Karton Kuning: Yuk, Kita Kenali Definisi dan Fungsinya!

397
paperboard

Salah satu bahan kertas yang banyak dibutuhkan adalah kertas karton kuning. Apa bedanya karton ini dengan karton yang lain? Lalu, apa saja fungsi dari jenis karton ini? Temukan jawaban atas berbagai pertanyaan di atas di artikel berikut ini.

Manusia telah menggunakan kertas sejak berabad yang lalu. Kini di era postmodern ini pun, material tersebut masih terus digunakan. Bukannya makin sedikit, kertas malah dipakai untuk lebih dari sekedar media tulis dan baca. Sekarang, kita menggunakan kertas untuk membuat kerajinan, membuat kertas undangan, pembungkus makanan, pembungkus alat elektronik, dan berbagai hal lainnya. Di era di mana kantong plastik mulai ditinggalkan, pembungkus kertas juga makin mendapatkan tempatnya. Di sekolah-sekolah, berbagai jenis prakarya juga kerap menggunakan kertas mulai dari pembuatan anyaman sampai pembuatan peta dari bubur kertas.

Beragam manfaat kertas tersebut pun tak hadir begitu saja dalam satu jenis kertas. Untuk memenuhi keperluan yang berlainan, aneka kertas telah dibuat dengan karakter yang berbeda. Ada kertas khusus untuk menulis seperti lembaran pada buku yang biasa kita gunakan, kertas mas untuk kerajinan, sampai kertas-kertas minyak berwarna coklat untuk membungkus makanan.

Sekilas Kertas Karton

Salah satu jenis kertas yang didesain spesifik dengan rigiditas lebih tinggi adalah kertas karton. Jenis kertas ini dibuat dengan bahan dasar yang sama dengan kertas biasa, yakni dari pulp yang asalnya adalah bahan kaya selulosa. Akan tetapi, pemrosesannya membuatnya berbeda dengan kertas lain seperti kertas tulis. Kertas ini lebih kuat, lebih kasar, lebih keras, dan juga lebih rigid atau kaku.

Karton sendiri memang memiliki sejarah yang berbeda dibanding kertas tulis. Sejak awal, kertas ini didesain untuk kebutuhan yang lain. Hal tersebut bisa dilihat pada sejarah pembuatan kertas karton pada abad ke 18. Pada masa itu, Inggris membutuhkan pembungkus yang lebih hemat mengingat negaranya tengah melakukan peperangan dengan biaya besar. Sehingga, dibuatlah pembungkus produk perkapalan yang menggunakan kertas namun memiliki sifat yang jauh lebih keras dan juga lebih rigid.

Sampai saat ini, karton pun masih sering dipakai untuk membungkus aneka produk. Malah, fungsi lainnya pun makin banyak ditemukan.

Karton Kuning: Jenis Karton Non Daur Ulang

Ketika kita bicara mengenai kertas karton, tentu kita tak bisa abai pada fakta bahwa kertas ini pun terdiri atas beberapa varian. Dan, di artikel ini, jenis karton yang kami angkat adalah karton kuning. Jenis ini berbeda dari dua varian karton lainnya dari segi bahan pembuatnya. Dua jenis kertas karton yang lain tersebut adalah karton coklat dan abu-abu. Keduanya dibuat dari proses daur ulang. Dan karenanya, menawarkan karakter yang berbeda dibanding yellow board atau kertas karton yang kuning. Dibanding karton abu-abu dan coklat sendiri, yellow board menawarkan beberapa keunggulan, namun yang utama terletak pada kualitasnya yang lebih baik. Sedangkan kekurangannya terletak pada segi harga yang secara umum lebih mahal dibanding varian karton lainnya.

Fungsi atau Manfaat Kertas Karton Kuning

Yellow board mudah ditemukan di toko alat tulis dan toko kerajinan. Ketersediaannya mengindikasikan bahwa varian paperboard ini memiliki fungsi yang senantiasa dimanfaatkan masyarakat. Berikut ini berbagai contoh kebutuhan yang bisa dipenuhi dari penggunaan kertas kantong tersebut.

  1. Bungkus berbagai produk, mulai dari produk makanan, item fashion, sampai produk elektronik
  2. Pembuatan tas
  3. Komponen dalam pembuatan beberapa jenis kerajinan, misalnya kerajinan figura dan patung kertas
  4. Cover atau sampul buku dan jilid kertas
  5. Pembuatan kertas undangan sampai kalender
  6. Pembatas buku
  7. Penggaris karton
  8. dan, masih banyak lagi yang tak bisa disebutkan satu per satu

Di toko sendiri, umumnya kertas ini bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp. 40.000,00 hingga Rp. 70.000,-. Sedangkan ukurannya umumnya berada di kisaran 79 cm dan 109 cm.

Contoh Penggunaan Karton Kuning: Kerajinan

Seperti disebutkan di atas, salah satu poin guna atau manfaat kertas karton ini bisa ditemukan di bidang kerajinan. Kertas karton sering dipakai untuk membuat aneka jenis craft biarpun hanya sebagai komponen pendukungnya. Misalnya dalam pembuatan figura atau frame. Tidak mungkin kita bisa menggunakan kertas biasa untuk kebutuhan tersebut. Kertas harus memiliki sifat yang lebih rigid untuk dipakai dalam pembuatan figura. Oleh sebab itulah digunakan kertas karton kuning. Anda pun bisa melihat sendiri, bahwa acapkali ketika bagian-bagian frame diperhatikan, akan nampak material karton ini.

Butuh Lem yang Tepat

Pemanfaatan kertas karton kuning tak jarang membutuhkan lem yang tepat. Misalnya saja untuk pembuatan figura (seperti diterangkan di atas), jilid buku, pembuatan tas kertas, sampai pembuatan bungkus makanan hingga elektronik. Lem yang dipakai jelas harus spesifik. Sebab, Anda tak akan bisa mengelem kertas ini dengan baik bila menggunakan adhesive-adhesive yang umum dipakai untuk mengelem kertas tulis. Lem-lem seperti itu tak memiliki daya rekat yang cocok untuk merekatkan kertas karton seperti ini. Pun demikian dengan lem kanji. Lem berbasis kanji selain kurang kuat juga cenderung mengotori kertas tersebut. Sehingga produk yang dihasilkan dari karton ini pun menjadi kurang menarik secara estetika.

Lem yang paling tepat digunakan untuk karton kuning adalah Eva Phaethon. Adhesive Eva Phaethon adalah adhesive berbasis ethylene vinyl acetate atau biasa disingkat EVA. Salah satu fungsi lem Eva Phaethon adalah formulasinya yang memang didesain secara sengaja untuk perekatan karton kuning.

Beli Eva Phaethon Sekarang juga!

Ayo, sekarang juga dapatkan lem Eva Phaethon. Berbagai keunggulan Eva Phaethon yang disebutkan di atas telah membuat lem ini cocok untuk perekatan aneka produk kertas karton kuning. Untuk memesan Eva Phaethon sendiri, saat ini begitu mudah dilakukan. Pemesanan bisa dilakukan dengan:

  1. Pertama, kirimkan dulu data pemesanan. Data harus mencakup nama Anda sebagai pemesan, alamat pengiriman, jumlah Eva Phaethon yang dipesan, dan kurir pengiriman yang Anda kehendaki (yang terakhir ini juga bisa disarankan Customer Service kami).
  2. Customer Service kami akan memberikan keterangan nominal yang harus dibayarkan. Pembayaran meliputi harga Eva Phaethon yang dibeli dan biaya pengirimannya.
  3. Bila Anda ingin segera membayarnya tersebut, Customer Service kami juga akan memberikan keterangan nomor rekening tujuan pembayaran.
  4. Lakukan pembayaran lalu kirimkan buktinya pada kami.
  5. Tunggulah Customer Service kami memroses pesanan Anda dan mengirimkan nomor resi pengiriman.

Setelah itu, Anda tinggal menunggu Eva Phaethon sampai di alamat yang Anda inginkan. Tentu saja, kami juga akan turut membantu Anda memantau proses pengiriman adhesive ini. Semoga bermanfaat ya! Update terus berbagai informasi menarik lainnya seperti mengenai pengertian hingga fungsi kertas karton kuning ini di lemkertas.com.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here