Simak Langkah Pembuatan Papan Bambu dengan Lem untuk Laminasi Bambu ini!

2244
papan bambu

Proses pembuatan papan bambu memerlukan dua hal agar kualitasnya terjaga. Yang pertama adalah kecermatan dalam menerapkan proses tersebut, dan yang kedua alah penggunaan bahan berkualitas termasuk lem untuk laminasi bambu Crossbond.

papan bambu

Bambu telah diolah menjadi beragam produk. Kita mengenal bahan ini sebagai material dasar pembuatan furniture, konstruksi bangunan, lantai, talenan, hingga panel dinding. Dari berbagai produk olahan bambu tersebut, sebenarnya kita bisa membedakannya menjadi dua jenis. Yang pertama adalah produk bambu yang dibuat dari bahan bambu berbentuk tabung alaminya.

Sedangkan yang kedua adalah produk bambu yang dibuat dari bentuknya sebagai papan. Penggunaan papan bambu ini jelas menarik perhatian. Bagaimana caranya dari bambu berbentuk tabung bisa diolah menjadi papan lebar untuk furniture hingga lantai?

Nah, pada artikel ini, kami akan mengulas proses pembuatan papan bambu tersebut secara sederhana. Langkah-langkah yang akan kami sampaikan di bawah ini merupakan langkah-langkah dasarnya. Sebab hingga hari ini, sudah dikembangkan berbagai varian pembuatan bambu yang berbeda satu-sama lain.

Langkah Dasar Pembuatan Papan Bambu secara Sederhana

Cara mengelem bambu yang pertama perlu Anda lakukan tentu saja adalah menyiapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan. Pertama, sediakan bambu yang usianya sudah cukup dan ukurannya tidak kecil. Gunakan alat-alat seperti gergaji untuk menebang bambu. Selanjutnya, siapkan bahan untuk laminasi, yakni lem Crossbond X4. Selain itu, siapkan pula bahan pengawet untuk melakukan pengawetan pada bahan ini.

membuat papan bambuBerikutnya, potong bambu secara memanjang. Pemotongan bisa Anda lakukan secara manual namun akan lebih baik bila dilakukan menggunakan mesin agar ukurannya lebih presisi. Pasca pemotongan ini, gunakan bahan pengawet. Pilih insektisida dan fungisida yang menurut Anda bagus (rekomendasi kami: BioCide Insecticide dan BioCide Wood Fungicide) untuk diaplikasikan.

Proses selanjutnya merupakan penyortiran bambu sesuai dengan kualitasnya. Pilih yang seragam untuk dilaminasi bersama. Barulah setelah ini dilakukan, laminasi bambu menggunakan Crossbond X4, pemanasan, atau penyinaran dengan sinar UV.

papan bambu dibuat dengan lem untuk laminasi bambuSetelah itu, gunakan mesin laminasi khusus untuk proses ini. Dengan selesainya langkah laminasi tersebut, maka proses pembuatan papan bambu selesai. Kini, Anda bisa membuat papan-papan tersebut menjadi beragam produk.

Namun ingatlah untuk menerapkan kecermatan pada berbagai langkah di atas. Dengan langkah yang cermat dan penggunaan lem untuk laminasi bambu yang bagus seperti Crossbond, maka papan bambu Anda akan lebih disukai masyarakat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here