Cara Cerdas Buat Meja Kursi Tamu Minimalis Bagus dan Murah

1132
meja tamu minimalis

Anda ingin membuka usaha pembuatan mebel? Mengapa tidak? Buat saja meja kursi tamu yang pasti banyak dicari orang. Supaya tidak ketinggalan trend, aplikasikanlah desain minimalisme pada mebel tersebut. Dan agar meja kursi tamu minimalis Anda lebih murah, simak tips cerdik di bawah ini.

Industri furniture telah menjadi salah satu tulang punggung ekonomi Indonesia. Berbagai produk dari perusahaan mebel dalam negeri berhasil di pasarkan di pasar internasional dengan sangat sukses. Produk mebel murah dari negara seperti Tiongkok pun tak mudah berkompetisi dengan produk mebel Indonesia. Hal ini pun berlaku di pasar lokal. Masyarakat masih percaya pada kualitas produk pengrajin Indonesia yang memang sangat terampil. Apalagi dengan kualitas bahan yang baik mulai dari kayu jati, mahoni, ebony, dan masih banyak lagi yang tak bisa disebutkan satu per satu.

Tertarik untuk berkecimpung pada usaha ini?
Banyak pembuat mebel yang memulai dari usaha kecil. Lihat saja berbagai toko mebel yang banyak terdapat di pinggir jalan. Toko mebel seperti itu biasanya menjajakan produk yang dibuat sendiri oleh penjualnya. Tempatnya memang tak sementereng IKEA. Akan tetapi belum tentu kualitasnya kalah. Bahkan sebetulnya, Anda bisa melakukan pemesanan secara khusus dengan harga yang pastinya lebih terjangkau.

Bagi yang tertarik menggeluti usaha ini, mulailah dari produk yang paling banyak dibutuhkan masyarakat. Misalnya saja membuat berbagai jenis meja dan kursi seperti meja kursi ruang tamu.

Meja Kursi Tamu

Sebagaimana namanya, meja dan kursi tamu adalah perabot yang didesain untuk digunakan dan diletakkan di ruang tamu. Fungsinya untuk menyambut tamu dan karenanya dibuat spesifik. Biasanya perabot ini dibedakan dengan meja kursi lainnya dengan beberapa karakteristik sebagai berikut:

1. Meja lebih pendek dibanding meja makan
2. Kursi biasanya dibuat untuk duduk santai
3. Aspek tampilan begitu diutamakan

Tak jarang, ada juga komponen tambahan seperti meja sudut. Fungsinya adalah untuk meletakkan hiasan seperti bunga ataupun lampu hias.

Membuat meja seperti ini akan membuat toko Anda lebih laris. Apalagi bila Anda mampu menjualnya dengan harga lebih terjangkau. Pasalnya, dari berbagai mebel lainnya, harga meja kursi tamu biasanya lebih mahal. Tapi tentu saja faktor harga tidaklah cukup. Selain harga, Anda juga harus bisa memberikan tampilan menarik.

Membuat Meja Kursi Tamu Minimalis

Salah satu cara agar meja kursi tamu yang dibuat menarik adalah dengan menerapkan gaya minimalisme. Selama ini kebanyakan tukang mebel kecil menengah membuat meja kursi dengan konsep yang sebetulnya tak begitu up to date. Misalnya meja kontemporer atau malah meja kursi biasa dengan tambahan elemen tradisional. Padahal, ada banyak kreasi yang sebetulnya bisa dieksplor. Gaya minimalis adalah salah satu kreasi yang bisa dieksplore tersebut.

minimalisme
minimalisme

Minimalisme adalah sebuah style desain yang menekankan pada efisiensi, efektivitas, kesederhanaan, dan keeleganan. Style desain ini berbeda dari style desain lainnya karena keindahannya justru terletak pada kesederhanaannya. Tapi tentu saja untuk mewujudkan minimalisme, caranya tak semudah membuat meja kursi tamu “yang sederhana”.

Membuat meja kursi dengan tema seperti ini memang tricky. Keindahan minimalisme baru bisa diperoleh ketika kita benar-benar cermat menguatkan kesan-kesan khas minimalisme seperti efisiensi. Misalnya saja dengan menerapkan beberapa prinsip gaya minimalis seperti:

1. The less is more, makin sederhana, makin terlihat bagus
2. Reduksi komponen sampai komponen tak berfungsi. Misalnya, menghilangkan komponen dekoratif seperti ukiran dan lainnya, sampai meja dan kursi memiliki bentuk dasarnya.
3. Menerapkan warna-warna yang cenderung netral cenderung monokromatik. Warna natural masih bisa dipakai. Hindari warna terang yang tajam.
4. Tidak menerapkan pola pada produk
5. Memperhatikan kualitas tiap detil komponen.

Tiap detil komponen harus punya fungsi dan harus hadir dalam kualitas terbaiknya
Agar lebih jelas, Anda bisa mencontoh dulu berbagai meja kursi tamu minimalis yang dijual di pasaran. Anda juga bisa mengambil inspirasi dari berbagai situs di dunia maya. Baca juga informasi lainnya mengenai desain minimalisme pada furniture supaya mebel yang Anda lakukan benar-benar baik. Usaha-usaha seperti ini akan membantu Anda lebih berkembang, jadi Anda tidak akan stuck menjadi pemilik toko mebel di pinggir jalan saja.

Tips Membuat Meja Kursi Tamu Minimalis yang Murah

Meja Kursi Tamu MinimalisNah, supaya harga produk tetap murah meski desain minimalisme diterapkan, Anda bisa menggunakan bahan yang lebih terjangkau. Misalnya saja kayu olahan seperti MDF dan HDF. Fiberboard seperti keduanya memiliki kualitas yang cukup sebagai bahan mebel namun harganya jauh lebih terjangkau dibanding kayu solid. Untuk finishingnya, aplikasikan finishing tempel dengan pelapis seperti HPL. Bahan seperti HPL ini sangat cocok diterapkan untuk membuat mebel dengan kesan minimalis.

 

Anda juga tidak perlu merasa terbatasi membuat meja kursi minimalis ketika menggunakan kayu olahan serta HPL. Pasalnya, meja kursi dengan desain minimalis tak membutuhkan bahan yang bisa diukir atau dibentuk khusus. Bentuk simetris seperti kotak justru lebih merepresentasikan desain minimalisme. Dengan kata lain, penggunaan kayu olahan dengan aplikasi finishing tempel adalah solusi terbaik untuk membuat meja kursi tamu dengan gaya minimalis.

Gunakan Eva Phaethon untuk Meja Kursi Tamu Minimalis

Dalam aplikasi finishing tempel, dibutuhkan lem untuk merekatkan HPL pada kayu olahan. Ingin produk lebih berkualitas dengan aplikasi finishing tempel tersebut? Mau tak mau Anda harus menggunakan lem dengan kualitas terbaik seperti Eva Phaethon. Lem seperti yang kita tahu dibutuhkan secara krusial untuk melapisi produk hingga mengelem rangkanya.

lem eva phaethon

Eva Phaethon sendiri adalah lem untuk pelapisan, khususnya pelapisan beda karakter. Misalnya untuk melapisi kayu olahan dengan sheet laminate HPL. Hal ini berbeda dengan Crossbond X4 yang merupakan lem pelapisan tapi untuk media yang tak berbeda karakternya, misal antara kayu olahan dengan veneer.

Sebagai lem yang spesifik, adhesive sejenis ini tak mudah ditemukan di pasaran. Apalagi dengan berbagai keunggulannya. Lem ini memiliki daya ikat atau bonding strength yang sangat baik, tahan lama, cepat kering, mudah digunakan, dan tidak menyebabkan glue line serta lapisan film lem yang tebal. Eva Phaethon juga dibuat dengan teknologi modern dengan bahan non toksik yang membuatnya menjadi lem aman dan ramah lingkungan.

Kini, untuk mendapatkan Eva Phaethon pun bisa dilakukan dengan cara yang lebih mudah, yakni:

1. Pembelian di Bio Service Point
2. Pembelian di agen-agen Bio Industries
3. Pembelian di website ini ata marketplace secara online

Mudah bukan? Apalagi harga lem juga sangat murah yang akan membuat budget produksi bisa ditekan. Lem ini sekarang bisa diperoleh dengan harga Rp. 148.000,- saja untuk kemasan 4 kg. Jadi kalau ada Eva Phaethon, kenapa harus memilih adhesive yang lain?

Sekiranya, demikian pembahasan kali ini tentang meja kursi tamu minimalis. Sebagai meja kursi untuk ruang tamu, keduanya memang harus didesain dengan cermat. Agar lebih murah, andalkan kayu olahan dengan finishing tempel menggunakan Eva Phaethon. Pasti produk Anda jadi disukai pelanggan.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here