Mengenal Meja Sudut: dari Pengertian sampai Cara Menghiasnya

741
meja sudut

Apa itu meja sudut? Apa beda meja ini dengan meja yang lainnya? Kenapa meja seperti ini sampai dibuat? Pada kesempatan ini, lemkertas.com akan mengajak Anda mengulas meja tersebut. Dari pengertian sampai tips menghias meja ini, simak caranya di bawah ini.

Corner table atau meja sudut pastilah meja yang asing di telinga orang Indonesia. Meja seperti ini memang bukan meja yang dibedakan berdasarkan fungsi untuk kegiatan utama kita. Ia tidak digunakan untuk makan sebagaimana meja makan, dan tidak juga digunakan untuk menjamu tamu sebagaimana meja tamu. Akan tetapi, kebutuhannya penting kalau Anda ingin memiliki meja yang dimaksimalkan dalam ruangan. Daripada memiliki meja yang diletakkan di tengah, meja ini lebih hemat tempat. Dalam paket meja tamu sendiri, meja ini juga sering hadir sebagai meja lampu atau meja hias. Pernahkah Anda melihat meja kecil di sudut ruangan yang diletakkan di antara dua kursi? Nah, itulah yang dimaksud dengan corner table.

Meja Sudut Punya Banyak Fungsi

Meja Sudut Punya Banyak Fungsi
Selain hadir sebagai meja hias, sejatinya meja ini juga bisa hadir sebagai meja dengan fungsi yang beragam. Karena sebetulnya, yang dimaksud meja corner hanyalah meja yang didesain secara khusus agar cocok diletakkan di sudut ruangan. Jadi, ia bukan sekedar meja yang ditempatkan di pojokan ruangan saja. Beberapa feature utama meja ini antara lain bagian belakangnya yang berbentuk segitiga. Sudut segitiga itu dimaksudkan supaya bagian belakang meja pas dengan sudut ruangan. Tentunya yang dimaksud bukan ruangan dengan sudut membulat, melainkan ruangan biasa dengan sudut yang biasanya 90 derajat.
Di antara beragam jenis meja yang dibentuk menyudut seperti ini, kita bisa membedakannya menurut fungsinya. Meja yang paling sering didesain sebagai corner table antara lain:

1. Meja hias (sebagaimana disebut di atas)

Meja hias biasanya digunakan untuk meletakkan lampu atau vas bunga. Meja seperti ini sering dianggap sebagai meja tambahan, bukan meja utama dalam set meja ruang tamu.

2. Meja lampu

Beberapa meja didesain khusus sebagai meja lampu. Seringkali, meja juga memiliki rak khusus untuk meletakkan beberapa barang. Meja ini biasa digunakan di ruang tidur untuk meletakkan lampu tidur atau di sudut lorong untuk memberi penerangan pada lorong.

3. Meja TV

Beberapa meja TV juga sering didesain dengan bagian belakang segitiga karena memang ditujukan untuk diletakkan di sudut ruangan. Untuk ruangan yang sempit atau ruang tamu yang disatukan dengan ruang menonton TV, meja jenis ini bisa jadi pilihan yang menarik.

4. Meja resepsionis

Meja resepsionis merupakan salah satu jenis office furniture. Meja seperti ini diletakkan di bagian lobby kantor sebagai pusat informasi. Meja sudut resepsionis umumnya memiliki bentuk seperti huruf U atau huruf L.

5. Meja kantor

Beberapa meja kantor juga didesain sebagai corner table. Misalnya, untuk memaksimalkan pojokan ruang yang bisa digunakan untuk beberapa karyawan sekaligus.

6. Meja jualan

Meja jualan yang dibentuk sebagai meja menyudut secara umum memiliki bentuk sebagaimana meja resepsionis (U atau L shape).

7. Meja rias

Meski tak banyak, meja rias juga kadang didesain sebagai corner table. Meja rias dengan bentuk ini cocok diletakkan di kamar tidur yang sempit.

meja sudut

Memilih Meja Sudut, Kenapa Tidak?

Kebanyakan di antara kita, sangat jarang memikirkan pertimbangan untuk memilih corner table kala membeli mebel. Sering, kita membeli meja berdasarkan fungsinya saja. Padahal, memilih meja berdasarkan peletakannya juga penting. Dan karena itulah, kita juga perlu mempertimbangkan meja jenis ini. Kalau memang cocok, mengapa tidak? Bukankah sudut ruangan juga akan lebih bisa dimaksimalkan dengan jenis meja ini?

Berapa Harga Meja Sudut?

Harga produk ini beragam tergantung jenis yang Anda inginkan. Sebab, sebagaimana disebut di atas, jenis corner table sangat banyak. Ada yang berupa meja TV, namun ada pula yang berupa meja tambahan untuk satu set meja dan sofa ruang tamu. Selain itu, faktor bahan, desain yang diaplikasikan, brand, hingga tempat di mana Anda membeli meja ini juga pasti memiliki pengaruh tersendiri.

Sebuah Tambahan Menarik

Bagi konsumen, membeli meja dengan bentuk corner table dilakukan dengan pertimbangan untung rugi, terutama terkait dengan space atau ruangan yang tersisa. Tapi bagaimana dari sudut pelaku usaha mebel? Meja ini sebenarnya bisa jadi daya tarik tersendiri. Apalagi, produsen yang secara khusus menghasilkan meja dengan bentuk ini hampir tidak ada. Seringkali meja sudut dijual sebagai item yang hanya bisa ditemukan sedikit saja di toko mebel.
Untuk set meja dan sofa tamu, meja seperti ini juga bisa meningkatkan nilai jual. Anda bisa menambah harga meja dan sofa tamu tersebut dengan menghadirkan meja sudut yang biaya produksinya lebih rendah. Jadi, Anda bisa mendapatkan keuntungan lebih. Apalagi, konsumen cenderung menyukai produk yang dijual dengan bonus.

Proses pembuatan meja sudut juga sangat mudah dilakukan. Sebab, meja seperti ini memiliki proses pembuatan yang tak begitu berbeda dengan meja kebanyakan. Hanya mungkin, rangkanya yang harus dimodifikasi sedikit.

Agar murah, Anda juga bisa menggunakan kayu non kelas 1 dalam membuat corner table sebagai tambahan set meja dan sofa tamu. Misalnya kayu-kayu seperti sengon. Lalu bagian atasnya bisa dibuat dengan kayu olahan yang difinish dengan laminate sintetis. Untuk aplikasinya, Anda tinggal menggunakan lem yang tepat yang bisa merekatkan bahan dengan sifat berbeda, yakni Eva Phaethon. Didesain dengan formula ethylene vinyl acetate, adhesive ini memiliki keunggulan sebagai lem dengan daya rekat yang baik, mudah digunakan, dan sifat perekatannya stabil.

Anda juga bisa membuatnya dengan rupa menarik. Beberapa kreasi dapat dilakukan seperti menerapkan decoupage, menggunakan talir serat alam, sampai menggunakan kardus dan kertas khusus untuk menghias meja ini. Untuk melakukan aneka kreasi ini, Anda bisa membaca tutorial membuat berbagai meja hias kami di artikel sebelumnya. Proses pembuatan berbagai meja hiasan tersebut tidak sulit dilakukan dan tidak membutuhkan biaya yang besar. Untuk lemnya sendiri, jangan menggunakan Eva Phaethon. Lem yang dibutuhkan untuk aplikasi kerajinan adalah lem Ultra Phaethon. Ultra Phaethon merupakan adhesive berbasis PVAc atau polyvinyl acetate. Lem ini memiliki berbagai keunggulan yang membuatnya sangat cocok dipakai sebagai lem untuk kerajinan. Daya rekat lem ini baik, tahan lama, mudah digunakan, dan tidak menyebabkan glue line. Sehingga pemakaiannya akan membuat produk tampak menarik dari berbagai sisi dari kekokohan sampai estetika.

Nah, sekiranya demikian informasi mengenai corner table atau meja sudut. Ringkasnya, meja ini adalah produk meja yang didesain untuk diletakkan di bagian sudut ruangan. Karena itu, bentuk meja pun disesuaikan supaya sesuai dengan sudut ruangan terkait.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here