Yuk, Make Over Meja Kursi di Rumah dengan Tips Ini

596
meja kursi ikea
Image: AliExpress.com

Make over meja kursi bisa dilakukan dengan banyak cara! Kita bisa menyemir furniture tersebut, memperbaiki bagian yang rusak, mengecatnya, sampai memberikan aksen tambahan untuk mewujudkan kesan style yang lain. Simak lengkapnya di bawah ini.

Bingung mengisi waktu luang di akhir pekan? Atau sedang bosan dan ingin melakukan proyek bermanfaat namun ringan dan asyik di rumah? Ada lho, hal-hal menyenangkan dan berfaedah yang bisa Anda lakukan. Misalnya saja melakukan make over atau perubahan pada berbagai perabot di rumah khususnya untuk meja dan kursi. Sebagai furniture yang hampir selalu ada di tiap hunian, keduanya sering hanya dibersihkan saja.

Padahal ada cara-cara khusus di mana kita dapat mengubahnya secara drastis. Perubahan ini pun pastinya akan membuat ruangan di mana perabot tersebut ditempatkan terlihat beda. Nah, kali ini, lemkertas.com akan menyajikan berbagai tips mulai dari yang sederhana sampai yang agak rumit untuk make over kedua perabot tersebut. Semoga bermanfaat ya!

Semir Meja Kursi Anda!

Tips pertama yang sangat mudah dilakukan adalah melakukan penyemiran pada meja dan kursi Anda. Penyemiran? Ya. Ternyata, bukan hanya sepatu yang bisa disemir. Furniture, terutama yang terbuat dari kayu pun juga bisa disemir. Malah, sebetulnya, produk semir atau polish mebel ini sudah banyak beredar di pasaran. Bahkan Indonesia pun memiliki beberapa brand wood polish berkualitas seperti Biopolish.

Seperti apa before after atau sebelum sesudah make over meja kursi yang disemir? Lihat saja gambar di bawah ini. Terlihat, adanya perbedaan warna pada kayu dari yang lebih pucat menjadi lebih berani. Kayu yang warnanya lebih pucat adalah kayu lama yang warnanya memang mengalami pemudaran. Ketika disemir, rupanya semir tersebut mampu mengembalikan warna kayu seperti ketika ia masih baru.

Tenang saja, aplikasi semir tak akan mengubah warna produk yang asli kok. Ia hanya mengembalikan warna yang memudar. Selain dari penampakannya, semir kayu juga berfungsi menghaluskan dan melembabkan serat kayu. Manfaat ini akan membuat furniture tidak retak-retak akibat seratnya kekeringan. Sangat menarik bukan?
Yang lebih menarik, aplikasi semir kayu bisa dilakukan dengan sangat mudah. Seperti kegiatan menyemir sepatu, menyemir kayu pun tinggal dilakukan dengan menggosoknya saja memakai kain lap bersih. Dan voila! Jadilah furniture Anda seperti baru lagi. Nah, untuk aplikasinya, sebaiknya lakukan penyemiran setidaknya setiap 1 kali seminggu. Makin sering makin baik karena wood polish adalah produk perawatan kayu yang bagus dan recommended.

semir kayu biopolish

Lakukan Perbaikan dengan Lem yang Bagus

Furniture meja kursi Anda rusak? Kerusakan pada mebel jelas perlu diperbaiki. Pasalnya, kerusakan tersebut bukan hanya akan membuat fungsi mebel terganggu. Keindahan ruangan di mana mebel ditempatkan pun juga akan “terganggu”.

Nah, harus diakui memang bahwa memperbaiki meja dan kursi yang rusak bukanlah perkara sulit. Apalagi kerusakan yang harus melibatkan langkah pergantian komponen. Contohnya kerusakan di mana ada bagian mebel yang keropos terkena rayap, berlubang, hingga patah.

Tapi sebetulnya, kalau Anda mau mencoba bukan tak mungkin Anda bisa memperbaiki kerusakan-kerusakan tersebut sendiri tanpa memanggil tukang. Apalagi bila kerusakannya tergolong ringan. Gunakan saja potongan kayu baru dan lem Crossbond untuk membantu langkah perbaikan Anda. Atau bila lem lama tampak tak lagi rekat, segera copot komponennya, lalu:

1. Bersihkan bekas lem lama dengan amplas
2. Aplikasikan Crossbond X3 sebagai lem baru

Make over meja dan kursi ini pun akan mengembalikan perabot Anda ke fungsinya seperti sedia kala.

Hias Meja Kursi dengan Decoupage

Bosan dengan tampilan furniture yang itu-itu saja? Ingin membuat nuansa lebih variatif dengan gambar-gambar menarik? Bayangkan saja misalnya, mebel Anda hadir dengan pola gambar seperti lukisan, bunga-bungaan, pemandangan alam, peta dengan aksen vintage, hinga lautan. Pasti sangat menawan bukan?

decoupage pada meja

Nah, bagi Anda yang ingin melakukan make over total agar meja dan kursi terlihat seperti dilukis, Anda bisa menerapkan teknik decoupage. Teknik ini dilakukan dengan menempelkan gambar dari napkin khusus pada permukaan perabot. Agar terlihat lebih menyatu, permukaan perabot tersebut kemudian dicoating dengan cat atau pernis bening. Jadilah mebel Anda tak lagi tampak polos namun memiliki tampilan menawan bak dilukis oleh pelukis profesional.

Menarik sekali bukan?

Lakukan Pengecatan Ulang dengan Warna Tak Biasa

Pertimbangkanlah langkah ini apabila lapisan cat pada mebel sudah terlalu tua dan rusak. Lapisan cat yang rusak bisa dikatakan tak bisa lagi memberikan manfaat seperti sedia kala. Lapisan cat ini:

1. Tak dapat lagi melindungi kayu dari paparan air, panas, solvent, hingga kelembaban
2. Tak dapat lagi memberikan keindahan pada furniture

Jadi bila lapisan cat memang sudah rusak, lakukanlah finishing ulang atau pengecatan kembali.. Jangan khawatir. Langkah-langkah untuk mengecat ulang meja kursi bukanlah hal yang sulit dilakukan. Secara umum, hanya ada dua teknik yang perlu dikuasai:

1. Pengamplasan, utamanya untuk menghilangkan cat lama
2. Pengecatan

kursi warna-warni

Para woodworker hingga pembuat mebel, pastinya bisa melakukan finishing dengan teknik yang rumit. Bahan finishing yang diaplikasikan juga pasti sangat banyak. Tapi untuk orang awam, tentu hal-hal seperti ini tak perlu dikuasai mendalam. Khusus untuk make over mebel ini, agar lebih mudah, Anda bisa memanfaatkan cat-cat yang cara penggunaannya juga mudah.
Rekomendasi lemkertas.com adalah sebagai berikut:

1. BioVarnish untuk warna natural alami kayu
2. Orchid untuk warna pastel hingga metalik seperti merah, biru, ungu, hijau, hingga emas dan perak

Agar hasil pengecatan benar-benar bagus, coba latih dulu skill Anda di kayu yang tak terpakai. Selain itu, jangan lupa untuk memindahkan dulu atau menutupi area meja dan kursi yang tak dicat.

Ubah Style Meja Kursi

Sebuah furniture pasti hadir dengan suatu tema khusus. Tiap tema punya style-style sendiri. Sayangnya, kebanyakan masyarakat kita tak memperhatikan hal ini. Makanya, kesan yang tercipta pada aneka mebel mereka menjadi monoton dan itu-itu saja.

Tak mau hal ini terjadi bukan? Yuk, ubah style desain furniture Anda. Selain mengecat dan melakukan teknik kerajinan decoupage, Anda juga bisa menambahkan beberapa aksen khusus. Contohnya, untuk mengubah style “natural” biasa ke bohemian, cobalah untuk menambahkan taplak meja yang ceria dengan kesan rileks. Tempatkan juga bunga-bunga cantik dengan warna cerah seperti ungu di vas. Tambahan aksen-aksen seperti ini pun juga akan membuat ruangan turut berubah.

Selain bohemian? Banyak! Style minimalis, misalnya. Kalau Anda bosan dengan tampilan monokromatik dari desain minimalis, coba aplikasikan warna-warna tegas dan cerah seperti merah. Warna-warna ini akan mengubah style meja kursi dari minimalis ke modern. Mudah tapi mengesankan bukan?

bohemian dining room

Nah, itulah beberapa tips dari kami untuk make over perabot Anda. Sampai jumpa di artikel selanjutnya ya! Semoga bermanfaat.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here