Gunakan Lem Kayu untuk Finger Joint Papan Laminasi Ini!

927
Lem Kayu untuk Finger Joint Laminated Board

Salah satu guna sambungan jari atau finger joint ialah untuk membuat papan laminasi. Pembuatannya memerlukan teknik-teknik khusus dan aplikasi adhesive yang bagus. Adhesive atau lem kayu untuk finger joint papan laminasi harus memenuhi syarat-syarat seperti tidak menyebabkan glue line dan tentu saja daya rekat yang baik.

Apa itu Finger Joint Papan Laminasi (Finger Joint Laminated Board)?

Lem Kayu untuk Finger Joint Laminated Board

Bentuk-bentuk papan kayu melebar dan panjang mustahil bisa diperoleh langsung dari kayu yang baru saja ditebang, kecuali bila kayu-kayu tersebut sudah sangat besar dan tua. Namun hari ini, mencari kayu dengan kualitas seperti itu jelas sulit dilakukan.

Kebutuhan industri pengolahan kayu semakin tinggi. Permintaan tersebut jelas memaksa kayu-kayu yang bahkan belum begitu besar untuk “dipanen”.Untungnya, teknologi woodworking telah bisa memecahkan masalah ini. Selain dengan alat-alat yang kian canggih, juga bisa diaplikasikan aneka sambungan untuk membentuk papan dari kayu yang pendek dan kecil-kecil. Salah satunya ialah sambungan finger joint.

Finger joint bisa digunakan untuk membuat potongan kayu yang pendek menjadi lebih panjang. Produk yang dihasilkan dengan cara ini nantinya disebut sebagai finger joint laminate board atau bila dibahasa Indonesiakan menjadi papan laminasi finger joint.

Aplikasi Lem Kayu untuk Finger Joint Papan Laminasi Harus Bagus

sambungan finger jointSelain aplikasi sambungan jari, pembuatan papan laminasi finger joint memerlukan dukungan adhesive dengan kualitas yang baik. Ada dua hal yang sangat perlu diperhatikan. Yang pertama adalah daya rekat lem serta ketahanannya. Sedangkan yang kedua ialah efek glue line yang bisa menyebabkan papan tampak buruk.Untuk proses pembuatan papan ini, Anda bisa menggunakan lem kayu Crossbond.

Adhesive Crossbond bisa menghasilkan perekatan kuat dan tahan lama. Selain itu warnanya akan samar pada sambungan tersebut.

Rekomendasi kami pada Crossbond juga dikarenakan lem ini memiliki keunggulan tambahan yang tak dimiliki kebanyakan adhesive. Kelebihan tersebut terletak pada sifat lem yang non toksik. Hal ini membuat Crossbond sangat aman digunakan untuk membuat dining set, almari makanan, kabinet dapur, dan berbagai perlengkapan yang idealnya memang harus didukung dengan bahan-bahan “green”.Singkatnya, aplikasi lem kayu untuk finger joint papan laminasi akan membantu Anda mewujudkan papan yang:

1. Kuat dan stabil

2. Tidak ada glue line

3. Sangat aman digunakan

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here