Guna Lem Kayu Konstruksi untuk Sambungan Dowel

1538

Dowel merupakan batang kecil silinder yang biasa digunakan untuk menyambungkan kayu. Selain harus dilakukan dengan tepat, tipe sambungan ini memerlukan dukungan dari kualitas lem kayu konstruksi yang digunakan.

Sekilas tentang Dowel

Dowel merupakan batang silider kecil. Batang ini nantinya bisa digunakan dalam sambungan kayu yang kemudian disebut dengan “dowel joint” atau sambungan dowel. Ada beberapa kelebihan sambungan ini dibanding yang lain. Yang pertama, adalah sifatnya yang kuat sehingga akan membantu meningkatkan kekuatan produk kayu. Yang kedua, dowel termasuk sambungan “tersembunyi”, tidak seperti box atau finger joint. Untuk kebutuhan perekatan yang mensyaratkan permukaan kayu mulus tanpa terlihat adanya sambungan yang kontras, penggunaan dowel sangat kami sarankan.

Mengapa Membutuhkan Lem Kayu Konstruksi?

dowel sambunganKetika mengaplikasikan dowel, salah satu bahan yang pasti akan sangat Anda butuhkan adalah lemnya. Lem untuk sambungan ini pun harus dipilih dengan spesifik berupa lem kayu konstruksi. Tipe lem tersebut, sebagaimana tampak dalam namanya, ditujukan untuk perekatan rangka furniture hingga bangunan pada berbagai sambungannya.

Penggunaan lem akan membantu kestabilan hingga kekuatan sambungan ini. Pasalnya tanpa lem, meski dowel sudah masuk dengan tepat pada lubangnya, namun kedua kayu sama sekali belum menyatu. Kondisi ini, meski awalnya seolah tak bermasalah, namun bisa menyababkan kerusakan di kemudian hari. Gesekan antara lubang dengan dowel misalnya, bisa berakibat pada ukuran lubang yang tidak lagi presisi. Sehingga akan terjadi kelonggaran yang selanjutnya merusak sambungan itu sendiri.

Crossbond X3

lem kayu konstruksiMemilih lem untuk sambungan dowel di pasaran bukanlah perkara yang sangat mudah dilakukan. Namun secara umum, Anda bisa menggunakan poin-poin seperti daya rekat dan daya tahan ketika akan membeli adhesive yang tepat.

Dari kami sendiri, Crossbond X3 menjadi lem yang kami anjurkan kepada pembaca. Sebab di luar fitur menarik pada aspek teknikalnya (daya rekat, ketahanan, hingga daya sebar), Crossbond juga memiliki aspek menarik pada aspek non teknis. Lem ini aman digunakan, tidak menyebabkan bau menyengat, dan tidak akan menyebabkan glue line. Lem kayu konstruksi ini juga sangat terjangkau untuk dibeli. Satu kemasan Crossbond X3 bisa Anda beli mulai dari harga Rp. 45.000,- saja.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here