Menyelamatkan Bumi dengan Meja Kayu Olahan Bersama Eva Phaethon

527
Global-Warming

Ayo, selamatkan bumi kita! Gunakan kayu olahan yang lebih eco friendly untuk aneka furniture Anda seperti meja. Dengan Eva Phaethon, Anda pasti bisa membuat meja kayu yang lebih ramah lingkungan tanpa perlu menebang pohon lagi.

Meja Kayu dan Nasib Bumi yang Kian Panas

Bumi kita makin lama makin panas. Berbagai bencana alam akibat dari aktivitas manusia juga menimbulkan kekhawatiran yang sangat serius. Di tengah kondisi ini, kerap orang bertanya, “apakah kita masih boleh menggunakan bahan dari pohon untuk kebutuhan industri?”

Pasalnya, data menunjukkan adanya aktivitas ilegal penebangan pohon yang sangat mengkhawatirkan. Luasan lahan hutan juga menunjukkan trend penurunan yang besar. Indonesia dan Brazil adalah dua negara di mana luasan hutan tropis terlihat sangat menyedihkan.
Etiskah kita menebang kayu di tengah kondisi ini? Jawabannya sebetulnya tak relevan. Perusakan alam terjadi akibat manusia yang melakukan hal ilegal. Yang salah adalah tindakan ilegalnya, bukan penebangan pohonnya. Hanya, mungkin kita harus lebih berhemat.
Caranya? Selain berkontribusi menanam lebih banyak pohon, kita juga bisa memanfaatkan kayu-kayu olahan. Salah satunya dalam pembuatan furniture yang begitu populer seperti meja.

Lihatlah sekitar Anda. Hampir semua hal membutuhkan meja. Ruang makan butuh meja, ruang tamu butuh meja, dan kamar tidur pun butuh meja. Selama berabad-abad, orang memakai meja kayu untuk berbagai kebutuhannya. Dan kini sebetulnya kita juga masih bisa memakai kayu, namun kayu olahan sebagaimana disebutkan sebelumnya.

Perlunya Kepedulian Kita: Manfaatkan Kayu Olahan

serpih kayu

Apa itu kayu olahan? Beberapa di antara Anda mungkin sangat asing dengan istilah ini. Engineered wood atau kayu olahan adalah suatu istilah khusus yang merujuk pada kayu yang telah kehilangan banyak karakter kayunya. Kayu-kayu seperti ini dibuat dari bekas serpih kayu yang tak terpakai, potongan kecil kayu, sampai potongan tipis kayu. Bebarapa bahkan dibuat dengan campuran resin dan lem dari serbuk kayu yang sangat kecil. Karena hal-hal tersebut, kayu-kayu seperti ini umumnya berbeda dari kayu yang biasa kita kenal. Ada yang kehilangan seratnya, resistensinya pada air, hingga kehilangan kekokohannya.

Kayu olahan untuk membuat meja menjadi suatu alternative tersendiri. Pasalnya, selain kayu-kayu seperti ini sangat eco friendly (karena banyak di antaranya yang terbuat dari limbah), harga produk tersebut juga biasanya lebih murah. Tak percaya? Anda bisa ke toko mebel dan membandingkan harga meja kayu jati dengan meja MDF. Pasti harganya sangat berbeda. Bahkan bedanya bisa jadi sangat besar.

Ragam kayu olahan sendiri sudah sangat banyak. Berikut ini beberapa di antaranya yang bisa dipakai untuk membuat meja.

Fiberboard: MDF dan HDF

Fiberboard adalah kayu olahan yang dibuat dengan suatu proses khusus. Bahan ini bisa dibedakan menjadi dua berdasarkan kerapatannya. Yang pertama adalah MDF atau Medium Density Fiberboard. Sedangkan yang kedua adalah HDF atau High Density Fiberboard. HDF memiliki kekuatan yang lebih baik dibanding MDF.

veneer pada mdf

Plywood: Triplek dan Multipleks

Plywood atau kayu lapis adalah salah satu jenis kayu olahan yang sangat banyak digunakan untuk membuat furniture, tak terkecuali meja. Seringkali, produk ini dipakai untuk bagian atas atau permukaan produk meja. Bentuknya yang berupa lembaran luas memudahkannya dijadikan bagian meja tersebut. Dari jenisnya sendiri, ada dua macam kayu lapis. Pertama adalah tripleks yang jumlah lapisannya lebih sedikit, dan yang kedua adalah multipleks yang jumlah lapisannya lebih banyak.

Blockboard

Blockboard sebagaimana namanya adalah kayu yang terbuat dari blok-blok tersendiri. Blockboard mampu memberikan kekuatan ekstra karena strukturnya tersebut. Salah satu jenis blockboard yang paling terkenal adalah teakblock. Meja kayu yang terbuat dari teakboard biasanya terdiri atas bagian atas berupa jati dengan bagian dalam kayu non jati (yang lebih murah).

Particle Board

Particle board adalah kayu olahan dengan kualitas paling rendah. Namun meja kayu yang dibuat dari bahan ini akan bisa dibeli dengan harga paling murah. Particle board sendiri adalah papan kayu engineered yang terbuat dari serbuk paling kecil yang kemudian disatukan dengan bahan tertentu dalam proses khusus pula. Particle board memiliki ketahanan yang sangat rendah pada air dan akan sangat sulit dicat karena sifatnya yang mudah menyerap cairan (porositas besar).

Kombinasi

Beberapa kayu olahan juga dikombinasikan satu sama lain untuk meghasilkan meja kayu yang bagus. Misalnya saja kombinasi bahan blockboard dengan MDF.

Kesulitan Finishing Kayu Olahan Bisa Diatasi dengan Eva Phaethon

Sebagai bahan yang dibuat dari proses recycling atau daur ulang, pemakaian kayu olahan memang akan membantu upaya penyelamatan bumi. Namun demikian, ada tantangan tersendiri dalam pemakaian kayu ini. Salah satunya terkait dengan sifat porositas kayu yang besar.

Ayo, Kenali Merk Jenis Lem untuk HPL

Sifat porositas menetukan kemampuan sebuah benda menyerap cairan. Makin tinggi porositas benda, makin tinggi kemampuannya menyerap air. Memang kalau hanya menyerap air, “seolah” tak mengapa. Tapi yang sering terjadi adalah kerusakan pasca proses penyerapan tersebut. Contohnya saja particle board yang mudah menyerap cairan (solvent / minyak atau air) sehingga bahannya mudah rusak.

Kondisi demikian membuat aplikasi cat harus dilakukan dengan usaha ekstra. Misalnya saja dengan aplikasi dempul khusus dalam jumlah banyak. Tapi lagi-lagi cara seperti ini cenderung tidak hemat karena boros dempul.
Lantas apa solusi yang bisa diambil? Bagi yang ingin membuat meja kayu dari bahan olahan, sebetulnya ada solusi mudah yang bisa diambil, yakni dengan Eva Phaethon.

Eva Phaethon merupakan produk lem yang dibuat khusus untuk merekatkan produk dengan porositas besar dengan produk yang porositasnya rendah hingga nol. Karenanya, Eva Phaethon akan membantu Anda membuat meja dari kayu olahan tersebut tampak lebih menawan dengan pelapis seperti HPL.

Ini Dia Aneka Meja Kayu HPL yang Super Menawan

meja kayu hpl
Meja dari kayu olahan dengan pelapis HPL

Berbentuk lembaran siap lem dengan aneka warna dan gambar, HPL sangat cocok dipakai untuk melapisi kayu olahan. Pelapis ini tinggal ditempelkan saja pada produk meja engineered wood Anda. Sederhana bukan? Hanya saja, untuk melakukannya memang dibutuhkan lem dengan karakter spesifik, yakni kemampuan merekatkan media beda karakter. Dan karena itu pula, kami merekomendasikan Eva Phaethon yang memiliki kemampuan tersebut.

Eva Phaethon yang kuat dan tahan lama akan membuat kualitas meja kayu olahan Anda semakin baik. Lem ini juga bisa diperoleh dengan harga yang sangat terjangkau sehingga biaya produksi tak akan meningkat. Sebaliknya, Anda justru bisa lebih hemat dengan memanfaatkan adhesive ini.

bumi hijau

Nah, kiranya demikian artikel mengenai meja kayu ini. Ingat, sebagai penghuni bumi, sudah kewajiban kita untuk peduli dengan tempat tinggal sendiri. Mulailah memanfaatkan aneka kayu olahan atau kayu solid yang bukan hasil aktivitas illegal logging. Bila Anda memakai kayu olahan, pakailah pelapis seperti HPL dan lem Eva Phaethon untuk finishingnya.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here