Informasi Lengkap Meja Billiard: dari Harga sampai Model Simak di Sini!

1401
meja billiard

Mau beli meja billiard? Atau malah mau menjual meja ini? Apapun alasan Anda mencari informasi meja tersebut, berikut ini kami sajikan dengan lengkap hal yang Anda butuhkan itu. Dari harga sampai tips membuat meja untuk billiard yang baik bisa Anda baca pada artikel ini!

Apa itu Meja Billiard?

Di Indonesia, billiard adalah salah satu permainan yang banyak dikenal namun tak banyak dilakukan. Kebanyakan di antara kita melihat permainan ini di TV-TV atau malah mengetahuinya via game di aplikasi smartphone. Jadi ketika ditanya gambaran mengenai seperti apa itu meja billiard, kebanyakan pasti bisa memberikan deskripsi yang lumayan. Meski secara ketepatan belum tentu benar.

Nah, sebagaimana namanya, yang dimaksud dengan meja untuk billiard adalah meja yang dipakai untuk mendukung permainan tersebut. Sekilas melihatnya, Anda akan dengan mudah menentukan perbedaan meja ini dengan meja-meja yang lain. Kerap, meja ini hadir dengan warna mencolok seperti biru dan hijau daun di permukaannya. Bagian papan meja juga sangat lebar dengan lubang di sisi-sisinya. Kesemua ciri tersebut pada dasarnya dibuat agar permainan billiard bisa dilaksanakan.

Mengenal Komponen Meja Billiard

Lantas apa saja komponen meja ini? Ada bebarapa bagian atau komponen pada meja tersebut, yakni:

1. Leg atau kaki meja. Leg atau kaki meja ini tak berbeda dengan kaki pada meja kebanyakan. Akan tetapi pada meja untuk billiard ini, kekuatan kaki meja harus benar-benar baik karena beban yang ditanggung cukup besar dan sifatnya konstan.
2. Frame atau rangka
3. Slate atau papan, yakni bagian permukaan meja. Pada meja ini, slate atau papan ditutupi denngan sebuah kain khusus untuk mendukung permainan ini.
4. Rail atau sandaran atas di atas papan meja
5. Pocket atau kantung yang menjadi wadah bola billard
6. Felt
7. Bagian cabinet

bagian meja billiard

Berapa Harga Meja Ini?

Ada alasan khusus mengapa billiard bukan permainan populer di Indonesia. Bila kita memeriksa harga meja ini, nominalnya memang termasuk tinggi. Satu meja billiard bisa menghabiskan uang jutaan rupiah. Bahkan meja yang kualitasnya baik bisa membuat Anda kehilangan belasan sampai puluhan juta rupiah. Mahal bukan? Meski demikian, bagi para penggemar billiard hal itu bisa diakali dengan memainkan permainan ini di tempat hiburan tertentu saja, bukan memilikinya secara pribadi.
Beberapa faktor juga diketahui berpengaruh pada patokan harga meja ini. Misalnya saja brand atau merk meja, bahan yang digunakan, sampai ukuran meja terkait.

Tips Membeli Meja Billiard

Apakah Anda tertarik ingin membeli meja ini? Bila iya, lemkertas.com punya beberapa tips dan cara mendapatkan produk yang tepat sebagai berikut.

1. Perhatikan bahan meja yang digunakan
2. Perhatikan kelengkapan komponen meja dan periksa dengan baik kualitasnya
3. Perhatikan tinggi dan ukuran meja

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan pertimbangan “estetika” atau keindahan produk. Aspek ini memang kerap diabaikan orang ketika membeli meja billiard. Padahal sebagaimana berbagai furniture lainnya, jenis meja ini juga bisa hadir dengan beragam desain dan model, yakni:

1. Modern
2. Minimalis
3. Vintage
4. Cottage
5. Farmhouse
6. Nautical
7. Art modern
8. Abstract

Dan masih banyak style desain lainnya yang jelas tak bisa disebutkan satu per satu. Yang jelas, perhatikanlah aspek keindahan. Apalagi bila Anda membeli produk ini untuk kebutuhan usaha. Misalnya untuk diletakkan di kafe Anda. Tentu akan lebih baik bila meja didesain sesuai tema kafe tersebut bukan?

Membuat Meja Billiard

Di atas, telah dijelaskan beberapa tips bagi yang ingin membeli meja untuk billiard. Lantas bagaimana dengan para pembuat meja itu sendiri? Apa saja tips yang perlu diperhatikan?

1. Sama seperti para calon pembeli, pembuat meja juga tak boleh terpaku pada mode dan desain yang konvensional.
2. Pastikan meja hadir dengan kekokohan yang baik sehingga tak cepat rusak.
3. Pastikan kesemua komponen meja tersebut lengkap.
4. Perhatikan ukuran dan tinggi meja dengan seksama. Buatlah meja billiard yang memiliki ukuran dan tinggi yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan pasar target meja Anda tersebut.
5. Belilah produk difinish dengan baik.
6. Pertimbangkan untuk menggunakan kayu olahan atau engineered wood

Gunakan Lem Andalan Eva Phaethon

lem eva phaethonSebagaimana disebut di atas, harga meja billiard memang sangat mahal. Harganya mulai dari jutaan rupiah hingga puluhan juta rupiah. Pelaku usaha mebel pun kerap gamang ketika hendak membuat meja yang harganya mahal ini. Apalagi tak banyak masyarakat Indonesia yang menggemari permainan billiard.

Lantas apa yang harus dilakukan? Beberapa hal bisa dilakukan. Salah satunya adalah memakai kayu olahan untuk membuat meja tersebut. Kayu olahan secara signifikan jauh lebih murah bila dibandingkan dengan kayu solid. Pemanfaatan kayu ini pun mampu mereduksi biaya produksi menjadi jauh lebih rendah.
Untuk aplikasi finishingnya sendiri, Anda bisa menerapkan HPL sheet pada kayu olahan. Gunakan Eva Phaethon sebagai lem media beda karakter yang cocok untuk kayu olahan dan HPL. Adhesive ethylene vinyl acetate ini memiliki karakter yang sangat kuat, tahan lama, dan mudah digunakan. Selain itu, lem juga tidak membahayakan dan memiliki kecepatan kering yang sangat ideal untuk membuat meja billiard.

meja billiard mdf

Beli Eva Phaethon di Lemkertas.com

Seperti dijelaskan di atas, Eva Phaethon merupakan lem andalan yang selalu bisa digunakan untuk industri furniture. Daya rekatnya yang baik berpadu dengan ketahanannya yang juga baik. Lem ini pun tahan lama, mudah digunakan, cepat kering, dan tidak akan menyebabkan glue line. Tak heran adhesive ini sering diandalkan untuk berbagai kebutuhan pembuatan meja.

Tertarik menikmati keunggulan adhesive ini? Jika Anda tertarik, ada beberapa opsi pembelian yang dapat dilakukan. Yang pertama adalah pembelian secara online via website ini, marketplace, atau laman resmi Eva Phaethon dan Bio Industries.

Bagaimana dengan pembelian langsung? Bagi Anda yang berlokasi di Yogyakarta dan kota lainnya yang dekat dengan alamat kantor serta agen kami, pembelian langsung bisa dilakukan. Anda pun bisa bertatap muka dengan CS kami yang berpengalaman dan bila dibutuhkan, akan bisa memperoleh informasi penting seputar aplikasi Eva Phaethon dengan teknisi kami. Menarik sekali bukan? Jadi segeralah pilih salah satu opsi pembelian di atas dan nikmati berbagai keunggulan lem Eva Phaethon ini.

Nah, demikianlah pembahasan kali ini mengenai meja billiard. Meja yang dipakai untuk olahraga billiard tersebut memang menarik untuk dikupas. Meja ini juga terdiri atas banyak komponen yang saat kita membelinya harus diperhatikan dengan baik. Demikian juga bila kita ingin membuat mebel ini. Maka kelengkapan elemen harus diperhatikan bersama berbagai aspek lain termasuk biaya produksi produk.

Semoga bermanfaat ya!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here