Ini Cara Menyambung Papan Kayu dengan Finger Joint!

2684
cara menyambung papan kayu

Menyambung papan kayu dengan finger joint? Kata siapa sulit? Di artikel ini, kami akan mengajak Anda untuk menyambungkan papan kayu lebar menggunakan sambungan unik, finger joint.

Finger Joint

cara menyambung papan kayuSeperti telah sering dibahas pada artikel sebelumnya, salah satu sambungan kayu yang paling sering diterapkan ialah finger atau box joint. Sambungan ini didesain dengan struktur membentuk jari manusia yang kemudian bisa disambungkan dengan cara ditangkupkan satu sama lain.Aplikasi finger joint sendiri biasanya dilakukan untuk dua hal. Yang pertama ialah untuk membuat papan lebar. Sedangkan yang kedua bisa digunakan untuk membuat box atau kotak. Pembuatan kotak dengan finger joint telah kami bahas sebelumnya, jadi pada kesempatan ini kami akan membagikan cara membuat papan dengan sambungan ini.

Baca Juga : Lem Kuat dan Tahan Lama dari Distributor Lem Kayu untuk Finger Joint Crossbond!

Alat dan Bahan

1. Table saw

2. Amplas

3. Lap

4. Pemotong kayu

5. Lem kayu Crossbond

6. Clamp press

7. Kuas

crossbond lem menyambung papan kayu

Cara Menyambung Papan Kayu dengan Finger Joint

Penyediaan Alat dan Bahan

Sediakan dan kumpulkan semua alat serta bahan di tempat Anda akan menyambungkan kayu.

Baca Juga : Lem Kayu untuk Finger Joint Terbaik Ini Jadikan Mebel Lebih Menarik

Pemotongan Papan Kayu

Siapkan papan kayu sesuai ukuran yang Anda inginkan. Pastikan kondisinya bersih, kering, dan tak mengandung minyak. Selanjutnya, buat jari-jari menggunakan table saw. Pastikan ukurannya saling silang satu sama lain sehingga nantinya bisa ditangkupkan.

Aplikasi Lem Kayu Crossbond

Aplikasikan lem yang sudah disediakan. Oleskan Crossbond dengan merata pada bagian yang akan disambungkan menggunakan kuas. Pastikan jumlahnya sesuai.

Clamping

Setelah lem dioleskan, rekatkan atau tangkupkan papan kayu satu sama lain. Bila Anda tepat dalam membuat “finger”-nya, maka papan akan bisa tersambung dengan baik. Setelah, itu, stabilkanlah posisinya menggunakan clamp press. Pastikan Anda meng-clampingnya dengan sesuai. Jangan sampai memasang clamp terlalu longgar.

cara menyambung papan kayu

Demikian cara menyambung papan kayu dengan finger joint. Anda bisa membuat sambungan ini menarik dengan cara mengaplikasikan kayu yang berbeda warna. Namun bila Anda justru ingin sambungan tak terlihat, aplikasikanlah kayu dengan warna identik. Dengan demikian, papan kayu akan terlihat lebih mulus seperti tanpa sambungan.Semoga bermanfaat ya!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here