Usaha Apa ya? 7 Inspirasi UKM Bersama Ultra Phaethon

691
kerajinan rotan

Sedang ingin membangun usaha tapi masih bertanya-tanya dengan pertanyaan klasik “usaha apa ya?” Simak 7 inspirasi UKM modal kecil ini bersama lem andalan kami, Ultra Phaethon.

Memiliki usaha sendiri merupakan sebuah passion untuk sebagian di antara kita. Dengan membangun usaha sendiri, kehidupan menjadi terasa lebih dinamis sekaligus penuh semangat. Gairah akan usaha ini pun bila sukses dilakukan dengan penerapan strategi yang tepat bisa berujung pada keuntungan finansial yang besar. Tapi sayangnya, membangun usaha sendiri memang tidak mudah. Apalagi ketika modal kita sangat kecil. Dan belum lagi bila kita sendiri masih tidak tahu usaha apa yang hendak dilakukan. Berpikir kesana-kemari, dan kita masih saja terus bertanya, “usaha apa ya?”

Padahal, sebetulnya ada sangat banyak jenis usaha yang bisa kita kembangkan. Bersama Ultra Phaethon yang merupakan lem mitra berbagai industri kerajinan atau crafting, Anda bisa menghasilkan aneka kreasi yang unik nan menarik. Tak hanya untuk pasar lokal, bukan tak mungkin usaha Anda tersebut pun bisa merasuk hingga pasar dunia. Tertarik? Simak contoh berbagai usaha di bawah ini.

7 Inspirasi UKM yang Tak Akan Membuat Anda Bingung untuk Bertanya Usaha Apa ya

Kerajinan Kertas

Ultra Phaethon merupakan lem kertas dan kerajinan yang sangat serbaguna. Berbekal lem ini yang harganya hanya Rp. 48.000,- dan beberapa lembar kertas, Anda sudah bisa menghasilkan aneka paper craft super cantik yang punya daya jual tinggi. Misalnya saja, kartu ucapan pop up. Kartu ucapan pop up berbeda dari kartu ucapan biasa. Kartu ucapan ini memiliki gambar timbul yang bisa menjadi surprise ketika kartu itu dibuka. Jadi, kenapa tak mencoba menjualnya? Pasar kartu ini banyak, lho. Misalnya saja anak-anak remaja yang masih sering bertukar kartu ucapan, atau pasangan yang ingin memberikan selamat pada mereka yang terkasih. Selain itu, ada pula berbagai aneka bisnis crafting kertas yang lain. Misalnya saja, pembuatan bunga kertas sampai miniatur benda dari bubur kertas.

Baca juga : Bagaimana cara membuat tempat pensil dari bambu

Decoupage

tempat decoupage

Sebagian dari Anda mungkin bertanya-tanya mengenai usaha apa ya yang belum biasa di Indonesia? Bila Anda menanyakan ini, Anda bisa mencoba decoupage. Decoupage sudah sering kami bahas di lemkertas.com. Ada banyak sekali tutorial yang bisa Anda ikuti dengan hasil luar biasa cantik. Search saja artikel kami untuk kategori tersebut. Untuk penjelasan sekilasnya, decoupage adalah kerajinan “tempel lalu lapisi.” Maksudnya, kita menempelkan gambar pada media yang akan dihias. Gambar tersebut harus bagus dan dari bahan yang warnanya tidak mudah luntur. Gunakan Ultra Phaethon, lalu tunggu sampai kering. Setelah kering, aplikasikan cat bening atau celar varnish. Gambar yang ditempel pun akan tampak seolah-olah menyatu dengan produk. Bila Anda terampil, gambar akan nampak seperti lukisan yang dihasilkan oleh pelukis profesional. Decoupage sendiri bisa diaplikasikan di berbagai produk mulai dari kayu sampai kain.

Jilid Buku

jilid buku

Anda tak suka dengan bisnis crafting? Memang, tak semua orang punya passion dengan kerajinan. Nah, bagi Anda yang tak mau berjibaku dengan produk kerajinan, daripada bingung mengenai usaha apa ya, lebih baik mencoba jasa penjilidan buku. Lem kami, Ultra Phaethon merupakan lem jilid buku terbaik. Lem ini sudah digunakan banyak jasa penjilidan di berbagai usaha dekat kampus. Ultra Phaethon disukai karena kualitas rekatnya yang sangat baik, tidak tebal, dan tidak merusak warna sebagaimana lem yang lain. Jilid buku Anda pun akan laris dan bisa menghasilkan keuntungan yang jauh lebih tinggi.

Bros Kain

cara membuat bros 4

Suka dengan pernak-pernik untuk fashion? Jangan lagi bertanya dengan nada bingung ala ungkapan usaha apa ya. Cobalah untuk membuat bros dari kain. Bros dari kain merupakan produk yang potensi larisnya besar. Sebab pasar yang menyerapnya pun besar. Bros ini akan dicari anak sekolahan, anak kuliah, sampai wanita karir yang sudah mandiri. Bros juga bisa dikenakan untuk berbagai fashion item dan gaya, mulai dari yang berjilbab sampai yang tidak berjilbab. Lem Ultra Phaethon sudah tentu akan membantu Anda menghasilkan bros kain dengan kualitas yang bagus. Lem ini sangat kuat dan tahan lama. Jadi Anda tak perlu khawatir mengalami masalah bros yang bagiannya mudah lepas ketika Anda menggunakan adhesive super kuat ini.

Tempat Pensil Unik

Ingin menghasilkan produk sekolah? Kenapa tak coba membuat tempat pensil unik? Ada beragam tipe tempat pensil yang bisa dibuat. Anda tak perlu bingung mau melakukan usaha apa ya. Anda bisa membuat tempat pensil yang terbuat dari bambu, silinder tissue yang dipercantik dengan ranting, sampai tempat pensil dari stik es krim. Bebaskan saja daya imajinasi Anda untuk menghasilkan ragam produk yang menarik tersebut. Yang jelas, usahakan bahwa tempat pensil Anda memiliki visual yang disukai oleh target pasarnya. Jadi tempat pensil Anda akan lebih laris manis. Keuntungan yang bisa Anda perolah pun akan menjadi jauh lebih besar.

Hiasan Dinding Matahari

kerajinan hiasan matahari

Sudah memasuki poin keenam dan Anda masi bingung dengan usaha apa ya yang harus dilakukan? Bila Anda masih merasa tak sreg dengan kelima ide di atas, Anda bisa mencoba membuat hiasan dinding. Hiasan dinding bisa dibuat dari bahan yang sederhana tetapi hasilnya sungguh berkelas. Misalnya saja, hiasan dinding matahari yang dibuat dari tripleks dan beberapa potongan cabang, cermin, kayu kecil, atau bambu. Caranya sangat mudah karena cabang atau bambu tersebut hanya perlu direkatkan pada papan kayu yang sudah dipotong membulat. Selanjutnya, papan lain ditangkupkan di atas sambungan papan dan potongan kayu terkait. Anda pun tinggal menempelkan cermin lalu memakunya di dinding atau memberinya tambahan gantungan. Hiasan dinding dari potongan kayu dan cermin ini bisa Anda jual ke target pasar yang lebih besar seperti hotel, resort, hingga kafe. Bukankah ini hal yang sangat menarik?

Aneka Produk Anyaman Serat Alam

Tips terakhir ini cocok bagi Anda yang tinggal di area yang memiliki produksi serat alam tinggi. Misalnya, di sekitar tempat tinggal Anda banyak terdapat daun pandan hingga eceng gondok. Berdayakan saja tanaman tersebut untuk kemudian diproses dan bisa menghasilkan serat alam yang potensial untuk diolah lebih lanjut. Misalnya, digunakan untuk membuat dompet, tas, keranjang buah, tikar, topi, hingga ikat pinggang. Jangan salah. Meskipun kelihatannya sepele, pada kenyataannya berbagai produk serat alam Indonesia telah melalang buana ke berbagai negara lho. Keuntungannya jelas sangat besar.

Nah, itulah berbagai jenis usaha yang akan menjawab kebingungan Anda mengenai pertanyaan semacam usaha apa ya yang harus dilakukan. Pilih saja salah satunya, dan segera terapkan strategi yang tepat. Jangan lupa gunakan Ultra Phaethon, lem mitra bisnis crafting yang terpercaya sejak dulu.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here