Ayo, Kenali Dulu Apa itu Lem Epoxy!

926
resin-epoxy

Agar bisa mendapatkan lem terbaik untuk kebutuhan kita, tentu kita harus memilihnya dengan benar. Dan salah satu cara agar kita bisa benar membeli lem ialah mengenali berbagai jenis adhesive tersebut. Oleh sebab itulah, pada kesempatan ini, kami ingin mengajak Anda mengenali apa itu lem epoxy. Adhesive jenis ini bagaimanapun juga banyak dijual di pasaran.

resin-epoxy

Definisi

Secara umum, istilah lem epoxy mengacu pada lem dari bahan epoxy. Epoxy sendiri merupakan polimer yang terbentuk atas reaksi dua komponen, yakni resin dan katalisnya (hardener). Pada reaksi antara keduanya tersebut, akan terbentuk ikatan molekuler antara epoxide dan grup amin dari hardener. Dari sifat ikatan ini, kualitas perekatan lem tersebut akan terbentuk.

Varian Lem Epoxy

Epoxy glue terdiri atas dua sistem varian. Sistem pertama ialah epoxy 1 komponen sedangkan sistem kedua adalah epoksi dua komponen. Keduanya dibedakan atas beberapa hal mulai dari sifat bahannya hingga kelebihan maupun kekurangannya.

Epoksi 1 komponen merupakan varian epoksi precatalyzed. Varian ini secara umum tak membutuhkan banyak panas selama waktu curing. Kecepatan curing-nyapun jauh lebih tinggi dibanding epoxy dua komponen.

Di sisi lain, epoxy dua komponen merupakan epoksi yang proses katalisasinya bisa ditingkatkan dengan menambahkan panas. Penambahan ini pun bisa memberikan efek lain berupa munculnya ikatan cross link baru yang akan menyebabkan kualitas perekatan lebih baik. Secara umum, epoksi 2K lebih baik dibanding epoksi 1K. Tipe ini banyak digunakan untuk kebutuhan yang disertai beban berat.

ikatan cross link

Fungsi Lem Epoxy

Lem epoxy merupakan lem yang bisa digunakan untuk beberapa hal. Salah satunya ialah untuk perekatan berbagai serat karbon. Selain itu lem ini juga banyak digunakan untuk penyambungan fiberglass. Pada industri wood working tak jarang epoksi digunakan sebagai pengisi celah kayu. Meski demikian, fungsi ini kadangkala tak begitu memuaskan.

Tingkat Kekuatan

Selama ini, ketika orang bertanya mengenai “apa itu lem epoxy?” orang sering membayangkan lem dengan kekuatan yang baik. Benarkah hal tersebut? Sayangnya jawabannya tidak. Epoksi bukanlah lem terkuat. Dari berbagai adhesive lainnya, lem ini menempati urutan kedua. Average joint strength adhesive ini masih kalah dengan lem PVAc waterproof modified.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here