Mudah! Tips Membuat Meja Dapur Sederhana dengan Budget Murah

579
meja dapur (3)

Mau membuat meja dapur sederhana sendiri? Mengapa tidak? Yuk, simak tips membuat meja berbudget rendah di bawah ini. Dari bahan sampai lemnya, akan kami pilihkan yang terbaik untuk Anda.

Mengenai Meja Dapur

Kitchen table atau meja dapur hanyalah satu dari sekian jenis meja yang dibedakan berdasarkan fungsinya. Meja seperti ini, sebagaimana namanya dipakai untuk mendukung aktivitas di dapur. Aktivitas di dapur?
Ya. Dari sekedar meletakkan bahan makanan sampai mengiris bumbu dapur, kesemuanya butuh meja untuk melakukan hal-hal tersebut. Meja dapur sendiri biasanya dibuat dengan spesifik sesuai kebutuhan yang ditunjangnya. Coba perhatikan, biasanya meja dapur yang baik adalah meja dapur yang:

1. Tak mudah bernoda. Industri furniture pernah didominasi dengan meja dapur stainless steel yang terkenal karena tak mudah bernoda. Dipakai di dapur, meja dapur yang baik memang idealnya mudah dibersihkan.
2. Aman. Meja harus aman karena dekat kontak dengan bahan yang dikonsumsi. Misalnya, bila meja terbuat dari bahan logam, maka logam tersebut tak boleh mudah berkarat.
3. Tinggi sesuai. Tinggi meja harus disesuaikan untuk aktivitas dapur. Misalnya, bila meja dipakai untuk pengguna yang berdiri, tentu meja harus dibuat lebih tinggi.
4. Memiliki komponen tambahan untuk mendukung aktivitas. Contohnya keberadaan rak di bawah meja. Jadi fungsi meja benar-benar bisa dimaksimalkan.
5. Keawetan. Meja harus awet dan tahan lama terhadap faktor perusak seperti cairan solvent (minyak) ataupun air.

Selain dari kelima aspek di atas, meja dapur juga bisa dipilih berdasarkan tampilannya. Dari segi tampilan dan komponennya, meja dapur sendiri bisa dikategorikan sebagai meja dapur yang mewah hingga yang sederhana.

Sederhana Tak Berarti Jelek

meja dapur bagus

Meja dapur sederhana tak berarti jelek. Secara khusus, lemkertas.com ingin mengulas mengenai jenis meja yang sederhana ini karena justru menawarkan beberapa keunggulan.

1. Pertama, secara umum dari segi dana atau harga, produk demikian lebih murah.
2. Kedua, cocok dengan desain yang juga menonjolkan kesan sederhana seperti minimalis
3. Bisa dikombinasikan dengan banyak perabot lain
4. Memberikan kesan lebih rapi pada dapur
5. Karena sederhana, secara umum lebih mudah dibersihkan

Meja dapur yang sederhana dengan demikian belum tentu jelek. Bahkan dari segi harga pun, meski secara umum lebih terjangkau, tapi sebetulnya tak selalu demikian. Beberapa furniture yang didesain dengan style minimalis, misalnya, justru dipatok dengan harga sangat mahal.

Mudah Dibuat

Bagaimana meja dapur sederhana dari sudut pandang produsen meja? Jelas karena kesederhanaannya, meja akan lebih mudah dibuat sekaligus lebih cepat tahapan pembuatannya. Bagi masyarakat awam yang ingin membuat meja dapur sendiri, memulai dari produk yang sederhana juga direkomendasikan karena lebih mudah dilakukan dengan peralatan woodworking standar.
Tertarik membuat sendiri meja ini? Lemkertas.com punya tips tersendiri bagi yang ingin melakukannya. Ada beberapa cara supaya meja Anda yang sederhana tetap bagus dan berkualitas.

Membuat Meja Dapur Sederhana Sendiri: 5 Tips Penting

Komponen Meja

Meja dapur yang sederhana juga bisa dilihat dari bagiannya. Secara umum, yang disebut meja adalah furniture dengan bagian atas melebar, kaki, dan apron. Meja dapur yang sederhana pun bisa saja “cukup” dibuat dengan ketiga bagian itu. Tapi tentu saja hal itu tak memadai. Meja seperti itu tak ada bedanya dengan meja-meja lain yang tak dipakai spesifik di dapur.

meja dapur sederhana

Jadi perhatikan komponen yang dibutuhkan pada meja ini. Misalnya ketersediaan rak pada meja atau bagian penyimpanan. Jadi meja dapur benar-benar berguna untuk mendukung aktivitas Anda di dapur saat memasak atau mengerjakan pekerjaan lainnya. Singkatnya, sederhana perlu, tapi komponennya tetap harus menunjang kegiatan yang diperlukan.

Buat Desain dan Teknik Finishing yang Sederhana Saja

Kesederhanaan paling jelas terlihat dari tampilan sebuah produk. Meja dapur pun demikian. Sebetulnya, kunci utama membuat meja dapur sederhana terletak pada tampilannya. Namun ingat, sederhana tak berarti jelek. Ada banyak desain dan tipe finishing yang bagus namun tetap menonjolkan kesan kesederhanaan. Anda juga bisa mencontoh banyak produk furniture yang didesain dengan tema minimalis, modern, sampai kontemporer. Berbagai gaya tersebut mengandalkan kesan sederhana yang menawan sebagai salah satu nilai jualnya. Bahkan tak jarang, produk tersebut dihargai amat mahal justru karena berhasil memperlihatkan kesan sederhana, efektivitas, dan efisiensi yang kuat.

Pakai Kayu Olahan

Pakailah kayu olahan agar meja dapur Anda bukan hanya “sederhana” tapi juga terjangkau. Dengan biaya bahan utama yang jauh lebih murah, Anda bisa meningkatkan kualitas pada aspek lainnya. Misalnya dari aspek tampilan ataupun dari aspek resistensi produk.
Kayu olahan sendiri terdiri atas banyak jenis. Misalnya MDF (Medium Density Fiberboard), HDF (High Density Fiberboard), particle board, hingga kayu lapis berupa multipleks ataupun tripleks. Tiap kayu olahan memiliki karakteristik sendiri-sendiri sehingga kelebihan dan kekurangannya pun berlainan. Yang jelas, secara umum kayu seperti ini relatif mudah diolah menjadi meja. Apalagi, kayu-kayu tersebut memang dibuat dan didesain secara khusus untuk digunakan lebih lanjut pada industri furniture hingga konstruksi bangunan.

Gunakan Kayu Tak Terpakai atau Kayu non Kelas Satu

Bilapun Anda tak memakai kayu olahan, opsi lain adalah memakai kayu tak terpakai atau kayu non kelas satu. Contohnya pallet atau kayu peti kemas. Secara mengejutkan, kayu pallet ternyata sangat menarik untuk dipakai sebagai bahan mebel. Meja dapur sederhana Anda pasti akan punya daya tarik tersendiri bila dibuat dengan kayu ini. Apalagi bila Anda menyukai sentuhan kesan vintage.

mdf

Begitu pula kayu-kayu non kelas 1. Untuk meningkatkan kualitasnya, misalnya ketahanan kayu dari jamur dan serangga, pastikan saja untuk melakukan treatment. Jadi meja dapur Anda tetap lebih murah dibuat namun dengan hasil yang tak kalah bagusnya.

Pastikan Meja Aman dan Resisten dengan Cairan!

Tips terakhir, pastikan meja Anda aman dan tak mudah rusak terkena cairan baik itu air ataupun minyak. Caranya, gunakan bahan dengan kualifikasi tersebut. Untuk bahan yang aman, misalnya, aplikasikan finishing yang tak mengandung zat-zat membayakan. Bila perlu keseluruhan komponen meja juga harus aman. Begitu pula lemnya yang tidak boleh mengandung zat-zat berbahaya. Oleh sebab itulah kami rekomendasikan lem Eva Phaethon untuk finishing tempel yang memang punya tingkat keamanan baik.

Sama juga dengan memperhatikan resistensi bahan meja dari cairan. Dari coating, lem, dan bagian terluar meja harus mampu melindungi bagian dalam meja (apalagi bila bagian dalamnya adalah kayu olahan) dari faktor perusak seperti eksposi cairan tersebut.
Itulah beberapa tips yang bisa kami sajikan mengenai cara membuat meja dapur sederhana sendiri dengan dana yang terjangkau. Semoga bermanfaat ya. Update terus artikel kami selanjutnya yang akan membagas berbagai tutorial dan tips membuat mebel yang mudah dan terjangkau.

Semoga bermanfaat.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here