Siapa Bilang Membuat Kursi Lipat Sulit?

586
kursi lipat

Kursi lipat bukan produk furniture yang sulit untuk dibuat. Kursi ini tak berbeda dengan kursi lainnya. Dan yang jelas, kursi seperti ini punya banyak keunggulan yang tak dimiliki non foldable chair.

Apa itu kursi lipat? Sebagian di antara kita mungkin jarang mendenganya. Namun kursi ini sejatinya punya banyak manfaat. Kursi tersebut dapat digunakan untuk:

1. Garden furniture. Garden furniture tak jarang didesain dengan struktur yang mudah dilipat atau “foldable”. Alasannya agar ketika cuaca sedang tidak mendukung, mebel bisa dipindah ke area indoor terlebih dahulu. Selain itu mebel garden yang foldable juga memungkinkan kita menggunakannya di berbagai sisi taman.
2. Kursi piknik. Seperti meja piknik, kursi piknik dipakai untuk mendukung aktivitas kita saat sedang bepergian. Kadang kala kursi lipat piknik memiliki struktur yang menyatu dengan meja piknik.
3. Kursi anak. Beberapa mebel anak dibuat khusus sehingga bisa dilipat, tak terkecuali kursinya.

Selain ketiga jenis kursi di atas, tentu masih banyak lagi tipe foldable chair yang lain. Yang jelas tiap jenis kursi yang strukturnya bisa dilipat, maka ia termasuk dalam kelompok mebel ini. Dari lipatannya sendiri, kursi ini bisa dibedakan menjadi beberapa tipe, antara lain:

1. Kursi lipat biasa. Kursi lipat yang biasa adalah jenis foldable chair paling. Secara umum, struktur yang bisa dilipat hanya bagian kakinya saja. Namun ada juga yang bisa dilipat bagian sandaran dan bantalannya membentuk papan mendatar. Contohnya adalah berbagai kursi foldable yang biasa digunakan saat pesta.
2. Kursi lipat khusus. Istilah khusus merujuk pada bentuk lipatan memiliki wujud spesifik. Misalnya hasil lipatan kursi tersebut bisa membentuk sebuah koper yang dapat dijinjing kemana-mana.
3. Kursi lipat dinding. Beda dengan foldable chair yang lain, kursi ini tak bisa dipindahkan dengan mudah. Kursi tersebut dibuat menyatu dengan dinding di mana strukturnya bisa menyatu dengan bagian rumah tersebut tatkala dilipat. Rumah bergaya minimalis dan modern adalah contoh rumah yang kerap didesain dengan kursi seperti ini.

Mudahkah Membuat Kursi Lipat?

Terlepas dari berbagai jenis kursi ini, tentu menarik ketika kita bicara mengenai level kesulitan membuat foldable chair. Apakah kursi seperti ini sulit dibuat? Atau malah mahal? Secara umum, pembuatan kursi ini tidak begitu sulit dilakukan. Hanya saja tingkat kesulitannya mungkin lebih tinggi dibanding dengan meja lipat. Pada meja lipat yang sederhana, bagian yang biasa ditekuk hanya bagian kakinya saja. Sedangkan pada foldable chair, seringkali bagian sandaran dan alas kursi juga harus bisa dilipat.

Dengan kata lain, proses pembuatan kursi seperti ini perlu skill tersendiri. Bukan sekedar skill woodworking, melainkan keterampilan untuk mendesain struktur yang kemudian bisa dilipat. Selain itu, Anda tak perlu khawatir. Misalnya, untuk mewujudkan lipatan pada kursi, kita tinggal menggunakan baut.

Sedangkan terkait dengan material pokok yang digunakan, kita dapat memanfaatkan aneka jenis kayu baik itu solid ataupun kayu olahan. Keduanya bahan ini sama-sama bisa dipakai. Hanya saja, untuk membuat kursi yang kekokohannya terjamin sebaiknya gunakanlah bahan kayu solid. Berikutnya, pastikah untuk senantiasa menggunakan bahan pendukung yang baik. Contohnya saja mengenai lem atau bahan perekat yang dipakai. Lem memiliki aspek yang baik mulai dari daya rekatnya, ketahanannya, kecepatan keringnya, dan kemudahannya saat digunakan. Dengan memperhatikan aspek-aspek ini, barulah kursi lipat yang baik bisa dihasilkan.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here