Menarik! Kerajinan Alang-alang yang Mampu Selamatkan Bumi

585
kerajinan alang-alang

Kehadiran alang-alang telah menjadi perkara pelik bagi banyak pemerhati lingkungan. Di tengah keprihatinan ini, ternyata ada usaha pembuatan kerajinan alang-alang. Tanaman invasive itu bisa dikurangi, dan keuntungan ekonomi bisa dinikmati oleh masyarakat. Tapi ingat, selalu gunakan Ultra Phaethon untuk membuat beragam jenis kerajinan.

Mengenal Alang-alang dan Bahayanya

Dikutip dari Atikah dan Nadia (2001), alang-alang adalah jenis rumput tahunan yang menyukai cahaya matahari, dengan bagian yang mudah terbakar di atas tanah dan akar rimpang (rhizome) yang menyebar luas di bawah permukaan tanah. Tanaman ini memiliki beberapa keunikan. Salah satunya kemampuannya mengeluarkan zat allelopaty yang membuatnya mampu menghalangi pertumbuhan tanaman yang lain.

Bagi masyarakat, keberadaan lahan alang-alang dapat menyebabkan berbagai persoalan. Selain beresiko menyebabkan kebakaran dan tidak tumbuhnya tanaman lain, NRI, IRRI dan ICRAF (1996) menyebutkan bahwa tanaman ini bisa menyebabkan kerugian ekonomi. Berbagai kerugian ekonomi tersebut antara lain:
Kondisi di atas kian memprihatinkan sebab berbagai data sudah menunjukkan masifnya luas lahan alang-alang sejak dulu dengan kecenderungan meningkat hingga sekarang. Misalnya data dari Kementrian Kehutanan menunjukkan bahwa padang alang-alang di Indonesia pada awal tahun 1990 adalah 8,6 juta ha (4,5% dari luas daratan). Areal alang-alang yang paling luas terdapat di Sumatera dan Kalimantan, yaitu masing-masing 2,13 dan 2,19 juta hektar. Berdasarkan Statistik Kehutanan Indonesia 1996/1997, luas lahan kritis (biasanya didominasi oleh alang-alang) adalah 12,5 juta hektar. Seluas 3,7 juta hektar diantaranya terdapat di dalam kawasan hutan (30%) dan seluas 8,1 juta hektar terdapat di luar kawasan hutan (70%). Pada akhir tahun 2000, luas lahan kritis di Indonesia mengalami peningkatan menjadi 23,2 juta hektar, terdiri dari 8,1 juta hektar (35%) terdapat di dalam kawasan hutan dan 15,1 juta hektar (65%) terdapat di luar kawasan hutan. Salah satu penyebab pertambahan luas lahan kritis ini adalah sering terjadinya kebakaran hutan (Harahap, 2006: 1). Data terbaru dari Mulyani juga masih menunjukkan bahwa lahan alang-alang terdapat begitu luas di Sumatra, Kalimantan, dan berbagai wilayah lainnya di Indonesia. Berikut ini data rincinya.

  1. Kematian tanaman muda. Hal ini disebabkan karena alang-alang mampu mengeluarkan zat allelopaty. Selain mematikan tanaman muda, zat tersebut juga bisa mengurangi dan menghambat pertumbuhan tanaman.
  2. Memperlambat awal produksi dari tanaman tahunan dan mengurangi hasil panen tanaman pertanian.
  3. Kehilangan tanaman akibat kebakaran. Sebab alang-alang merupakan tanaman yang rentan terbakar.
  4. Peningkatan serangan penyakit pada tanaman karena kondisi tanaman yang kurang sehat
  5. Menurunkan kualitas hasil panen. Bukan hanya kuantitas panen yang berkurang, kualitasnya pun menurun.
  6. Peningkatan stres tanaman pada musim kering
  7. Mengurangi manfaat pemberian pupuk, sebab akan diserap banyak oleh tanaman alang-alang

Kerajinan Alang-alang, Solusi yang Ekonomis

Mengatasi alang-alang bukanlah yang mudah. Apalagi, acapkali lahan alang-alang muncul dari area yang mengalami pembalakan liar. Deforstasi di Kalimantan, misalnya, sering menyebabkan munculnya lahan alang-alang yang luas. Sebab setelah pembalakan terjadi, struktur humus yang menyuburukan tanaman biasanya ikut hilang, sehingga yang tertinggal adalah lapisan tanah yang tidak subur. Peneliti sendiri telah melakukan beragam cara yang dimaksudkan untuk mengatasi lahan alang-alang. Beberapa menggunakan tanaman seperti petai cina, sedangkan yang lain menerapkan metode penggilasan pada lahan alang-alang.

Salah satu cara yang sebenarnya bisa dijadikan solusi yang menarik adalah pemakaian alang-alang untuk digunakan sebagai material kerajinan. Meskipun tak biasa, ternyata beberapa orang sudah membuktikan bahwa tanaman tersebut sangat bisa digunakan untuk membuat beragam jenis craft atau kerajinan. Misalnya saja kerajinan alang-alang dalam bentuk topi, tas, dekorasi, dan berbagai craft menarik lainnya. Rumah produksi Kandri Ethnic, misalnya. Nama rumah produksi tersebut mencuat sebab ia menggunakan material yang sangat jarang dipakai orang. Bahkan kebanyakan orang menganggap bahwa bahan seperti alang-alang tidak akan bisa digunakan untuk membuat benda seni. Tapi kenyataannya, berbagai produk kerajinan mampu diciptakan oleh rumah produksi tersebut.
Solusi menghadirkan kerajinan alang-alang ini juga memberikan keuntungan dari bidang ekonomi. Hal ini krusial untuk diperhatikan, sebab effort atau usaha untuk menghilangkan alang-alang secara keseluruhan bukanlah sebuah tugas yang ringan. Ada banyak tenaga dan biaya yang harus dikeluarkan untuk mengatasi alang-alang. Bila bahan alang-alang itu pada akhirnya bisa dijual dan kemudian diolah menjadi produk yang bermanfaat, tentunya ada imbas positif yang bisa dirasakan dari segi ekonomi. Setidaknya, masyarakat bisa menikmati imbas tersebut bila mereka mau mengambil peluang untuk turut serta menggeluti bidang pembuatan kerajinan alang-alang.

Jangan Lupa Gunakan Ultra Phaethon

Membuat kerajinan alang-alang memang solusi yang sangat menarik untuk digeluti. Proses pembuatan kerajinan dari bahan alang-alang sendiripun tidak sesulit yang orang sering kira. Secara umum proses pembuatannya hampir sama dengan proses pembuatan craft dari bahan lain di luar alang-alang.

Hanya saja, untuk memastikan produk kerajinan alang-alang yang dibuat tersebut memiliki kualitas yang baik, tentu proses produksi harus dikendalikan dengan baik. Salah satunya, dengan memastikan lem yang dipakai pada pembuatan kerajinan alang adalah lem yang bagus. Pilih lem yang ideal untuk kerajinan. Misalnya bisa merekatkan dengan kuat, tidak menyebabkan glue line, hingga lebih hemat digunakan.

jual lem untuk wallpaper

Lem yang kami sarankan untuk pembuatan kerajinan alang-alang adalah Ultra Phethon. PVAc water based glue Ultra Phaethon merupakan lem yang sangat ideal digunakan. Lem ini sangat kuat, mudah digunakan, tidak mudah rusak, tidak menyebabkan glue line, dan tidak tebal. Selain itu, adhesive ini juga sangat hemat harganya

Segera Pesan Ultra Phaethon!

Segera pesan Ultra Phaethon sekarang juga! Lem Ultra Phaethon merupakan adhesive yang sangat cocok digunakan untuk berbagai kerajinan, sebagaimana disebut di atas. Sekarang, lem ini juga semakin mudah didapatkan. Anda bisa membelinya dengan sederhana via kontak Customer Service yang kami cantumkan pada website ini. Selain itu, Anda juga bisa melakukan pembelian di berbagai marketplace langganan Anda. Masukkan saja kata kunci produk Ultra Phaethon pada box pencarian yang tersedia. Anda pun bisa segera melakukan pemesanan untuk produk tersebut. Kami pun akan segera memroses pesanan Anda setelah ada bukti pembayaran.

Kesimpulan

Alang-alang merupakan suatu fenomena tersendiri. Tumbuhan ini dalam jumlah banyak akan menimbulkan fenomena lahan alang-alang yang sangat berbahaya. Bukan hanya bisa menyebabkan kebakaran, lahan alang-alang juga bisa merusak perekonomian. Karenanya, kehadiran usaha kerajinan alang-alang jelas patut diapresiasi. Usaha kerajinan ini mampu menyerap material yang tadinya dianggap tak berharga menjadi punya nilai ekonomis. Yang pasti, jangan lupa untuk menggunakan lem Ultra Phaethon pada berbagai produk craft alang-alang Anda.
Semoga bermanfaat. Nantikan terus artikel selanjutnya mengenai industri kerajinan dan aneka tutorialnya.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here