Finger Joint Lebih Baik dengan Lem Kayu untuk Finger Joint yang Bagus

684
finger joint

Agar aplikasi finger joint berjalan baik, maka diperlukan lem kayu untuk finger yang bagus. Namun apa kriteria “yang bagus” tersebut? Salah satu poin kualitas lem yang harus Anda perhatikan untuk sambungan ini adalah dampaknya pada estetika. Hindari membeli lem yang bisa menyebabkan glue line.

Simak Ulang Kelebihan dan Kekurangan Finger Joint

Finger joint, sebagaimana telah kita bahas pada artikel sebelumnya merupakan salah satu sambungan yang paling banyak digunakan. Dalam aplikasinya, sambungan ini memiliki berbagai kelebihan yang menarik. Kelebihan utama finger joint adalah kekuatannya yang baik. Sebab, dengan permukaan persatuan kayu yang lebih luas, area kedua lem menyatu menjadi semakin baik. Finger joint juga relatif mudah diaplikasikan meskipun menuntut tingkat presisi yang tepat.

finger joint perlu lem kayu untuk finger joint yang bagus

Meskipun memiliki berbagai kelebihan, namun finger joint juga tak lepas dari kekurangannya. Bila kekuatan menjadi salah satu kelebihan sambungan ini, estetika kerap menjadi permasalahan bagi beberapa orang. Pada finger joint, garis sambungan kayu sangat terlihat jelas. Tampilan ini bagi sebagian orang dianggap menarik, namun bagi yang lain dianggap kurang menarik.

Lem Kayu untuk Finger Joint yang Bagus Bukan Hanya Kuat

Lem merupakan salah satu faktor utama keberhasilan dan kualitas penyambungan finger joint. Agar sambungan ini berhasil diterapkan, perlu penerapan lem dengan kualitas yang baik. Di pasaran sendiri, sudah banyak lem yang bisa dipilih. Namun, ingatlah untuk memilih adhesive sesuai karakter finger joint.

Kekuatan lem perlu diperhatikan sebagai salah satu yang utama. Sebab hal inilah yang menyokong fungsi pengeleman utama. Namun, jangan memilih lem yang hanya kuat saja. Telah disebutkan di atas, bagaimana garis sambungan finger joint kadang dipermasalahkan. Agar garis tak makin nampak, hindarilah lem yang bisa menyebabkan glue line.

Glue line atau garis lem timbul akibat warna adhesive yang tak transparan atau sesuai warna cat dan kayunya. Garis lem akan menyebabkan rancangan warna desain produk terganggu sehingga secara umum menimbulkan kerugian. Apalagi pada produk yang disambung dengan finger joint namun ingin disamarkan. Penggunaan lem kayu untuk finger joint yang bagus harus dipilih yang benar-benar tak sebabkan glue line.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here