Informai Lengkap Meja Meeting: Dari Model sampai Harganya

1195
meja meeting

Salah satu jenis furniture kantor yang paling banyak dicari sekaligus digunakan pastilah meja meeting atau meja untuk rapat. Meja seperti ini memang tak selalu dipakai, tetapi dibutuhkan untuk kebutuhan yang begitu vital. Ingin tahu lebih lengkap mengenai jenis meja ini? Dari hargasampai modelnya, yuk simak di bawah ini.

Apa itu Meja Meeting?

Bila kita lihat dari fungsinya, meja bisa dibedakan menjadi beberapa jenis. Salah satunya adalah meja untuk kebutuhan kantor. Meja-meja seperti ini biasa disebut sebagai office table atau office desk. Tapi fungsi meja kantor sendiri sebetulnya bisa dibagi lagi menurut spesifitas manfaatnya. Kita mengenal meja untuk karyawan, meja untuk Customer Service, sampai meja untuk meeting. Yang terakhir ini, biasanya dengan mudah diketahui berdasarkan ukurannya yang lebih besar.

Meja untuk meeting biasa juga disebut sebagai meja untuk rapat. Nah, di kesempatan ini, lemkertas.com akan mengajak Anda membahas mengenai meeting table atau meeting desk. Dari pengertiannya sendiri, meja tersebut bisa diartikan sebagai meja yang digunakan untuk kebutuhan rapat. Dan karena rapat butuh beberapa orang sebagai anggotanya, maka meja yang dipakai harus bisa mengakomodir itu. Di luar itu, meja meeting juga perlu dibuat agar memudahkan orang menyimak saat salah satu anggotanya melakukan presentasi. Meja juga harus didesain dengan ketinggian yang cukup agar memudahkan bagi peserta rapat untuk mencatat hal-hal terkait kegiatan itu. Singkatnya, meja rapat:

  1. Perlu dibuat dengan permukaan luas, setidaknya lebih luas dari meja kebanyakan
  2. Didesain di mana yang menggunakannya bisa duduk saling menatap. Meja bisa dibuat dengan papan persegi panjang atau meja lonjong.
  3. Tinggi meja cukup nyaman untuk peserta bisa menulis
  4. Dibuat ringkas sehingga memudahkan bagi salah satu peserta untuk presentasi

Berapa Harga Meja Meeting?

meja meeting

Harga meja ini sangat beragam. Ada yang harganya ratusan ribu saja, namun ada juga yang sampai jutaan rupiah. Faktor harga ini dipengaruhi berbagai hal seperti merk, bahan yang digunakan, hingga desain meja. Misalnya saja bahan. Bila meja dibuat dari bahan kayu solid, secara umum harganya lebih tinggi dibanding meja yang dibuat dari kayu olahan.

Di Mana Membeli Meja Rapat?

Ingin membeli meja meeting? Meja seperti ini memang bukan mebel yang dikenal secara luas oleh orang awam. Seperti office furniture, meja ini dijual di toko-toko mebel spesifik. Untuk membelinya, Anda bisa mengandalkan toko-toko mebel yang menjualnya terutama yang menjual mebel kantor. Selain itu, di zaman dengan teknologi canggih seperti ini, Anda juga bisa mencoba membeli meja ini secara online.

Secara online? Yup. Teknologi internet telah membuat proses transaksi saat ini bisa dilakukan dengan mudah. Salah satunya tatkala Anda hendak membeli mebel. Dengan cara ini, referensi Anda akan lebih banyak dan bisa mendapatkan produk yang paling sesuai dengan budget dan kebutuhan.

Tips Membeli Meja Rapat

Bagi Anda yang ingin membeli meja meeting, belilah dengan cermat. Apalagi kebutuhan ini adalah kebutuhan kantor, bukan kebutuhan pribadi Anda. Beberapa hal di bawah ini bisa diandalkan agar Anda mendapat meja rapat yang sesuai kebutuhan.

  • Sesuaikan dengan kebutuhan kantor. Hal-hal yang wajib Anda perhatikan adalah luas ruang rapat, dan jumlah karyawan yang biasa ikut rapat.
  • Harga meja. Sesuaikan dengan anggaran belanja kantor.
  • Kualitas produk. Perhatikan bahan yang digunakan. Apakah bahan yang dipakai adalah kayu solid, atau kayu olahan?
  • Desain meja rapat. Bukan hanya sekedar masalah estetika, Anda juga perlu memperhatikan kesesuaian desain meja tersebut dengan ruang meeting. Contoh, untuk ruang rapat yang didesain dengan gaya tradisional, sebaiknya gunakan juga meja rapat dengan gaya serupa. Begitu pula bila ruang rapat didesain dengan gaya minimalis, maka pilihlah meja yang gayanya juga minimalis.
  • Perbanyak referensi Anda. Cari tipe meja rapat dan tempat jual yang menawarkannya. Jangan hanya terpaku pada satu atau dua toko mebel saja.

Membeli Meja Meeting Second: Sebuah Tips

Bagi beberapa kalangan, harga meja ini tergolong sangat tinggi. Apalagi yang dibuat dengan desain menawan dan bahan berkualitas. Beberapa kantor atau perusahaan yang sedang merintis usahanya barangkali perlu berhemat. Nah, untuk melakukan penghematan mau tak mau kebutuhan yang tak begitu mendesak tidak dipenuhi dulu atau dipenuhi tapi dengan budget terbatas. Meja rapat pun termasuk kebutuhan yang tak begitu mendesak ini. Hanya saja, karena tetap dibutuhkan, maka meja ini tetap perlu diadakan. Hanya, budgetnya yang dipangkas.

meja konferensi dan rapat kantor

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah membeli meja meeting yang bekas. Produk seperti ini umumnya jauh lebih murah dibanding produk yang baru. Jadi akan membantu Anda saat sedang merintis usaha. Mendapatkan meja rapat bekas sekarang juga makin mudah dilakukan. Apalagi dengan teknologi informasi yang kini berkembang pesat. Kita pun bisa mencari referensi di dunia maya. Atau melakukan transaksi dengan menawarkan pembelian meja rapat yang sudah tak dipakai lagi.

Meja Meeting Lipat

Tatkala kita bicara mengenai meja rapat, tak afdol rasanya kalau kita tak bicara mengenai meja serupa yang bisa dilipat. Anda juga bisa mempertimbangkannya tatkala hendak membeli meeting table. Meja seperti ini memiliki guna sebagaimana meja rapat yang lain. Akan tetapi, strukturnya memungkinkannya untuk bisa dlipat.

Keuntungan dari meja ini adalah:

  1. cocok untuk kantor yang belum memiliki area luas
  2. bisa dipindahkan sehingga rapat bisa dilakukan di ruangan yang berbeda
    ruangan bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan lain ketika tak dipakai untuk meeting

Meja Meeting sebagai Peluang Usaha

Bagi pelaku usaha, terutama yang bergerak di industri mebel, meja seperti ini sebetulnya bisa dibuat untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Pasalnya, produk ini belum dibuat sebanyak mebel-mebel yang lain. Apalagi di level industri pembuatan mebel kecil dan menengah. Anda juga bisa mencoba menawarkan pemesanan produk ke berbagai kantor. Cara ini memang tidak mudah. Juga tidak konvensional karena Anda tak sekedar duduk menunggu pelanggan. Tapi dengan  cara ini, Anda bisa mendapat keuntungan yang lebih besar,

Optimalisasi profit juga bisa dilakukan dengan menggunakan bahan yang murah. Jadi biaya produksi bisa ditekan dan keuntungan bisa didapat lebih banyak. Misalnya saja dengan menggunakan kayu olahan. Dengan harga lebih terjangkau, meja meeting kayu olahan akan membuat Anda berhemat banyak. Untuk aplikasi finishingnya sendiri, Anda tinggal menerapkan metode finishing tempel dengan pelapis. Misalnya dengan High Pressure Laminate atau HPL. Untuk perekatannya, gunakan lem khusus laminasi beda karakter, Eva Phaethon.

Nah, sekiranya demikian pembahasan kali ini mengenai meja meeting. Untuk membeli meja ini, selalu perhatikan berbagai tips di atas. Sedangkan bagi pelaku usaha mebel, Anda bisa memanfaatkan meja ini untuk mendepat keuntungan besar. Sangat menarik bukan? Semoga bermanfaat ya.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here