3 Cara Menghias Meja Sofa agar Lebih Bagus

524
decoupage pada sofa

Ada banyak cara yang bisa dilakukan supaya meja sofa terlihat menawan. Kami punya 3 cara yang mudah dengan hasil paling memukau. Cukup sediakan Ultra Phaethon dan mari berkreasi dengan 3 cara kreatif di bawah ini.
Menjadi produk yang dipakai di banyak rumah, tentunya meja dan sofa perlu perhatian tersendiri dari kita, baik bagi konsumen yang menggunakannya maupun penjual dan pembuatnya. Kualitas estetika akan berpengaruh pada dua perabot tersebut sebab seringkali digunakan di ruang tamu, di mana pemilik rumah akan menjamu orang yang bertandang ke rumah mereka.

Beberapa usaha sebetulnya sudah sering dilakukan oleh pihak produsen mebel. Misalnya dengan menerapkan desain yang menarik, melakukan pengecatan yang unik, sampai mengaplikasikan motif pada meja dan sofa tersebut. Sedangkan dari sisi pengguna, kerap mebel seperti ini dipercantik dengan elemen-elemen tambahan seperti vas bunga, lampu hias, sampai taplak meja.

Nah, kali ini, lemkertas.com akan mengajak Anda melakukan kreasi yang lain daripada yang lain. Kreasi-kreasi di bawah ini bisa dicoba baik oleh Anda di rumah atau para pembuat mebel. Cukup sediakan lem andalan kita, Ultra Phaethon, dan ikutilah tips uniknya di bawah ini.

3 Tips Menyulap Meja Sofa Jadi Lebih Menarik

Aplikasi Decoupage

Decoupage sebetulnya adalah teknik kerajinan yang sering kami bahas di lemkertas.com. Decoupage adalah sebuah teknik craft di mana kita tinggal menempelkan gambar pada sebuah media lalu melapisinya dengan cat bening atau pernis. Aplikasi teknik ini akan membuat produk seolah-olah dilukis padahal hanya ditempeli gambar saja. Tapi tentunya, efek dan keindahan decoupage sangat tergantung pada keterampilan kita untuk menerapkan teknik tersebut.

Untungnya, Anda tak perlu khawatir kesulitan mengaplikasikan jenis kerajinan ini. Pasalnya, teknik decoupage bukanlah teknik yang sulit untuk dilakukan. Anda yang awam pun hanya butuuh kebiasaan saja agar hasil yang didapat lebih baik. Secara umum, langkah yang diperlukan ialah:

1. Menyiapkan media
2. Menempelkan napkin decoupage dengan Ultra Phaethon
3. Melapisi dengan cat bening seperti varnish atau clear coat

Di mana decoupage bisa diterapkan pada meja sofa? Jawabannya di mana-mana! Yup. Dari bagian kaca di meja, bagian kayu, hingga bagian sofa, teknik ini bisa diterapkan. Anda pun bisa membuat meja dan sofa dengan aneka motif menarik, misalnya saja membuat meja dan sofa tersebut menjadi full motif bunga yang cantik. Yang makin menguntungkan, bekas decoupage bisa dihapus dengan cara diamplas seperti bahan finishing. Jadi, kalau kita sudah bosan dengan motif lama, kita pun bisa menghilangkannya dengan amplas, lalu mengaplikasikan finishing dan decoupage yang baru. Sangat menarik bukan?

Menggunakan Serat Alam

Cara kedua yang bisa dilakukan untuk membuat meja dan sofa lebih menarik adalah dengan menggunakan serat alam. Cara ini bisa dilakukan agar mebel Anda terlihat lebih natural dan etnik. Anda juga bisa menerapkannya untuk mewujudkan furniture dengan style bohemian, beach, farmhouse, sampai organic.

meja serat alam

Bagaimana cara melakukannya? Sederhana saja. Anda bisa menggunakan berbagai jenis serat alam. Setelah itu, tempelkanlah secara melingkar di bagian sudut mebel seperti bagian pegangan tangan dan kaki meja. Anda juga bisa menerapkannya secara keseluruhan agar hasilnya lebih unik. Gunakan Ultra Phaethon untuk merekatkan jalinan serat alam tersebut. Atau, buatlah anyamannya dulu lalu lem pada permukaan furniture. Dan voila! Meja dan sofa Anda pun pasti terlihat lebih menawan. Anda juga bisa menerapkan cara ini baik pada meja ataupun pada sofa. Penggunaan anyaman serat alam pun bisa diterapkan dalam pembuatan taplak sampai dengan sarung bantal sofa.

meja sofa dengan serat alam

Menggunakan Kain Flanel

Selanjutnya, Anda juga bisa memanfaatkan bahan kain seperti kain flanel. Kain ini kami pilih karena memiliki sifat yang lebih kaku sehingga lebih mudah dipakai untuk menghias meja dan sofa. Ada beberapa cara yang bisa diterapkan untuk memanfaatkan kain flanel, misalnya saja:

1. Mengelem kain flanel pada bagian sofa untuk mengubah warnanya agar lebih menarik. Bagi yang tak ingin mengubah warna utama sofa, terapkan di bagian bukan depan, misalnya di bagian sisi kiri, kanan, atau belakang sofa saja. Namun bila Anda ingin mendapat efek yang besar pun, menerapkannya di bagian depan tak menapa. Pilih saja sesuai dengan selera.
2. Mengelem kain flanel yang sudah dibentuk menjadi hiasan seperti pita dan bunga pada sofa. Tapi cara ini perlu dilakukan dengan desain yang baik agar hasilnya pas dan tidak berlebihan.

sofa flanel

Kedua cara di atas bisa dilakukan dengan bantuan lem Ultra Phaethon. Tapi agar perekatannya lebih kuat, jangan lupa untuk menjahitkannya. Aplikasi ini juga bisa diterapkan pada bantal sofa. Bantal sofa bisa dipercantik dengan kain flanel yang sudah dibentuk menarik, seperti bebungaan, kartun, dan pita.

Mengapa Lem Ultra Phaethon untuk Meja Sofa Anda?

Tentunya ada alasan tersendiri mengapa lem yang kami rekoendasikan dalam berbagai cara di atas adalah Ultra Phaethon. Ultra Phaethon merupakan lem yang di pasaran termasuk dalam kategori lem putih atau biasa juga disebut sebagai lem PVAc. Kadang lem seperti ini juga disebut sebagai lem kayu. Namun secara khusus adhesive ini didesain untuk kebutuhan craft bahan kaya selulosa, mulai dari kayu hingga serat alam. Lem ini juga bisa dipakai untuk kerajinan unik seperti decoupage.

Apa saja keunggulan adhesive ini? Di pasaran, jelas produk lem putih tidak sedikit jumlahnya. Ultra Phaethon sendiri unggul dari berbagai lem tersebut sebagai lem kerajinan dalam hal:

1. Daya rekat yang lebih kuat
2. Cepat kering
3. Tahan panas, tahan air, dan tahan solvent
4. Tahan pada kondisi lembab
5. Ikatan atau bonding yang stabil
6. Tidak menyebabkan lapisan film tebal
7. Tidak menyebabkan warna
8. Aman dan ramah lingkungan
9. Cover area luas, solid content tinggi
10. Harga produk yang sangat terjangkau

Kabar baiknya, sekarang lem ini sekarang sudah bisa dibeli dengan cara yang lebih mudah. Kontak saja Customer Service kami di +62.274.388.301, nomor hotline 082-167-600-693, dan atau email di [email protected] Anda bisa segera memesan produk adhesive ini setelah melakukan pembayaran pada tagihan invoice yang diberikan. Tinggal beri saja keterangan pembelian mulai dari nama, jumlah Ultra Phaethon yang diinginkan, dan alamat pengiriman. Jadi tunggu apa lagi? Yuk, segera pesan dan nikmati berbagai kelebihan lem Ultra Phaethon.

jual lem untuk wallpaper

Nah, demikian artikel kali ini mengenai cara memperindah meja sofa. Mudah sekali bukan? Ada 3 cara yang bisa Anda pilih dan bahkan dipadukan satu sama lain. Yang pasti, telitilah dalam proses yang dilakukan agar meja dan sofa tidak rusak dan justru semakin bagus. Jangan lupa gunakan Ultra Phaethon agar hasil pekerjaan Anda benar-benar maksimal. Bahkan termasuk ketika kita ingin menjualnya.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here