan adalah tips pintar yang wajib untuk dilakukan. Langkah ini menguntungkan semua pihak baik penerbit maupun pembaca. Selain itu, produk yang tetap akan menghasilkan buku yang berkualitas dan nyaman untuk dibaca.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here