Meja TV Kayu Mahal? Tidak dengan Cara Ini!

691
meja tv kayu mewah

Meja TV kayu mahal? Benar, meja televisi dari kayu jati, ebony, dan sejenisnya memang mahal. Sebab kayu-kayu tersebut merupakan kayu kelas satu dengan harga yang tinggi. Tapi Anda jangan khawatir. Kini, kita bisa mendapatkan meja TV dari kayu dengan lebih murah. Caranya? Baca saja di bawah ini.

Kayu Menawan, Kayu yang Mahal

Kayu merupakan material yang telah digunakan oleh manusia sejak zaman dulu kala. Sampai hari ini, pemanfaatannya masih terus dilakukan. Salah satunya untuk membuat mebel seperti meja TV. Bila dulu meja yang dikenal hanya meja makan dan meja tamu, seiring berkembangnya teknologi, kita jadi mengenal yang namanya meja TV. Hal ini menunjukkan bahwa, penggunaan kayu tak akan surut dengan semakin majunya peradaban kita. Justru kayu terus menyertai kita dengan ragam produk yang dihasilkannya.

Sayangnya, tingkat penggunaan kayu yang tinggi ini bukan melulu membawa dampak yang baik. Ada kalanya, pemakaian kayu justru tidak baik dan bahkan mengarah pada kehancuran ekosistem. Misalnya saja penggunaan kayu hasil pembalakan liar dalam industri woodworking. Selain pembalakan liar, supply kayu yang rendah tersebut juga menyebabkan meroketnya harga kayu di pasaran. Produk yang dihasilkan dari kondisi ini pun meningkat tajam. Tak terkecuali meja televisi dari kayu.

Berapa Harga Meja TV Kayu?

Di pasaran, harga meja televisi sebenarnya beragam. Ada banyak sekali faktor yang memengaruhi harga produk tersebut, antara lain:

  1. Bahan yang digunakan untuk membuat meja televisi
  2. Desain yang diterapkan pada meja televisi
  3. Tempat jual meja televisi tersebut
  4. Ukuran produk
  5. Kelengkapan komponen

Dari kelima poin di atas, bisa Anda perhatikan bahwa masalah bahan yang dipakai memang sanga menentukan harga dari meja tv kayu. Di pasaran sendiri, bila kita lihat dari nominalnya, harga meja ini berentang mulai dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah.

meja tv jati

Bahan atau material yang dipakai biasanya terlihat jelas menggambarkan perbedaan harga dibanding faktor lainnya. Misalnya, meja televisi ebony pasti lebih mahal dibanding meja televisi dari kayu non kelas I.

Perbedaan harga produk sendiri sebetulnya masih wajar. Akan tetapi, bila kayu solid makin susah dicari, secara otomatis, meja televisi yang memanfaatkan bahan tersebut pun bisa meroket. Bisa-bisa, produk Anda kalah saing dengan produk meja televisi dari manufaktur yang lain. Tak ingin hal ini terjadi, bukan? Untungnya, sekarang sudah ada beberapa kiat atau cara yang bisa kita terapkan untuk membuat meja televisi yang tidak mahal supaya konsumen semakin senang.

3 Cara agar Meja TV Kayu Tidak Mahal

Menggunakan Kayu Olahan

Pertama, daripada menggunakan kayu solid, gunakanlah kayu olahan. Kayu olahan atau engineered wood adalah kayu yang dihasilkan dari kayu solid. Misalnya, plywood yang dihasilkan dari potongan tipis kayu solid, MDF dan HDF dari serpihan kayu solid, particle board dari serbuk kayu tak terpakai, sampai kayu laminasi dari potongan kayu berukuran kecil. Ringkasnya akan dijelaskan sebagai berikut.

  1. Fiberboard, yang terdiri atas MDF dan HDF. MDF dan HDF terbuat dari potongan kayu yang dicampurkan satu sama lain menggunakan bahan tambahan. HDF biasanya dibuat dengan kondisi tekanan yang lebih tinggi, dan sebagai akibatnya memiliki densitas atau kerapatan yang lebih tinggi dibanding MDF.
  2. Particle board. Particle board merupakan kayu olahan dengan kualitas terendah. Kayu ini terbuat dari serbuk kayu tak terpakai.
  3. Kayu lapis atau plywood. Kayu lapis juga merupakan kayu olahan. Kayu ini dibuat dari potongan kayu yang disatukan sehingga membentuk lembaran tipis yang sangat luas.
  4. Blokcboard. Blockboard merupakan papan dari potongan kayu kecil.

Kayu-kayu olahan tersebut, secara kualitas memang kalah dibanding kayu solid. Apalagi dari segi estetika atau keindahan. Namun Anda bisa mengatasi ini dengan beberapa cara. Misalnya dengan aplikasi HPL dan pelapis sintetis pada kayu solid. Cara ini akan mampu menyulap meja tv kayu olahan Anda dari biasa menjadi sangat mengagumkan.

meja tv mdf

Menggunakan Kayu Tak Terpakai

Cara kedua adalah dengan menggunakan kayu bekas atau yang sudah tidak terpakai. Anda bisa mencari sendiri di rumah untuk menemukan mebel yang sudah rusak sehingga tidak dibutuhkan lagi. Selain itu, bila Anda ingin membuat meja TV untuk kebutuhan usaha, Anda bisa mengandalkan berbagai lokasi pengumpul mebel yang tidak lagi digunakan. Mula-mula meman susah, namun lama-kelamaan Anda akan bisa mendapatkan produk yang tepat.

Harga kayu bekas sendiri jelas lebih murah bila kita bandingkan dengan kayu solid. Akan tetapi, harganya yang terjangkau ini juga memiliki konsekuensi tersendiri. Di atas, misalnya, konsekuensi menggunakan kayu olahan adalah estetika produk yang kurang baik. Dan, sebagai solusinya, kayu olahan tersebut bisa difinish dengan menggunakan HPL (High Pressure Laminate).

Pada kayu bekas, yang menjadi kendala adalah kondisi kayu yang mungkin sudah rusak. Adanya hama pada kayu juga patut dicurigai. Jangan sampai kayu mengandung hama seperti teter dan telur. Bila dibiarkan, bisa-bisa nanti mebel yang baru dibuat, langsung rusak setelah telur teter dan rayap tersebut menetas.

Lantas apa solusinya? Sebenarnya mudah saja. Aplikasikanlah treatment anti rayap dan teter pada kayu bekas. Sehingga, Anda bisa membuat meja tv kayu dengan harga yang terjangkau namun tetap awet. Mudah dan menarik sekali, bukan?

meja tv pallet

Menggunakan Kayu Non Kelas 1

Terakhir, namun tak kalah penting, Anda bisa mencoba menggunakan kayu non kelas I. Selama ini, sebetulnya ketika orang bicara mengenai meja tv kayu yang mahal, yang dirujuk adalah meja televisi dengan bahan jati, mahoni, atau ebony. Padahal, kayu-kayu tersebut adalah kayu yang harganya sangat fantastis. Apalagi bila kayu sudah tua.

Sebagai jalan alternatif, kita bisa memilih menggunakan kayu non kelas 1. Misalnya saja menggunakan kayu jati belanda, kayu pinus, hingga kayu sengon atau albasia. Pemanfaatan kayu non kelas I akan membuat mebel Anda menjadi mudah dijangkau semua kalangan masyarakat. Namun, sebagaimana pada kayu olahan, kayu non kelas I memang kalah dari aspek estetika dan kekuatan dibanding kayu solid. Karena itu, kita sebagai orang yang menggunakan kayu ini untuk membaut meja TV kayu harus melakukan beberapa langkah antisipasi. Misalnya saja dengan:

Menggunakan obat pengawet kayu, supaya kayu sama awetnya dengan kayu jati hingga ebony
Menerapkan finishing dengan hasil yang baik menggunakan cat atau pelapis HPL
Dengan usaha sederhana namun mengena di atas, Anda pasti bisa membuat produk dengan kualitas bagus tapi harganya terjangkau. Meja TV kayu Anda akan dengan mudah dijangkau berbagai kalangan yang ingin membeli produk yang harganya terjangkau.

Nah, demikian sekiranya pembahasan mengenai meja televisi kayu. Semoga bermanfaat, ya!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here