Bingung Memilih Lem Kayu yang Bagus? Baca Ini Dulu!

596
sambungan finger joint

Fungsi lem pada pengolahan kayu lebih fundamental dibanding  fungsi cat. Namun seringkali kita masih bingung memilih mana lem kayu yang bagus untuk digunakan!

Lem Kayu Yang BagusFungsi Lem dalam Alur Pengolahan Kayu

Proses pembuatan kayu menjadi beragam produk perlu melalui berbagai tahapan yang berbeda-beda. Perekatan adalah salah satunya. Perekatan menjadi salah satu metode untuk merekatkan komponen-komponen kayu menjadi satu bentuk produk utuh dengan fungsi tertentu. Dengan demikian, peran lem dalam proses ini tak bisa begitu saja diremehkan.

Di luar bahan perekat sebenarnya bisa saja digunakan kayu ataupun skrup. Lem kayu yang bagus pun pada dasarnya kerap dikombinasikan dengan kedua bahan tersebut. Namun untuk menghasilkan produk yang mulus pada bagian yang sangat visible, para pekerja umumnya akan memilih bahan perekat. Selain itu, pada beberapa wood joint, fungsi lem sama sekali tidak terelakkan.

Kiat Memilih Lem Kayu yang Bagus

Sebagaimana disebut atas, peran lem dalam alur produksi mebel tak bisa diremehkan begitu saja. Memilih lem yang baik sangat perlu diusahakan untuk hasil produk kayu yang juga baik.

Meskipun tak bisa dikatakan mudah, namun pada dasarnya memilih lem yang bagus bukanlah perkara yang sangat sulit dilakukan. Pada dasarnya, Anda hanya perlu mencocokkan kriteria akan adhesive yang diperlukan dengan kriteria lem yang dijual. Jangan ragu untuk bertanya lebih jauh bahkan langsung pada manufaktur terkait. Dengan cara ini, kita bisa mendapatkan adhesive yang benar-benar sesuai keperluan.

Lem Kayu Yang BagusAdapun beberapa aspek yang perlu diperhatikan antara lain:

  1. Fungsi lem sebagai indoor vs outdoor adhesive
  2. Tingkat keamanan lem (terutama untuk alat makan yang memerlukan standar food grade)
  3. Daya rekat dan ketahanan lem
  4. Kecocokan lem dengan media yang akan direkatkannya
  5. Kemudahan aplikasi lem. Yang harus Anda tanyakan adalah kemampuan Anda menggunakan lem tersebut baik secara teknis maupun terkait dengan alat dan bahan yang dimiliki
  6. Kecepatan kering lem
  7. Harga produk lem

Dengan memperhatikan berbagai kriteria di atas, memilih lem kayu yang bagus pasti lebih mudah dilakukan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here