Baguskah Lem Kayu Epoxy? Adakah yang Lebih Bagus dari Lem ini?

797

Mudah saja sebenarnya mendefinisikan apa itu lem kayu epoxy. Secara umum, bisa kita katakan bahwa lem epoxy adalah lem yang merupakan hasil dari reaksi antara hardener dengan resin. Reaksi ini akan mampu menghasilkan zat yang padat dan kuat sekaligus juga bisa mengisi celah produk kayu. Dengan demikian, lem epoxy bersifat sangat spesifik. Anda tak bisa menggunakan lem ini untuk perekatan seperti:

1. Laminasi, misalnya laminasi atau pemasangan lantai kayu, lantai bambu, dan panel dinding kayu.

2. Perekatan aneka sambungan kayu yang biasanya tak memanfaatkan celah untuk konstruksi furniture hingga bangunan.

“Mengisi” celah memang menjadi salah satu karakter lem epoxy. Tak heran bila lem ini juga banyak digunakan sebagai pengisi celah kayu yang berlubang atau retak.

Apakah Lem Kayu Epoxy adalah Lem yang Bagus?

Apakah epoxy adalah lem yang bagus? Jawabannya sangat tergantung pada aspek apa yang dinilai. Misalnya, sebagai pengisi celah lem ini memang lem yang bagus. Namun tidak ketika bahan perekat tersebut dipakai untuk instalasi lantai kayu.

Dari aspek kekuatannya, selama ini epoxy banyak diunggulkan karena memiliki daya rekat yang baik. Benarkah hal tersebut? Nyatanya tidak. Setidaknya hasil uji berbagai lem kayu di pasaran yang dilakukan majalah woodworking internasional menemukan bahwa daya rekat epoxy adhesive masih kalah kuat dibanding PVAc waterproof. Tiga besar lem dengan kekuatan terbaik menurut uji tersebut ialah:

1. Lem PVAc waterproof

2. Lem epoxy

3. Lem PVAc biasa

Dibanding epoxy, PVAc memang masih tak terkalahkan menjadi lem primadona di pasaran. Misalnya saja Crossbond X3 dan Crossbond X4 yang mampu memenuhi berbagai kebutuhan industri yang memanfaatkan kayu maupun bambu.

Berapa Harga Lem Epoxy?

Harga epoxy glue sangat tergantung pada merek serta varian yang ditawarkan. Berikut ini beberapa daftar harga lem kayu epoxy yang banyak dijual.Demikian sajian informasi mengenai lem kayu epoxy ini.

Brand Lem Epoxy Harga
Lem Besi Epoxy Dextone Rp. 118.000,-
Lem Epoxy dalam Air Dempul Rp. 250.000,-
Lem Avian Epoxy 2 K Rp. 102.000,-
Lem Epoxy JB Weld Rp. 120.000,-
Lem Epoxy Presto Rp. 185.000,-
Lem Epoxy Spertone Rp. 130.000,-

Semoga bermanfaat ya.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here