Apa ya Lem untuk Souvenir Pernikahan yang Bagus?

824
suvenir pernikahan

Bisnis souvenir pernikahan telah menambah pundi-pundi keuangan bagi banyak orang. Untuk mengembangkan bisnis tersebut lebih lanjut, tentu saja butuh pemilihan alat dan bahan yang lebih baik. Salah satunya lem. Apa ya kira-kira lem untuk souvenir pernikahan yang bagus?

Namanya Intan. Ia seorang ibu rumah tangga muda dengan seorang anak dan suami yang bekerja sebagai buruh pabrik. Sehari-hari selama masa awal pernikahannya, Intan bekerja penuh sebagai ibu rumah tangga. Ia membersihkan rumah, memasak, dan mengatur keuangan keluarga. Kehidupan sederhana tersebut terus ia jalani bersama suaminya dengan begitu harmonis. Tapi segalanya berubah saat anak pertama mereka lahir. Membayangkan kehidupan sederhana yang bahagia dengan kehadiran seorang anak memang tidak semudah itu. Bagaimanapun juga, Intan dan suaminya ingin yang terbaik untuk anaknya. Mereka ingin memberikan tabungan untuk sekolah si kecil, menyediakan uang yang cukup untuk jaga-jaga bila anak mereka sakit, sampai memberikan mainan yang ia sukai. Kondisi inilah yang membuat Intan untuk kemudian mencoba-coba berbagai usaha. Suaminya juga setuju. Anak menjadi prioritas utama mereka.

Selama hampir 3 tahun, Intan mencoba berbagai usaha mulai dari laundry sampai menjual aqua gallon. Tak ada yang sukses. Kesuksesan menghampirinya ketika ia mencoba bisnis souvenir pernikahan. Tak dinyana, ternyata peruntungannya di situ. Kini, ia bisa mendapatkan 5 juta rupiah per bulan. Jelas jumlah ini fantastis untuk seorang ibu rumah tangga di Bantul yang baru membuka usaha.

Bisnis Souvenir Pernikahan yang Memang Menjanjikan

Apa yang dialami Intan sebetulnya bukan cerita tunggal. Usaha membuat dan menjual suvenir pernikahan memang salah satu usaha yang punya peluang sukses tinggi. Modalnya tidak banyak, strategi pemasaran bisa dilakukan dari mulut ke mulut, dan hasilnya pun lumayan. Seorang ibu rumah tangga bisa memulainya sendiri meski seiring berjalannya waktu tentu saja butuh tambahan karyawan.
Upgrade atau peningkatan memang harus dilakukan agar bisnis makin berkembang. Sebab, pemain baru di jenis usaha ini begitu banyak. Ada mahasiswa yang coba-coba bisa menjadi pesaing Anda. Belum lagi, pelaku usaha besar yang sudah merambah kemana-mana. Tanpa itu? Bisa jadi Anda hanya bisa menikmati keuntungan sementara waktu saja.

Meningkatkan Bisnis dengan Lem untuk Souvenir yang Bagus

Untuk meningkatkan bisnis souvenir, jelas perlu banyak usaha yang dilakukan. Menaikkan omset dari 5 juta ke puluhan juta, misalnya, bukan perkara mudah bagi Intan. Sampai saat ini, penghasilannya stabil di angka tersebut.

Lantas, apa saja upaya yang bisa dilakukan?

Inovasi jelas menjadi salah satu kuncinya. Keunikan produk suvenir perlu dipertahankan di tengah gempuran produk suvenir yang beredar di pasaran. Yang kedua adalah masalah kualitas versus harga. Kualitas produk tentu diharapkan baik. Sedangkan harganya bila memungkinkan harus bisa diminimalisir. Apalagi bila target Anda bukan kalangan atas. Tentu saja hal ini penting. Sebab, meski krusial, suvenir bukanlah hal utama dalam sebuah pernikahan. Budget untuk produk ini biasanya dipikirkan “paling belakang.”

Untuk membuat souvenir yang bagus tapi murah sendiri jelas tidak mudah. Tapi kita bisa memulai dari berbagai hal yang sederhana bahkan tidak terpikirkan. Misalnya? Misalnya saja dalam pemilihan lem.

Mengapa Lem untuk Souvenir Pernikahan Harus Dipilih secara Cermat?

Meski tak semua, banyak produk suvenir pernikahan yang membutuhkan lem dalam pembuatannya. Misalnya pada pembuatan bros, boneka kecil, hingga untuk membuat kipas tangan. Lem menjadi komponen yang sejatinya penting tapi kerap diabaikan. Orang seringkali hanya memperhatikan daya rekat lem saat mencarinya di toko. Padahal, bisa jadi lem tersebut terlalu bau, mahal, atau daya rekatnya berlebihan untuk kebutuhan pembuatan craft atau kerajinan seperti suvenir pernikahan. Oleh seba itulah, lem yang dipilih seharusnya sesuai dengan kebutuhan. Dengan memilih lem yang tepat, bukan hanya kualitas produk yang meningkat, biaya produksi juga bisa diturunkan.

Bayangkan saja begini, Anda sedang membuat suvenir berupa bros dari kain flanel. Lem yang Anda gunakan adalah general adhesive yang harganya murah. Tapi ternyata, lem tersebut tak bisa merekatkan kain flanel dengan baik. Sehingga, biarpun harganya murah, tapi lem tersebut justru bisa membuat kita lebih boros.

Lem yang Kami Sarankan

jual lem untuk wallpaper

Meskipun memilih lem untuk souvenir pernikahan adalah hal yang penting, tapi untuk bisa melakukannya memang bukan pekerjaan mudah. Untuk membantu, kami menghadirkan rekomendasi lem yang bisa Anda andalkan.

Lem tersebut adalah Ultra Phaethon.

Apa itu Ultra Phaethon? Kenapa Lem ini Disarankan?

Ultra Phaethon pada dasarnya adalah lem dengan bahan dasar PVAc atau polyvinyl acetate glue. Di pasaran, lem seperti ini sering disebut dengan nama lem putih, lem PVA, dan lem kayu. Aneka julukan ini wajar terjadi karena PVAc memang merupakan formula lem yang punya banyak manfaat. Tetapi, perlu diketahui, bahwa tiap lem PVAc telah dibuat secara spesifik oleh manufakturnya. Ada lem PVAc untukkayu, namun ada juga lem PVAc untuk kerajinan seperti Ultra Phaethon.

Selain merupakan lem PVAc, lem untuk souvenir pernikahan ini juga merupakan lem berbasis air. Artinya, lem tersebut menggunakan air sebagai pelarutnya. Apakah ini artinya lem tidak tahan air? Tentu saja tidak. Setelah mengering, lem akan memiliki ketahanan terhadap air yang sangat baik. Ada reaksi kimia yang telah didesain oleh manufaktur Ultra Phaethon yang ketika kering akan membuatnya resisten terhadap paparan molekul air.

Sebagai lem yang direkomendasikan sendiri, tentu saja ada banyak keunggulan adhesive ini. Berikut ini di antaranya.

Keunggulan Ultra Phaethon sebagai lem untuk Souvenir Pernikahan

Kuat dan Tahan Lama

Keunggulan pertama lem ini tentu terletak pada kekuatan dan ketahanannya. Lem ini bisa menciptakan ikatan yang sangat kuat yang tidak mudah rusak terkena air, panas, hingga solvent.

Tidak Tebal

Lem Ultra Phaethon akan meresap dengan baik ke dalam media. Ia tidak akan menyebabkan lapisan tebal jelek yang bisa membuat suvenir terlihat kurang bagus.

Tidak Berwarna

Selain tidak tebal, lem ini juga tidak berwarna. Keindahan atau estetika produk pun akan makin baik dengan pemakaian lem ini.

Tidak Berbau Menyengat

Lem untuk souvenir pernikahan ini juga punya keunggulan dari baunya. Ultra Phaethon tidak menimbulkan bau menyengat tidak sedap yang seringkali didapati pada berbagai lem kerajinan tangan.

Lebih Aman

Berikutnya, Ultra Phaethon merupakan lem yang sangat aman digunakan. Menggunakan formula PVAc yang dikenal eco friendly dan formulasi water based membuatnya menjadi lem yang bisa diandalkan dari segi keamanan.

Lebih Murah

Terakhir, lem ini merupakan lem yang harganya terjangkau. Selain itu, “murahnya” Ultra Phaethon juga terletak pada sifat pemakaiannya yang hemat. Sebab, lem ini didesain dengan solid content dan cover area yang tinggi.
Kira-kira, itulah berbagai keunggulan yang membuat Ultra Phaethon direkomendasikan sebagai lem untuk souvenir. Sebagaimana disebut di atas, lem memang harus diperhatikan kualitasnya bila kita ingin mendulang banyak keuntungan dari usaha pembuatan kerajinan tangan tersebut.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here