Lem Kayu Konstruksi Crossbond untuk Mortise dan Tenon yang Kuat

494
mortise dan tenon dasar

Sambungan motise dan tenon akan semakin kuat bila didukung lem kayu konstruksi Crossbond. Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini. 

mortise dan tenon dasar

Sambungan Mortise dan Tenon

Sambungan mortise dan tenon merupakan salah satu sambungan terkuat yang terkenal dalam industri woodworking. Sambungan ini dianggap menarik karena tidak begitu mencolok pada desain produk yang diterapkan. Meskipun relatif sulit sebagaimana dovetail, namun berbagai poin unggul di atas akan bisa dinikmati bila cara aplikasi sambungan ini dilakukan dengan tepat.

Secara struktur, mortise dan tenon terdiri atas bagian yang disebut “lidah” atau tongue yang nantinya akan dimasukkan ke sebuah slot. Biasanya, sambungan ini diterapkan untuk bagian mebel seperti kaki meja. Ketika diterapkan untuk struktur seperti ini, kekencangan sambungan harus diusahakan untuk memaksimallan kekuatannya.
Dari segi variannya, ada beberapa versi mortise dan tenon yang kesemuanya bisa dipilih berdasarkan kebutuhan masing-masing. Misalnya, ada mortise dan tenon double. Tipe seperti ini didesain dengan dua tenon yang bersebelahan sehingga bisa menciptakan sambungan lebih kuat. Tenon ganda dibuat dari dua tenon yang terpisah. Hal ini berbeda dengan tenon kembar (twin tenon) yang merupakan dua tenon yang disambungkan di tengah-tengah.

Tingkatkan Kualitasnya dengan Lem Kayu Konstruksi Crossbond

lem kayu konstruksi crossbond mortise dan tenon dasar

Untuk memaksimalkan sambungan mortise dan tenon, kita bisa melakukan beberapa upaya. Misalnya memastikan ukuran antara tenon dengan lubangnya sudah benar-benar tepat. Selain itu, yang tak kalah penting adalah menggunakan lem untuk mendukung kekuatan sambungan ini.

Fungsi adhesive sebagai pemersatu tenon dengan lubangnya akan meningkatkan kekuatan serta kestabilan sambungan tersebut. Di pasaran sendiri, lem yang kami sarankan ialah Crossbond X3. Crossbond X3 sebagai lem kayu konstruksi diformulasikan dengan inner cross linker yang membuat daya rekatnya sangat bagus.

Lem ini bisa meresap dengan baik di dalam kayu lalu berikatan dengan substrat material tersebut. Selanjutnya, monomer dari polimer PVAc Crossbond juga akan berikatan satu sama lain membentuk ikatan ganda. Hal inilah yang menyebabkan daya rekat Crossbond X3 sangat tinggi dan bisa digunakan sebagai lem kayu konstruksi sambungan mortise dan tenon.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here