Tips Maksimalkan Meja Ruang Tamu Minimalis agar Lebih Menawan

553
ruang tamu minimalis

Style minimalis pada meja ruang tamu mampu menyulap sebuah ruangan menjadi luar biasa. Tetapi Anda harus ingat, bahwa membeli meja ruang tamu minimalis saja tidak cukup. Agar ruang tamu benar-benar menawan dengan style tersebut, diperlukan kiat-kiat tersendiri.

Langkah 1: Pahami Pengertian dan Ciri Desain Minimalis

Untuk menciptakan sebuah ruangan dengan gaya minimalis jelas tidak mudah. Malah, sebetulnya hal ini adalah pekerjaan yang membutuhkan keterampilan profesional. Tapi, karena jasa-jasa seperti itu tidak murah, kita bisa mengusahakannya sendiri. Hal utama yang harus diperhatikan jelas pemahaman kita mengenai gaya minimalis. Seperti dijelaskan di atas, membeli meja ruang tamu minimalis saja tidak cukup untuk menghasilkan ruang tamu minimalis. Elemen lain dalam ruangan tersebut juga harus bersifat komplementer atau melengkapi satu sama lain untuk mewujudkan style yang diinginkan.

Tapi, apa sebetulnya style minimalis itu, ya? Ada di antara kita yang akan menjawab bahwa style ini adalah style yang sederhana. Di sisi lain, mungkin Anda juga langsung teringat dengan rumah-rumah kekinian yang sering disebut bergaya minimalis.

Sejatinya, minimalis adalah sebuah style khusus yang berkembang pasca perang dunia kedua. Jadi, style ini bukan gaya “anak baru”. Beberapa kalangan menyebut gaya minimalis adalah gaya yang mengambil elemen reduksionis dari gaya modern. Makanya kedua gaya ini sering dianggap mirip satu sama lain.

Beberapa ciri khas desain minimalis sendiri adalah:

  1. Reduktifis. Makin sedikit dan “mendasar” elemen, maka makin baik.
  2. Tone warna netral cenderung monokromatis. Warna yang diterapkan tidak boleh dari jenis bright color atau warna cerah.
  3. Effortless beauty. Keindahannya hadir dalam kesederhanaan, tanpa elemen tambahan.
  4. The less is more, artinya makin sedikit dan mendasar elemen, maka makin terlihat baik.
  5. Tanpa dekorasi yang mendetil dan pola rumit
  6. Warna solid tanpa motif
  7. Semua elemen yang ada sifatnya fungsional
  8. Dekorasi dinding dibatasi
  9. Lantai dibiarkan tanpa karpet
  10. Tak perlu keberadaan taplak pada meja

Kesepuluh prinsip di atas bisa Anda pakai ketika hendak mewujudkan ruang tamu minimalis. Perhatikan baik-baik dan terapkan juga dengan baik.

Langkah II: Cari Kursi atau Sofa yang Sesuai untuk Meja Ruang Tamu Minimalis

Langkah kedua, setelah memahami apa itu gaya minimalis yang disebut di atas adalah memilih sofa atau kursi yang tepat. Sebagai pendamping utama meja minimalis yang sudah dibeli, maka sofa atau kursinya pun harus dihadirkan dengan gaya yang sama.

Bagaimana bila kursi dan sofa sudah hadir sepaket dengan mejanya? Jelas tak masalah. Tapi pastikan Anda benar-benar membeli sofa dan kursi dengan gaya minimalis, bukan modern. Perhatikanlah dari segi warna produk. Selain itu, hindari pula pemakaian dekorasi tak diperlukan pada sofa.

Langkah III: Taplak, Perlukah Digunakan?

Seperti dijelaskan di atas, sebaiknya taplak tidak perlu digunakan. Taplak sebagaimana karpet akan membawa kesan tersendiri, yakni kesan yang lebih friendly dan hangat. Memang, keduanya bukan kesan yang buruk. Akan tetapi, kehadirannya bisa mengurangi “tone” minimalisme yang ingin dibangun. Meja kayu minimalis perlu dibiarkan apa adanya dengan segala sisi keindahannya. Keberadaan taplak akan menjadi semacam elemen tambahan yang tak begitu penting. Sehingga mengurangi elemen penting minimalis, misalnya dari aspek reduktifisnya.

meja tamu minimalis

Langkah IV: Pengecatan Ulang Bila Perlu

Tips terakhir, dan bila memang diperlukan, aplikasikanlah pengecatan ulang. Salah satu ciri utama ruangan dengan gaya minimalis adalah tone warna yang netral dan bahkan cenderung monokromatis. Putih adalah warna “khas” minimalis. Kombinasinya adalah warna-warna lain yang juga punya kesan netral. Kalau ruangan Anda sudah dicat dengan cat yang cenderung soft, barangkali hal tersebut bisa ditolerir. Tapi tidak demikian bila warna cat tembok di ruangan tersebut adalah warna-warna yang cerah. Ujung-ujungnya, ruangan akan terlihat modern, bukan minimalis.

Proses pengecatan ulang tembok sendiri bukanlah hal yang sulit. Tanpa bantuan ahli, Anda bisa melakukannya saat weekend. Yang pasti gunakanlah cat yang sejenis dengan cat lama Anda. Jadi Anda tak perlu repot-repot menghapus keseluruhan cat yang sudah diaplikasikan. Anda tinggal membersihkan permukaan tembok saja untuk kemudian mengecatnya ulang dengan bahan finishing yang baru.

Dengan menerapkan keliempat tips di atas, ruang tamu Anda akan benar-benar hadir dengan desain minimalis yang menawan. Mungkin, hasilnya memang tak seapik rancangan interior designer profesional. Akan tetapi, setidaknya kita bisa menguatkan kesan-kesan minimalis yang ada. Meja ruang tamu minimalis yang dibeli pun bisa hadir dengan lebih menawan.

Bisakah Meja Ruang Tamu Minimalis Diletakkan di Ruangan Bukan Minimalis?

Sebagian dari Anda mungkin bertanya-tanya, apa meja tamu minimalis hanya boleh diletakkan di ruangan minimalis? Jawabannya sama sekali tidak. Keempat tips di atas hanya dianjurkan bagi mereka yang ingin membuat meja tamunya benar-benar maksimal menghadirkan kesan minimalis. Selain bisa diletakkan di ruangan minimalis sendiri, meja tamu dengan gaya tersebut bisa dikombinasikan untuk mewujudkan style yang lain. Misalnya saja style modern dan kontemporer. Style modern lebih fleksibel dibanding style minimalis. Sedangkan gaya kontemporer meski secara visual berbeda dengan gaya minimalis, akan tetapi bisa menerima perabot dari gaya tersebut. Tinggal dilakukan beberapa penyesuaian saja, misal dengan menambahkan hiasan pada meja.

ruang tamu kontemporer

Kami Sediakan Eva Phaethon

Bagi pengusaha mebel yang bergerak dalam produksi furniture dengan gaya ini, kami punya tips tersendiri untuk Anda. Agar harga mebel lebih terjangkau, gunakanlah kombinasi kayu olahan dengan pelapis sintetis. Untuk adhesive-nya, kami menyediakan lem khusus Eva Phaethon.

Berbasis ethylene vinyl acetate, Eva Phaethon dihadirkan manufaktur produk eco friendly, Bio Industries. Lem ini dibuat secara khusus bukan hanya untuk merekatkan dengan kuat kayu olahan dengan pelapisnya. Lebih dari itu, Eva Phaethon diproduksi dengan standar terbaru mengenai lem yang berkualitas tinggi termasuk dalam hal keamanannya. Lem ini dibuat sedemikian rupa sehingga lebih aman dibanding adhesive serupa di pasaran.

Cara Memesan Eva Phaethon

Terdapat beberapa opsi yang bisa Anda pilih untuk mendapatkan lem ini, yaitu:

Opsi pembelian online dengan menghubungi kami via website ini, atau melalui akun resmi kami di berbagai marketplace

Opsi pembelian langsung dengan cara mendatangi kantor Bio Industries ataupun agen-agennya yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

Untuk pemesanan online, Anda tingga menghubungi CS kami baik via WA, telp, ataupun email. Anda isa menanyakan berbagai informasi terkait dulu atau langsung melakukan pemesanan. Untuk pemesanannya, Anda tinggal menyebutkan nama, produk yang akan dibeli, jumlah produk yang akan dibeli, dan alamat pengiriman. Nanti, CS kami akan menuntun Anda lebih lanjut sampai proses transaksi selesai dilakukan.

Semoga bermanfaat. Gunakanlah Eva Phaethon untuk membuat meja ruang tamu minimalis yang berkualitas.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here