Rahasia Membuat Meja Komputer Lebih Murah dengan Eva Phaethon

807
meja komputer

Kami punya rahasia khusus bagi Anda yang hendak membuat meja komputer murah! Yuk, simak cara dan tipsnya di bawah ini.

Apa sih Meja Komputer itu?

Namanya computer desk, atau meja yang didesain khusus untuk penggunaan komputer. Mebel ini marak digunakan sejak komputer mulai banyak digunakan di masyarakat. Didesain spesifik untuk pemakaian komputer, meja ini biasanya:

  1. Memiliki komponen khusus untuk tempat komputer. Misalnya, ada bagian untuk monitor, CPU, keyboard, mouse, dan lainnya.
  2. Kadang, ada bagian khusus berupa lubang sebagai tempat untuk menaruh kabel dari dalam meja ke saluran listrik.
  3. Meja dibuat dengan tinggi khusus agar penggguna nyaman saat memakai komputer

Pada kehidupan sehari-hari, meja seperti ini banyak digunakan untuk kebutuhan personal, lembaga akademiki, usaha seperti warnet, hingga untuk kantor perusahaan. Bahkan untuk yang terakhir ini, bisa dibilang bahwa kebanyakan meja staff (karyawan) adalah meja computer. Pasalnya, hampir semua pekerjaan karyawan melibatkan komputer dalam melakukan pekerjaannya.

Jenis-jenis Meja Komputer

Meskipun masuk dalam kategori yang sama, computer table hadir dalam berbagai varian. Contohnya saja, dari penempatannya, meja ini bisa dibagi menjadi meja sudut dan meja tengah.

Meja Sudut

Computer desk adalah salah satu furniture yang banyak didesain sebagai meja sudut atau corner desk. Biasanya, meja computer yang didesain sebagai corner desk memiliki bentuk persegi panjang, yang kemudian memanjang di dua sisi garis dari sudut pojok ruangan. Meja seperti ini bisa digunakan untuk memanfaatkan space, khususnya untuk tipe ruangan yang sempit.

meja komputer (2)

Meja Tengah

Selain meja sudut, meja komputer juga banyak hadir sebagai meja tengah. Meja ini adalah meja komputer yang biasa kita kenal. Bentuknya hampir sama dengan meja kebanyakan. Akan tetapi, terdapat beberapa elemen yang membedakannya. Misalnya saja keberadaan laci dan rak yang membedakan meja ini dengan meja perabot biasa.

Sedangkan bila dilihat dari kemampuannya dilipat, terdapat setidaknya 3 jenis meja computer.

  1. Meja Lipat Dinding. Beberapa bangunan yang didesain dengan gaya minimalis modern, dibuat dengan furniture dinding yang bersatu dengan bangunan tersebut. Meja computer pun kadang didesain sebagai meja lipat dinding seperti itu.
  2. Meja lipat biasa. Banyak study desk atau meja belajar lipat kecil yang difungsikan untuk meja komputer. Namun tentu saja komputer yang dimaksud adalah laptop dan notebook.
  3. Meja konvensional, atau computer table yang tidak bisa dilipat

Terkait dengan kemudahannya dipindahkan sendiri, secara umum meja ini tidak dibuat dengan sifat portable menggunakan roda. Sebab, kemampuan meja untuk bisa dipindahkan dengan roda tersebut justru membahayakan. Komputer yang menancap pada saluran listrik bisa terseret ketika meja tak sengaja terdorong. Akibatnya pun bisa fatal karena sudah menyangkut masalah listrik.

Membuat Sendiri Meja Komputer

Dengan pangsa pasar yang besar, meja ini sebenarnya termasuk menguntungkan ketika dijadikan produk unggulan usaha Anda. Ingat, yang membutuhkan meja ini bukan sekedar individu di masyarakat untuk kebutuhan personal saja. Lebih dari itu, meja seperti ini juga banyak dibutuhkan oleh sekolah-sekolah, kantor, warung internet, dan lainnya.

meja komputer hpl
meja komputer hpl

Bagi Anda yang merasa stuck atau buntu dengan perabot rumah tangga seperti set meja makan dan meja ruang tamu, alternatif membuat meja seperti ini dapat dicoba. Apalagi proses pembuatan meja ini juga tidak sulit. Struktur mendasar meja sebenarnya sama sebagaimana meja kebanyakan. Hanya saja, perlu tambahan beberapa elemen seperti laci atau tempat untuk CPU. Berikut ini contoh sketsa rangka pembuatan meja untuk komputer. Bila Anda sudah terbiasa membuat berbagai produk mebel, pastilah sketsa tersebut tak akan terlihat begitu rumit. Toh, pada dasarnya hanya ada 3 bagian meja yang dibuat. Bagian pertama, adalah bagian apron dan kaki, lalu laci, dan yang terakhir adalah bagian papan permukaan meja.

rangka meja direktur

Namun tentu saja, untuk masuk dan bersaing dengan pelaku usaha furniture kantor lainnya tidaklah mudah. Berbagai hal harus diupayakan terutama terkait dengan faktor harga.

Agar Murah, Gunakan HPL

Berapa harga meja komputer? Secara umum, harga mebel seperti ini sangat bervariasi. Ada yang mahal, medium, hingga yang termasuk murah. Bagi Anda yang hendak membuat mebel ini, kunci kesuksesan pasti bisa dipegang dengan membuat meja computer yang murah namun kualitasnya baik. Beberapa cara dapat diterapkan. Salah satunya adalah dengan menggunakan kayu olahan serta pelapisnya.

Mengapa kayu olahan?

Kayu olahan atau engineered wood merupakan material kayu yang harganya sangat terjangkau. Karenanya, penggunaan kayu olahan selalu direkomendasikan ketika Anda hendak membuat mebel yang murah, termasuk meja komputer dengan harga yang terjangkau.

Pemakaian kayu olahan sendiri, di sisi lain menyebabkan meja menjadi kurang berkualitas. Misalnya dari segi estetika. Kayu olahan, terutama particle dan fiberboard, sudah tidak memiliki pola serat sebagaimana kayu solid pada umumnya. Tampilan meja pun menjadi tidak menarik. Karenanya, finishing yang diterapkan harus dipilih secara spesifik. Salah satu solusi terbaiknya adalah dengan menggunakan pelapis sintetis atau buatan. Misalnya saja High Pressure Laminate.

HPL adalah pelapis dari kombinasi kertas kraft, kertas dekoratif, dan resin yang dipadukan dalam proses khusus. Pada proses tersebut, suhu dan tekanan diatur agar tinggi. Hasilnya, terbuatlah HPL yang menjadi pelapis dengan sifat rigid dan dengan motif dan warna tertentu.

Cantiknya Meja Komputer dengan High Pressure Laminate ini

hpl pink

Penggunaan HPL pada kayu olahan dapat dilakukan dengan lem khusus Eva Phaethon. Caranya sederhana saja, yakni, HPL tinggal direkatkan menggunakan lem tersebut dengan jumlah yang cukup. Tak perlu berlebihan, sebab Eva Phaethon merupakan adhesive yang memiliki daya rekat kuat.

Bagaimana dengan estetikanya? Anda tak perlu khawatir. Sebab, saat ini sudah banyak HPL yang tersedia dengan warna dan motif yang sangat menarik. Jadi, Anda bisa memilih berbagai variasi HPL sesuai selera. Secara umum, pilihan-pilihan tersebut antara lain adalah:

  1. High Pressure Laminate (HPL) warna solid pastel seperti pink, biru, ungu, hingga putih
  2. High Pressure Laminate (HPL) dengan motif khusus seperti motif bunga dan motif garis
  3. High Pressure Laminate (HPL) dengan warna alam, baik itu warna alami kayu ataupun warna alami batu

Pilihan-pilihan ini akan memungkinkan Anda untuk membuat meja komputer yang variatif dan tidak monoton. Jadi, jangan berpikir bahwa penggunaan kayu olahan serta HPL untuk membuat computer dsk murah akan menyebabkan mebel Anda jadi kurang berkualitas. Ada sangat banyak varian tampilan menarik yang bisa dipilih. Yang jelas, aplikasikanlah HPL dengan tepat menggunakan Eva Phaethon. Ingat, pelapis ini, meskipun mudah diaplikasikan tetapi prosesnya harus dilakukan dengan teliti. Sebab seringkali orang hanya bisa memasangnya saja, tetapi kerapiannya masih kurang.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here