Jadikan Miniatur Kayu Menarik dengan Lem Kayu Konstruksi yang Baik

1167
finger joint meja kecil

Keindahan dan keunikan beragam produk miniatur buatan Anda akan semakin menarik bila dilem dengan lem kayu konstruksi yang baik. Ketahanannya pun akan lebih lama sehingga menjadi poin plus tersendiri.

miniatur truk

Adhesive atau lem merupakan salah satu bahan yang biasa digunakan dalam pembuatan produk-produk miniatur. Misalnya saja miniature alat musik, kendaraan, figure tertentu, dan berbagai macam lainnya. Beberapa miniatur tipe pahatan memang jarang memanfaatkan adhesive, namun untuk produk yang dihasilkan dari penyatuan berbagai komponen, penggunaan lem harus dipenuhi.

Sayangnya, kebutuhan krusial adhesive ini sering tidak begitu dianggap penting oleh beberapa pengrajin. Kerap yang menjadi fokus mereka hanya desain dan cat yang akan diaplikasikan. Padahal, fungsi lem sangat fundamental. Belum lagi bila miniatur tersebut hendak dijual ke luar negeri. Aspek khusus seperti keamanan kandungan lem yang digunakan jelas harus jadi pertimbangan utama. Berbagai masalah yang terjadi ini seringkali bersumber dari keawaman para pengrajin.

Bila kita melihat datanya, pembuatan miniature tak jarang dilakukan dalam skala kecil menengah (UKM). Banyak yang masih baru dalam dunia pengolahan kayu masuk ke bidang ini. Akibatnya seringkali terjadi keawaman yang berdampak pada pemilihan lem yang kurang selektif.

Lem Kayu Konstruksi untuk Miniatur?

Tipe lem yang kami rekomendasikan untuk keperluan ini adalah lem bertipe konstruksi. Tipe lem ini biasa diaplikasikan pada berbagai sambungan kayu. Misalnya pada mebel dan sambungan bahan bangunan.

Pada dasarnya, perekatan untuk miniatur tidak memerlukan kekuatan tinggi pada beban yang berat. Namun demikian, bukan berarti kita lantas membeli adhesive yang daya rekatnya kurang baik. Ketahanan juga perlu diperhatikan. Pilihlah lem yang tahan lama dan tahan terhadap berbagai faktor perusak. Anda tak perlu memilih lem yang tahan cuaca seperti lem untuk decking kayu. Cukup pilih saja lem dengan ketahanan yang sesuai seperti lem kayu konstruksi indoor Crossbond X3.

Nah, dengan cara-cara pemilihan yang selektif seperti ini, tentu saja miniatur Anda akan tampak lebih menarik, kuat, dan tahan lama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here