Prospektifkah Bisnis Kerajinan Sabut Kelapa?

1405

Dari sabut kelapa bisa untung ratusan juta hingga milyaran rupiah? Kenapa tidak? Yuk kenali apa itu sabut kelapa, produk yang bisa dihasilkan, dan prospek bisnis kerajinan sabut kelapa ini di hari depan.
Mulai Bisnis Anda dari Bahan yang Tak Terduga!

Beberapa di antara kita mungkin ingin menjalankan sebuah usaha sendiri. Akan tetapi berbagai kendala kerap menghadapi. Masalah modal misalnya. Selain itu, tak jarang juga bahkan di antara kita masih bingung apa produk yang akan dibuat. Padahal sebenarnya, ada sangat banyak cara untuk memulai usaha dan bahan yang siap digunakan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan benda-benda yang mungkin tak terduga yang akan dimanfaatkan orang. Benda tak terduga? Betul. Misalnya saja benda-benda yang dianggap sampah dan tak bisa digunakan lagi.

Dengan bahan-bahan tak terduga ini, produk kita akan memiliki nilai jual lebih tinggi. Misalnya saja usaha pembuatan suvenir yang terbuat dari kertas bekas atau pembuatan bunga hias yang terbuat dari botol plastik. Mungkin terdengar sepele, tapi branding produk seperti itu akan sangat menarik. Produk Anda akan mendapat nilai lebih terutama dari aspek keamanan. Sebagai produk recycle, Anda dapat memasarkan produk tersebut sebagai produk yang eco friendly. Selain meningkatkan nilai jual dan menambah profit untuk diraup, Anda pun telah secara nyata berkontribusi untuk menjaga bumi tetap lestari. Sangat menarik bukan? Nah, salah satu material yang sangat potensial untuk diolah adalah coconut coir alias sabut buah kelapa.

Mengenal Sabut Kelapa

Sabut kelapa mungkin memang produk yang telah dikenal secara jamak di Indonesia. Akan tetapi, tak banyak yang mengenalnya sebagai bahan multifungsi. Kebanyakan di antara kita hanya mengenalnya sebagai material untuk membuat keset.

Sabut sendiri sebenarnya adalah bahan yang bisa dibagi menjadi dua. Yang pertama adalah sabut dari kelapa yang sudah benar-benar matang. Sabut seperti ini memiliki warna coklat. Sifatnya kuat dan memiliki resistensi terhadap abrasi. Biasanya, sabut seperti inilah yang banyak digunakan untuk membuat keset welcome. Sabut kedua adalah sabut kelapa yang berwarna putih. Sabut seperti ini didapat pada kelapa yang belum matang. Pemanfaatannya seringkali diaplikasikan dalam bentuk tali hingga anyaman.

Coconut Coir Husk

Selain bisa dibedakan berdasarkan warnanya, sabut kelapa juga bisa dibedakan menjadi panjang seratnya. Baik sabut coklat maupun putih terbagi atas serat yang berukuran 10-30 cm dan 20 cm.

Contoh Produk Bisnis Kerajinan Sabut Kelapa

Berbagai produk dari usaha pembuatan kerajinan sabut kelapa telah tercatat begitu banyak sampai saat ini. Kita jelas tak bisa menyebutkannya satu per satu. Akan tetapi, beberapa contoh berikut ini seharusnya dapat memberikan gambaran.

Hiasan Dinding

Sabut kayu kelapa atau dalam Bahasa Inggris sering disebut sebagai coco coir bisa dengan mudah dipakai untuk hiasan atau produk dekorasi. Salah satunya adalah untuk dekorasi dinding. Sabut ini bisa dikombinasikan dengan material lain baik itu kayu, bambu, ataupun glugu dan batok kelapa.

Pot Bunga

Cocopot atau coconut pot adalah pot yang terbuat dari sabut batok kelapa. Pot seperti ini sedang trend dan disukai banyak gardener. Sebab selain lebih ramah lingkungan, cocopot juga bisa menyerap air dengan baik. Bahkan cocopot tak hanya berfungsi sebagai wadah tapi juga sebagai sumber nutrisi untuk tanaman Anda. Sebab pada sabut kelapa banyak ditemukan vitamin, mineral, dan berbagai zat lainnya yang dibutuhkan oleh tanaman.

Kesetkerajinan sabut kelapa

Keset adalah salah satu produk yang banyak dan mudah dibuat dari sabut kelapa. Kita pun dengan mudah menemukan aneka produk keset yang terbuat dari sabut kelapa. Seringkali, warnanya hanya coklat dengan tulisan Welcome. Tapi tak jarang, keset seperti ini pun hadir dengan warna-warna yang lebih variatif, pola yang lebih menarik, sekaligus tulisan yang lebih kreatif. Anda pun bisa mengembakan keset seperti ini supaya terlihat lebih menarik dengan aplikasi cat yang lebih bagus.

Fashion Item

Berbagai produk fashion item telah berhasil dibuat dari bisnis kerajinan sabut kelapa. Misalnya saja tas sabut kelapa, dompet, ikat pinggang, dan masih banyak lagi. Komponen sepatu, gelang, hingga hairpin pun tak jarang yang memanfaatkan material ini.

kerajinan sabut kelapa (8)

Alat Tidur

Perlengkapan untuk tidur ternyata juga bisa dibuat dengan bahan sabut. Misalnya saja untuk membuat isi guling, isi bantal, hingga isi kasur. Sabut dinilai cocok karena mampu memberikan permukaan yang empuk yang nyaman dipakai untuk tidur dan beristirahat.

Contoh Sukses Bisnis Kerajinan Sabut Kelapa

Telah banyak contoh sukses pengusaha Indonesia yang mendapatkan peruntungannya dengan mengembangkan usaha yang memanfaatkan bahan ini. Contohnya adalah Mahasim dan rekannya Darda. Dilansir dari Kompas.com (17/12/2013), kedua sahabat tersebut mampu meraup omset hingga ratusan juta berkat bisnis kerajinan sabut kelapa yang dijalankannya. Mulanya, keduanya hanya mengeluarkan modal Rp 100.000 untuk membeli bahan dasar. Produk awal yang dibuat berupa keset dengan beragam ukuran. Berikutnya, Mahasim dan Darda juga membuat aneka kerajinan seperti tas, topi, sandal, pot, coconet, guling, bantal, hingga kasur. Kini pun, mereka mampu membuat cocopot, yakni pot yang terbuat dari sabut kelapa yang memang sedang digemari dibanding pot dari plastik.

Bagaimana prospek bisnis kerajinan sabut kelapa ini untuk ke depannya? Berkaca dari pengalaman Mahasim dan Darda, jelas prospek bisnis ini sangat bagus dan masih akan bagus hingga di kemudian hari. Pasalnya, permintaan akan produk berbahan dasar coir masih begitu tinggi. Kedua pengusaha yang jadi percontohan ini bahkan sering menolak permintaan pelanggan karena tingginya jumlah yang harus dibuat. Bahkan datangnya permintaan tak hanya dari Indonesia, tapi juga dari mancanegara. Luar biasa bukan?

Gunakan Ultra Phaethon untuk Bisnis Kerajinan Sabut Kelapa Anda!

Sebagai uasaha untuk mendukung para pengusaha pemula atau pengusaha lama Indonesia mengembangkan bisnisnya, kami memproduksi lem untuk serat alam, Ultra Phaethon. Ultra Phaethon pada dasarnya adalah PVAc adhesive dengan inner cross linker yang sangat kuat, mudah digunakan, tak menyebabkan warna, tak menyebabkan lapisan film lem yang tebal, dan cepat kering.

Sebagai lem untuk kerajinan dari sabut kelapa, Ultra Phaethon bisa digunakan sebagai:

1. Perekat untuk menyambungkan komponen kerajinan
2. Perekat untuk memperkuat atau memperkokoh produk kerajinan

Ultra Phaethon juga merupakan lem yang sangat aman untuk dgunakan. Lem eco friendly ini pun akan membantu Anda untuk mewujudkan ekspor produk ke negara-negara di mana regulasi mengenai bahan kimianya demikian ketat.

jual lem untuk wallpaper

Sangat menarik bukan? Yuk dapatkan Ultra Phaethon untuk bisnis kerajinan sabut kelapa Anda. Segera hubungi kami via nomor CS yang tertera di website ini. Anda bisa segera memesan Ultra Phaethon atau meminta terlebih dahulu informasi mengenai adhesive tersebut.

Semoga bermanfaat!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here