Wow! 5 Cara Kreatif Membuat Meja Hiasan dari Ban sampai Tutup Botol

777
meja dari ban
Image: handimania.com

Meja ini memang sering hanya diletakkan di sudut ruangan. Kadang, juga hanya diletakkan di antara berbagai perabot yang ada. Namun keberadaannya bisa membuat ruangan menjadi makin menawan. Inilah meja hiasan atau decorative table. Dan sebagaimana judul artikel ini, kami punya tips khusus membuat meja hias dengan cara mudah namu hasilnya luar biasa. Yuk, simak segera tutorialnya di bawah ini.

Cara Mudah Membuat Meja Hiasan dengan Hasil Menawan

Menggunakan Kertas Lipat

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan kertas. Cara ini bisa diterapkan pada meja hias lama Anda atau meja hias yang baru dibuat namun belum diperindah. Caranya sangat mudah. Pertama-tama, Anda harus menyediakan kertas yang cukup kuat. Pilih kertas dengan warna yang Anda suka. Anda juga boleh menggunakan dua warna kertas sekaligus. Berikutnya, lipatlah kertas tersebut berselang-seling, seperti saat Anda hendak membuat kipas. Lakukan pelipatan terus menerus sampai semua kertas selesai dilipat. Selanjutnya, ambil meja kecil hias Anda dan lem kertas Ultra Phaethon. Rekatkanlah lipatan kertas tersebut secara merata di seluruh meja. Ultra Phaethon juga bisa dioleskan tipis-tipis ke seluruh kertas agar lebih kuat.

CS LemKertas

Bagaimana? Hasilnya menarik, bukan? Sebagaimana disebut di atas, agar hasilnya lebih bagus, Anda bisa menggunakan dua warna atau lebih. Dan pastikanlah untuk menggunakan kertas yang kuat dan tidak mudah rusak. Anda juga harus melakukan teknik ini dengan hati-hati dan cermat. Sebab keindahan meja hiasan Anda yang dipercantik dengan teknik ini sangat tergantung dari kehati-hatian dan kecermatan pembuatnya.

meja hiasan dari kertas

Nampan dan Berbagai Benda Tak Terpakai

Cara kedua yang kami sarankan adalah menggunakan nampan atau benda lainnya yang tak tepakai. Jadi, beda dengan cara di atas di mana kertas hanya dipakai untuk menghias, pada cara ini, nampan dan benda bekas dipakai sebagai komponen fungsional meja. Bagaimana caranya? Sebetulnya tidak sulit. Sesuaikan saja karakter benda bekas tersebut dengan bentuk komponen meja. Misalnya, nampan. Karena bentuknya yang cukup lebar, nampan bisa dipakai sebagai permukaan meja yang kecil. Agar hasilnya bagus, tentu saja Anda perlu memilih nampan yang juga bagus. Atau bila dirasa memungkinkan, aplikasikan dulu finishing pada nampan tersebut sebelum dipasang sebagai permukaan meja.

Setelah nampan siap, ambil potongan kayu sebagai kaki. Sediakan 4 potongan kayu dengan tinggi yang sama. Berikutnya, pasang potongan kayu tersebut sebagai kaki meja menggunakan mur dan baut. Silangkanlah kaki meja, dan kembali, pasang mur dan baut. Voila, Anda pun punya meja hiasan unik yang terbuat dari nampan tak terpakai. Hasilnya akan makin menawan apabila Anda mampu mengecatnya dengan teknik dan motif yang bagus.

meja hiasan nampan

Ban Bekas Berbalut Tali

Ban bekas ternyata juga bisa dipakai untuk membuat meja hias. Tak percaya? Ban bekas memang sering dipersepsi sebagai benda yang kotor. Dan ini wajar, karena pada kenyataannya ban yang sudah dipakai, pastilah kotor. Karena itu, sebelum mengolahnya lebih lanjut, bersihkanlah ban tersebut dengan seksama. Gunakan sabun cuci yang bagus, lalu siram dengan air yang banyak. Berikutnya, keringkan ban sampai tidak basah lagi. Lakukan hal ini untuk ban kedua. Jadi total ada dua ban yang Anda siapkan. Barulah setelah itu, ban diolah lebih lanjut menjadi meja hiasan.

  1. Gunakan kain lap, pastikan ban benar-benar bersih.
  2. Siapkan tali bahan alami. Gunakan tali apapun yang tersedia asalkan merupakan tali organik. Jangan menggunakan tali non organik seperti tali rafia dan tali-tali lainnya.
  3. Siapkan lem Eva Phaethon.
  4. Buat lubang di bagian dalam ban, lalu masukkan tali. Ganjal dengan ikatan dari dalam seperti saat kita menjahit.
  5. Berikutnya, lilitkan tali di seluruh badan ban. Agar lilitan tersebut stabil pada posisinya, gunakan lem Eva Phatehon.
  6. Lakukan ini untuk ban yang lain yang sudah dibersihkan dan dikeringkan.
  7. Setelah itu, rekatkan dan ikat dari dalam kedua ban sehingga membentuk bantalan meja hias ganda.
  8. Untuk bagian atasnya, Anda bisa menggunakan papan kayu atau papan kaca. Pilih saja yang menurut Anda paling cocok.

meja hiasan ban

Varian lain, Anda juga bisa membuat meja ini dari satu ban saja. Lalu pasang kaki meja kecil untuk membuatnya lebih menarik.

Decoupage

Cara berikutnya yang bisa dilakukan adalah dengan menerapkan kerajinan decoupage. Decoupage merupakan salah satu jenis kerajinan tangan. Metode aplikasi kerajinan tangan atau handicraft ini dilakukan dengan menempelkan kertas gambar pada sebuah media, lalu melapisi bagian atasnya dengan cat bening.

jual lem untuk wallpaper

Langkah-langkahnya:

  1. Menyiapkan meja hiasan dari kayu yang hendak didecoupage. Meja harus bersih dan benar-benar kering.
  2. Memotong kertas gambar napkin decoupage yang akan ditempelkan.
  3. Menempelkan napkin decoupage pada meja dengan lem Ultra Phaethon
  4. Membiarkan lem sampai benar-benar kering.
  5. Menyiapkan cat bening yang hendak digunakan. Bila perlu diencerkan, encerkanlah terlebih dahulu.
  6. Mengaplikasikan cat bening tersebut secara merata.
  7. Membiarkannya kering, lalu mengamplas permukaannya agar halus.

Bila Anda mampu melakukan ketujuh langkah di atas dengan baik, Anda pasti bisa memiliki meja hiasan yang begitu indah seperti dilukis pelukis profesional. Tapi sekali lagi, kualitas hasil decoupage sangat tergantung pada kerja yang Anda lakukan. Karena itu, agar hasilnya baik, Anda perlu cermat dan teliti dalam mengaplikasikan decoupage. Untuk lokasi aplikasinya sendiri bisa diterapkan di berbagai bagian meja, mulai dari kaki meja, permukaan meja, sampai dengan bagian apron meja.

decoupage coffee table Beautiful Vintage Shabby chic nest of tables in Annie Sloan chalk paint and

Tutup Botol

Cara membuat meja hiasan agar lebih menarik yang kami rekomendasikan selanjutnya adalah dengan memanfaatkan tutup botol. Bagi Anda yang suka membeli minuman kemasan, sebaiknya mulai sekarang mengumpulkan tutup botol minuman kemasan tersebut. Sebab, ternyata benda-benda kecil yang sering dianggap tidak signifikan ini ternyata bisa membuat meja hias Anda makin bagus.

Berikut ini adalah cara menghias meja hias menggunakan tutup botol.

  1. Bersihkan dan keringkan meja
  2. Bersihkan dan keringkan semua tutup botol yang hendak digunakan. Jumlah tutup botol yang dibutuhkan sendiri tergantung pada luas permukaan meja yang akan ditempeli benda tersebut.
  3. Siapkan lem Eva Phaethon untuk merekatkan media beda sifat.
  4. Rekatkan satu per satu tutup botol ke permukaan meja menggunakan Eva Phaethon.
  5. Lakukan secukupnya agar noda lem tidak kemana-mana.
  6. Lakukan sampai seluruh permukaan meja tertutupi dengan tutup botol.
  7. Selesai!

Bagaimana? Unik sekali bukan? Ternyata dari tutup botol yang sering dibuang, kita bisa memperoleh meja hias yang begitu menawan. Agar makin semarak, Anda juga bisa mengkombinasikan tutup botol yang warnanya berlainan. Yang harus diperhatikan adalah lem yang dipakai. Karena lem digunakan untuk merekatkan media beda sifat, maka Eva Phaethon adalah lem andalan terbaik untuk Anda.

meja tutup botol

Semoga bermanfaat. Nantikan terus update kami dengan berbagai artikel menarik mulai dari tips sampai tutorial.

CS LemKertas
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here