Rekomendasi Kayu untuk Finger Joint dan Lem Kayu untuk Finger Joint Terbaik

592
Balsa

Setiap wood joinery memiliki karakteristik masing-masing. Hal inilah yang menyebabkan pemilihan kayu berbeda-beda untuk tiap sambungan kayu. Pada artikel ini, akan dibahas mengenai kayu yang memiliki performa optimal untuk wood joinery finger joint dan lem kayu untuk finger joint terbaik yang dapat digunakan.

finger joint (4)

Jati

Siapa tak kenal jati? Kayu jati merupakan kayu dengan fungsi universal karena hampir bisa digunakan untuk seluruh kebutuhan woodworking. Jati bisa disambung dengan berbagai wood joinery, termasuk di antaranya ialah finger joint.

Mahogani

Kayu mahogani memiliki kualitas di bawah jati. Meski demikian, kayu ini termasuk salah satu kayu paling disukai di pasaran. Dan sama seperti jati, mahoni juga bagus ketika diterapkan dengan finger joint.

mahoni

Pinus

Pinus termasuk jenis kayu lunak di mana sambungan finger joint bisa optimal diterapkan. Pinus mudah diolah dan secara umum memiliki estetika yang menarik dengan warna terang dan tampilannya yang khas.

Eboni

Kayu hitam eboni juga merupakan salah satu kayu yang ketika didesain dengan sambungan finger joint memiliki performa baik. Eboni sendiri merupakan salah satu kayu mahal karena kualitasnya yang di atas rata-rata. Bukan hanya kuat, eboni pun memiliki tampilan hitam sangat memesona.

Balsa

Balsa banyak digunakan sebagai material air modeling. Namun tak jarang kayu ini juga digunakan untuk pembuatan beragam jenis furniture. Aplikasi finger joint merupakan salah satu pilihan wood joinery tepat untuk kayu ini.

Balsa

Tentu saja selain kelima kayu di atas, masih banyak contoh kayu lainnya yang optimal ketika didesain dengan wood joinery ini. Misalnya saja kayu cedar, kayu kenari atau walnut, kayu maple, dan sebagainya. Sebenarnya, yang harus Anda pertimbangkan adalah karakter kayu tersebut (misal sulit-tidaknya dipotong hingga faktor kembang susut).

Selain itu, yang tak boleh diabaikan adalah jenis adhesive yang digunakan. Untuk perekatan finger joint yang baik, Crossbond merupakan jenis adhesive yang sangat dianjurkan.

lem kayu untuk finger joint terbaik

Lem kayu untuk finger joint terbaik Crossbond telah didesain sedemikian rupa sehingga cocok untuk sambungan tersebut. Secara umum, Crossbond memiliki kualitas kekuatan yang baik, keamanan tingkat tinggi, hingga daya tahan luar biasa.

Namun, harap ingat untuk mengaplikasikan lem kayu untuk finger joint ini dengan tepat. Aplikasikanlah lem dalam jumlah cukup dan gunakan clamp press setelahnya. Dengan demikian, lem kayu untuk finger joint Crossbond bisa memberikan performa terbaiknya!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here