Langkah-langkah Membuat Meja Lipat Kayu Sendiri Ternyata Sangat Mudah!

482
meja lipat taman

Tak perlu khawatir! Ternyata membuat meja lipat kayu sendiri sangat mudah dilakukan. Malah ada setidaknya 2 cara yang bisa Anda terapkan. Penasaran bagaimana caranya? Yuk, simak penjelasan di bawah ini.

Di zaman modern ini, kebutuhan kita makin meningkat sekaligus makin beragam. Hal-hal yang dulu tak dianggap perlu, kini menjadi sesuatu yang harus dipunyai. Di industri furniture, sedikit banyak kita juga bisa melihat fenomena serupa. Misalnya saja kemunculan meja lipat.

Siapa yang akan menyangka bahwa di kemudian hari, orang akan membutuhkan meja lipat atau foldable table? Tetapi kenyataannya, saat ini meja lipat memiliki peran yang sangat krusial. Anda bisa mendapati jenis meja seperti ini untuk berbagai keperluan, seperti:

  1. Meja belajar
  2. Meja makan, khususnya bagi yang tinggal di rumah yang sempit
  3. Meja setrika
  4. Meja tamu
  5. Garden furniture
  6. Meja piknik
  7. Dan berbagai jenis meja lainnya
CS LemKertas

Secara umum, meja seperti ini menawarkan kebermanfaatan khusus yang tak bisa dipenuhi oleh meja biasa, yaitu:

  1. Struktur yang bisa dilipat, sehingga sangat hemat ruang. Ketika tidak dipakai, meja bisa dilipat, lalu disimpan atau diselipkan di salah satu pojok ruang. Maka ruangan pun bisa dipakai untuk kegiatan yang berbeda.
  2. Bisa dibawa kemana-mana. Fungsi ini terutama terlihat jelas pada furniture kebun (garden furniture) dan meja piknik. Anda bisa melipat meja, memasukkannya ke mobil, lalu membuka lipatan meja sambil menikmati liburan di pantai hingga di pegunungan.
  3. Pada garden furniture, kemampuan meja yang bisa dilipat akan memungkinkan kita untuk lebih mudah memasukkan meja saat cuaca sedang tidak bersahabat.

meja lipat makan

Bisakah Membuat Meja Lipat Kayu Sendiri?

Terlepas dari kemampuannya yang bisa dilipat, sejatinya proses pembuatan meja foldable tidaklah sulit dilakukan. Meja ini bisa dibuat dengan teknik yang sederhana. Pelipatannya juga tidak perlu dibuat yang terlalu rumit. Misalnya, pelipatan meja sampai berbentuk seperti koper. Untuk membuat meja lipat semacam itu, jelas kita harus menguasai teknik yang lebih kompleks. Nah, pada kesempatan ini, lemkertas.com akan membagikan cara membuat meja lipat yang sederhana. Setelah menguasainya, Anda bisa memanfaatkan pengetahuan tersebut untuk membuat foldable table yang lebih kompleks.

Cara Membuat Meja Lipat Kayu

Cara 1: Kaki Tinggal Ditekuk

Pada cara ini, Anda hanya perlu membuat meja seperti saat membuat meja kebanyakan. Hanya saja, Anda perlu memperhatikan:

  1. meja belajar lipatSambungan kaki meja dengan apron, dilakukan dengan mur dan baut. Jangan menggunakan lem dan paku, sebab lem dan paku akan menciptakan ikatan permanen.
  2. Pastikan tinggi kaki meja lebih pendek dari panjang meja. Contoh, bila panjang meja 80 cm, maka pastikan kakinya 30-35 cm saja. Jadi, nantinya ketika kedua kaki tersebut ditekuk, maka masih ada sisa space di bagian tengah.
  3. Pastikan kaki meja berada lebih dalam dari apron. Jadi kaki bisa ditekuk. Jangan menempelkan kaki setara dengan apron. Anda pasang dulu apronnya, lalu ikat kaki meja di bagian dalam sudut apron dengan mur dan baut.

Mudah, bukan? Lipatan pada meja lipat kayu tersebut pada dasarnya hanya mengandalkan ikatan mur dan baut, serta pemasangan kaki di bagian dalam apron. Tidak perlu ada struktur khusus yang dibuat. Metode ini sendiri, adalah metode yang biasa diaplikasikan pembuat meja belajar lipat. Perhatikan saja, meja-meja belajar tersebut sejatinya dibuat dengan teknik yang amat sederhana.

Cara 2: Kaki Disilangkan

Cara kedua ini sama sederhananya dengan cara yang pertama. Namun kaki meja disilangkan sehingga mampu membentuk struktur yang lebih unik dengan kaki meja lebih panjang. Jadi meja bisa dibuat lebih tinggi. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  1. meja lipat kayuPembuatan papan permukaan meja.
  2. Pemasangan apron di bagian bawah permukaan meja.
  3. Pemasangan kaki meja dengan mur dan baut di bagian dalam sudut apron. Kemudian pasang juga sambungan antar kaki meja.
  4. Penyilangan kaki meja. Kedua kaki dari sisi memanjang meja disilangkan satu sama lain. Titik temunya ditandai dengan spidol atau penanda yang lain. Berikutnya, bor titik temu tersebut, dan kembali pasang mur dan baut.
  5. Selesai!

Tips Membuat Meja Lipat Kayu

  1. Jangan lupa untuk mengaplikasikan finishing. Tipe finishing yang diterapkan hendaknya tipe finishing yang sesuai dengan selera target pasar. Misal untuk anak-anak Anda bisa mengaplikasikan finishing dengan warna solid pastel yang menarik.
  2. Ingin meja lipat tersebut lebih murah? Anda bisa menggunakan kayu olahan. Meja lipat kayu sejatinya bisa dibuat dengan berbagai bahan. Misalnya kayu solid. Pemakaian kayu solid akan membuat meja terlihat lebih kokoh, namun harganya tidak murah. Sedangkan pemakaian kayu olahan secara umum akan membuat harga meja foldable lebih terjangkau.
  3. Tinggi meja harus Anda pertimbangkan. Agar bisa membuat meja yang tinggi, aplikasikan cara kedua. Sedangkan untuk meja yang rendah, Anda bisa menerapkan cara pertama.
  4. Tambahkan elemen-elemen yang bisa mempercantik meja. Contohnya, menempelkan poster untuk meja belajar anak, agar mereka lebih menyukai produk Anda.
  5. Tambahkan pegangan pada meja lipat. Pegangan bisa dihadirkan dengan cara yang sangat sederhana. Anda hanya perlu membeli pegangan pintu khusus, lalu memasangnya di salah satu sisi meja.
  6. Jangan segan untuk berkreasi dengan aneka model dan desain meja lipat yang lain. Ada banyak inspirasi yang bisa Anda contoh.

Gunakan Eva Phaethon untuk Membuat Meja Lipat Kayu

Sebagaimana disebut di atas, proses pembuatan meja lipat bisa dilakukan dengan beberapa bahan. Yang jelas, agar harga meja lipat kayu tersebut murah, usahakanlah untuk menggunakan kayu olahan atau engineered wood. Untuk finishingnya sendiri bisa dilakukan dengan merekatkan pelapis sintetis seperti HPL dan PVC menggunakan Eva Phaethon.

lem eva phaethon

Mengapa Eva Phaethon? Adhesive Eva Phaethon merupakan lem khusus yang didesain untuk diaplikasikan pada media dengan karakter yang berbeda, bahkan bertolak belakang satu sama lain. Kayu olahan seperti yang kita tahu, sangat beda karakternya dibanding pelapis seperti HPL. Kayu olahan memiliki sifat menyerap cairan, sedangkan pelapis sintetis tidak. Sehingga keduanya harus dilem secara khusus menggunakan Eva Phaethon. Bila tidak, lem akan meresap di kayu olahan saja, sehingga proses pengeleman menjadi gagal. Lem ini juga direkomendasikan karena selain memiliki keunggulan di atas, lem ini lebih baik dibanding adhesive lainnya yang dijual di pasaran.

Eva Phaethon:

  1. Cepat kering
  2. Daya ikat sangat baik
  3. Tahan lama dan tidak mudah rusak ikatannya meski terkena panas, air, dan minyak
  4. Solid content tinggi
  5. Cover area luas
  6. Mudah digunakan
  7. Aman dan ramah lingkungan

Bagaimana? Tertarik dengan adhesive ini? Yang makin menarik, lem Eva Phaethon bisa dipesan dengan beberapa cara. Salah satunya pemesanan secara online. Anda bisa mengirim format pemesanan dengan menyebutkan nama, produk, jumlah produk, dan alamat pengiriman.

CS LemKertas
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here