Manfaat Besar Lem Kayu Cepat Kering dalam Alur Produksi Mebel

552
tenon dan mortise

Kecepatan kering lem akan berdampak secara langsung pada kecepatan alur produksi mebel. Dengan kata lain, untuk meningkatkan efisienitas alur produksi tersebut tentu dibutuhkan lem kayu cepat kering.

Lem Kayu Cepat KeringAda banyak tahapan dalam alur produksi mebel. Salah satunya adalah tahap pengeleman. Proses pengeleman bisa dilakukan untuk menyambungkan antar komponen mebel maupun untuk melakukan laminasi satu bagian dengan yang lainnya. Selain masalah kualitas hasil sambungan yang diterapkan, hal lain yang perlu dibahas adalah masalah waktu tahapan tersebut dilakukan. Semakin cepat tentu akan semakin baik. Dengan demikian waktu dan tenaga bisa dihemat atau dialokasikan untuk kebutuhan lainnya.

Kecepatan tahapan ini sendiri bergantung pada beberapa faktor. Keterampilan pekerja, penggunaan mesin, hingga lem yang dipakai akan berpengaruh besar. Tingkat kecepatan kering lem bisa dibilang yang paling berpengaruh. Sebab sebaik apapun mesin yang digunakan atau seberapapun terampil pengrajin kayu, namun bila sifat lemnya lama kering, tentu waktu yang dihabiskan tetap lama.

Lem Kayu Cepat Kering Saja Tidak Cukup

Meskipun kecepatan kering lem memiliki pengaruh besar, namun dalam produksi mebel yang efisien, hal ini saja tidak cukup. Ada banyak aspek lainnya yang perlu diperhatikan. Masalah kualitas lem sangat terkait dengan efisienitas tersebut. Pasalnya, sebaik apapun lem tersebut mengering, namun bila hasilnya buruk maka yang didapatkan malah kerugian. Opsinya antara pengeleman harus diulangi atau melempar produk kurang berkualitas tersebut di pasaran. Tentu keduanya bukan pilihan menarik dan cenderung merugikan baik secara jangka pendek maupun jangka panjang.

Lem Kayu Cepat KeringLem Cepat Kering Crossbond

Dengan bekal pemahaman bahwa lem yang cepat kering saja tidak cukup, hendaknya kita bisa memilih adhesive atau lem kayu cepat kering terbaik di pasaran. Produk lem yang kami sarankan adalah Crossbond. Menggunakan bahan dasar PVAc (Crossbond X3) dan resin alifatik (Crossbond X4), keduanya didesain dengan kecepatan kering yang baik. Lem ini juga memiliki daya rekat kuat karena termodifikasi dengan inner cross linking.

Aplikasi lem ini pada proses pembuatan mebel bukan hanya akan meningkatkan efisienitas produksi yang harus dijalankan. Sebagaimana disebut di atas, Crossbond adalah lem kayu cepat kering yang juga unggul dalam berbagai aspek lainnya sehingga kerugian bisa diubah menjadi keuntungan.

Yuk, gunakan Crossbond untuk mebel berkualitas Anda!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here