Ini Dia Lem untuk Serat Alam Aneka Jenis Berkualitas dengan Harga Terjangkau

2040
kerajinan serat coir kelapa
kerajinan serat coir

Ultra Phaethon selain dapat digunakan untuk berbagai jenis craft berbasis kertas, juga bisa digunakan untuk produk-produk dengan bahan dasar serat alam. Lem untuk serat alam ini menawarkan beragam keunggulan dan bisa dipakai untuk menghasilkan produk berkualitas terbaik.

Ultra Phaethon merupakan lem berbasis PVAc atau polyvinyl acetate dengan pelarut air. Adhesive ini didukung dengan inner cross linker yang membuatnya sangat kuat digunakan karena mampu membentuk ikatan rangkap ganda. Meskipun menggunakan pelarut air, Ultra Phaethon justru sangat resisten terhadap kelembaban hingga paparan air secara langsung. Adhesive ini dapat digunakan untuk berbagai jenis serat alam mulai dari kapas hingga woll. Anda bisa menggunakan adhesive ini dengan optimal utamanya untuk serat-serat berbasis selulosa.

ULTRA-PHAETHON Lem untuk Serat Alam Aneka Jenis

Apa itu Serat Alam?

Serat alam atau natural fiber bisa diartikan sebagai serat yang diperoleh secara langsung dari alam. Serat alam sering digunakan untuk membuat benang hingga kain. Dari jenis kandungannya, serat alam bisa digunakan menjadi tiga, yakni serat selulosa, serat protein, dan serat mineral.

Ultra Phaethon sebagai lem untuk serat alam bisa Anda andalkan untuk:

Serat Kapas

tas katun decoupage
tas katun decoupage

Serat kapas merupakan serat yang sering dikenal sebagai kain katun. Serat ini mudah diperoleh dengan harga yang terjangkau. Secara umum, katun nyaman digunakan dan banyak dimanfaatkan untuk industri tekstil. Serat ini sering digunakan untuk pembuatan pakaian hingga tas-tas suvenir. Sering, katun juga dicampur dengan rayon, polyester, hingga spandeks.

Serat Flax (Linen)

Serat flax atau linen merupakan natural fiber dengan harga paling mahal yang dihasilkan dari pengolahan batang tanaman Linum Usitatissium. Serat ini merupakan salah satu serat yang dimanfaatkan sebagai bahan kain pertama kali. Sejarah mencatat, penggunaan linen untuk bahan kain telah dimulai sejak 500 hingga 1000 tahun sebelum masehi. Di Mesir, bahan ini digunakan untuk pembungkus mumi.

Dari segi karakteristiknya, linen memiliki fleksibilitas paling rendah namun rigiditas paling baik. Akibatnya serat ini mudah mengkerut dan terlihat kusut. Karenanya penggunaannya harus dilakukan dengan hati-hati. Sedangkan dalam pemanfaatannya, linen banyak dipakai untuk pakaian, jala, pipa, hingga campuran dengan kapas.

Serat Henep

Serat henep merupakan fiber yang berasal dari Cannabis sativa. Berdasarkan catatan sejarah, serat ini telah lama digunakan di Asia serta Timur Tengah. Karakteristik henep terletak pada warnanya yang terang berkilau dengan aksen abu-abu pusat kekuningan.

Saat ini, henep banyak dihasilkan Rusia dan Italia. Meski dinilai bermanfaat, namun karena sifatnya yang bisa menghasilkan mariuana, tanaman penghasil henep kerap dilarang.

Serat Rami

Serat rami berasal dari tanaman Boehmeria Nivea. Rami sudah sangat lama dipakai sejak 5000-3300 sebelum masehi di daerah China, Taiwan, hingga Jepang. Kini, rami sering digunakan untuk membuat jala, kanvas, dan tali-temali. Di Jepang, rami bahkan menjadi bahan penting dalam pembuatan kimono.

Serat Jute

Jute merupakan serat yang diperoleh dari Corchorus capsularis dan Corchorus olitorius. Jute telah lama digunakan di mesir dan memang berasal dari tanaman yang tumbuh di benua Afrika. Kini, penanaman jute telah berkembang hingga ke Asia, utamanya India serta Pakistan.

serat jute
serat jute

Dari karakteristiknya, jute sedikit banyak mirip linen dengan elastisitas rendah namun cukup kuat. Adapun, penggunaannya kerap diaplikasikan untuk bahan pembuatan karung, pembungkus, tekstil pelapis permadani, isolaso, tali, terpal, dan bahan atap.

Serat Rosela (Java Jute)

Rosela merupakan varian jute yang berasal dari tanaman Hibiscus Sabdariffa. Sebagaimana namanya, java jute bisa ditemukan di Indonesia khususnya Jawa Tengah dan Jawa Timur. Namun sebenarnya, tanaman penghasil serat ini juga ditemukan di India, Bangladesh, dan Filipina. Serat ini sering digunakan untuk pembuatan tali hingga kerajinan dan kerannya sebagaimana serat alam lainnya membutuhkan lem untuk serat alam yang bagus Ultra Phaethon.

Serat Kenaf

Serat kenaf merupakan serat dari Hibiscus Cannabinus. Serat ini banyak dipakai untuk industri pembuatan pembungkus, karung, tali, dan sebagainya. Mutu serat ini di bawah jute, namun secara umum lebih murah. Kelebihan lain kenaf adalah tingkat pertumbuhan dan produksinya yang tinggi sehingga bisa dijadikan cadangan serat selulosa dunia.

Serat Sunn

Serat sunn adalah serat dari tanaman Crotalaria Juncea. Serat ini berasal dari Pakistan dan India dan banyak digunakan untuk tali, jala, hingga karung. Serat ini memiliki warna muda dan cenderung berkilau.

Serat Enceng Gondok

tas eceng gondok bagus

Eceng gondok juga bisa menghasilkan seratnya tersendiri. Serat dari gulma ini pun sudah sangat banyak dimanfaatkan. Misalnya saja untuk membuat tas, ikat pinggang, dan berbagai jenis kerajinan tangan lainnya. Dalam pembuatan tas hingga ikat pinggang ini, Anda selalu bisa mengandalkan Ultra Phaethon sebagai lem untuk serat alam yang berkualitas.

 

Serat Urena

Urena merupakan serat dari spesies Urena Lobata. Negara yang menghasilkan serat ini antara lain Brazil dan Madagaskar. Karakter khas serat ini terletak pada warnanya yang putih agak krem, berkilau, halus, lembut, serta fleksibel.

Serat Abaka

Serat abaka adalah jenis natural fiber yang berasal dari daun tumbuhan Musa Textilis. Serat ini memiliki karakter khas dari kekuatannya yang baik dan resistensinya terhadap air laut. Abaka banyak digunakan untuk pembuatan tikar, tali kapal, karet, hingga kertas manila.

Sisa

Sisal adalah natural fiber yang diperoleh dari tanaman asal Meksiko, Agavensi Salana. Serat ini memiliki kekuatan yang baik dari aspek keawetan hingga keelastisannya. Biasanya, sisal digunakan untuk pembuatan kertas, karpet, hingga penguat bahan composite industri otomotif.

Serat Nanas

kerajinan serat nanas
kerajinan serat nanas

Serat nanas adalah serat yang berasal dari buah tanaman nanas. Serat ini memiliki sifat kuat, halus, dan mirip sutera. Serat ini sering dipakai untuk wall paper, serat bahan baku kertas (pulp), bahan composite roofing, hingga untuk tissue dan filter rokok.

Serat Henequea

Henequea merupakan serat dari Agave Fourcroydes. Henequea memiliki warna putih berkilau serta sifat serupa serat sisal. Natural fiber ini dalam pemanfaatannya kerap diaplikasikan untuk pembuatan tali temali serta kemasan.

Serat Goni

Serat goni adalah salah satu bahan serat dengan harga paling murah. Serat ini memiliki resistensi rendah dan kurang kuat. Warna serat pun tak bisa diputihkan dengan baik, sehingga pemanfaatannya biasanya terbatas untuk benang pengikat karpet, kain kasar, kantong berat, dan sejenisnya.

 

Serat Lidah Mertua

Serat lidah mertua adalah serat alam dari daun Sansivera trifasciata. Serat memiliki karakter khas dari sifatnya yang mengkilap, kuat, elastic serta tidak rusak oleh air. Dengan sifatnya tersebut, serat lidah mertua banyak digunakan untuk pembuatan pakaian.

 

Serat Serabut Kelapa

kerajinan serat coir kelapa
kerajinan serat coir

Serat sabut kelapa atau coir fiber merupakan serat dengan warna kuning kecoklatan dan merah kecoklatan. Sebagaimana namanya, serat ini berasal dari tanaman kelapa. Serat ini tidak mudah terbakar, termasuk biodegradable, dan mudah dibersihkan

Serat Kapuk

Serat kapuk adalah serat dari biji tanaman Ceiba Pentandra yang tumbuh di Jawa dan Sumatra (Indonesia), Meksiko, Afrika, Amerika Tengah hingga kepulauan Karibia, dan Amerika Selatan bagian Utara. Serat ini memiliki warna kecoklatan dan banyak digunakan untuk pembuatan bantal dan kasur. Selain itu, karena serat ini sangat rapuh, pemanfaatannya menjadi sangat terbatas.

Andalkan Selalu Lem untuk Serat Ultra Phaethon

Tentu saja tidak semua pemanfaatan serat alam di atas selalu membutuhkan lem. Hanya saja, untuk kebutuhan perekatan berbagai material di atas, Ultra Phaethon adalah jawaban yang terbaik. Biasanya, Ultra Phaethon dimanfaatkan untuk pengolahan bahan serat alam menjadi produk seperti kerajinan, fashion item (tas hingga sepatu), decoupage, dan berbagai kebutuhan serupa lainnya.

ULTRA-PHAETHON

Demikian aneka jenis serat dan lem untuk serat yang bagus digunakan. Bagi Anda yang tertarik mendapatkan lem untuk serat alam Ultra Phaethon, segera hubungi kontak Customer Service kami.

Semoga bermanfaat!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here