Mau Membeli atau Membuat Meja Belajar? Baca Dulu Informasi Ini

562
meja belajar (2)

Mau beli meja belajar? Atau justru ingin membuat produk ini dan menjualnya? Kali ini, tim lemkertas.com akan mengulas secara spesial furniture untuk belajar ini. Yuk, simak lebih dulu informasi dari kami sebelum Anda membeli atau menjadi penjual produk tersebut!

Pengertian Meja Belajar

Study desk atau meja belajar adalah meja yang secara khusus didesain untuk kebutuhan belajar, baik itu untuk membaca, menulis, menggambar, menggunakan laptop, dan berbagai kebutuhan serupa lainnya. Furniture seperti ini biasanya ditargetkan untuk anak-anak, remaja, hingga orang dewasa yang masih harus melakukan kegiatan tulis-menulis dan belajar. Jadi tak sekedar untuk anak sekolahan saja.

Jenis Meja Belajar

Sebagai mebel yang dibutuhkan banyak orang, berbagai perusahaan mebel telah berlomba-lomba membuat furniture ini. Hasilnya adalah varian study table yang amat sangat banyak. Coba saja perhatikan aneka merk meja belajar yang begitu bervariasi dari segi harga sampai tampilan. Tempat jual meja belajar juga dengan mudah ditemukan di berbagai lokasi mulai dari toko mebel kecil samping jalan hingga toko mebel sekelas IKEA.

Nah, dari berbagai produk tersebut, kita bisa mengelompokkan jenis-jenis furniture ini. Berikut ini di antaranya:

Tipe Meja Tanpa Rak

Beberapa study desk hadir tanpa rak, melainkan hanya berupa meja biasa saja. Meski demikian, meja seperti ini didesain secara khusus (biasanya dengan kursinya) agar sesuai untuk aktivitas belajar. Misalnya terkait dengan ketinggian dan lebar meja.

Dengan Rak

Tipe berikutnya adalah tipe yang banyak kita kenal, yakni meja belajar dengan rak atau almari kecil di sampingnya. Bagi yang membutuhkan space atau ruang tersendiri untuk meletakkan buku, maka model seperti ini sebaiknya dipilih.

Tipe Lesehan

Tipe lesehan sebagaimana namanya adalah model meja untuk belajar yang dibuat di mana ketika memakainya, si pengguna duduk di lantai atau pada suatu bantalan. Tipe ini juga banyak diterapkan untuk meja lipat belajar anak-anak yang banyak dijual di toko mebel.

meja belajar lesehan

Tempel

Model ini mungkin belum begitu populer, karena termasuk baru. Namun makin ke sini makin terkenal karena dianggap menarik dan praktis.

meja belajar tempel

Jenis Meja Belajar Berdasarkan Material Pembuatnya

Selain berdasarkan modelnya, kita juga bisa membedakan meja ini berdasarkan material pembuatannya. Nah, bagi yang ingin membuat study desk, Anda juga perlu tahu ragam material untuk membuat meja seperti ini. Sebab, jenis material yang dipakai sangat menentukan harga meja untuk belajar terkait.

Kayu Solid

Dengan kekokohan dan keindahannya, bahan kayu solid menjadi bahan paling mahal sekaligus paling berkualitas untuk membuat meja untuk belajar. Apalagi kayu-kayu solid nomor satu seperti jati dan ebony.

Kayu Olahan: MDF hingga Triplek

Untuk mengakali kayu solid yang mahal, Anda bisa memanfaatkan kayu olahan yang lebih murah atau mengkombinasikannya. Kayu-kayu olahan yang bisa dipakai antara lain adalah MDF atau Medium Density Fiberboard dan tripleks atau kayu lapis.

Plastik

Plastik dan berbagai bahan serupa plastik juga mulai banyak dipakai untuk membuat study desk. Hanya saja, kualitas bahan ini jauh lebih rendah dibanding kayu (apalagi kayu solid) baik dari ketahanan maupun keindahannya.

Kaca

Kaca biasanya tak digunakan sebagai satu-satunya bahan untuk membuat study desk. Kaca hanya digunakan pada bagian tertentu saja.

Bahan-bahan di atas kadang dikombinasikan satu sama lain. Misal kombinasi penggunaan kaca dan kayu solid untuk menghasilkan produk yang lebih berkualitas.

Aneka Desain Meja Belajar

Bicara desain furniture, sebetulnya variannya sangat banyak. Karena itulah, alangkah lebih baiknya, bila kita tak hanya membeli produk yang itu-itu saja. Coba perhatikan, kebanyakan orang ketika membeli furniture, tak mencari tahu dulu ragam desain yang tersedia. Padahal, ada sangat banyak desain study desk baik untuk si kecil atau anak Anda yang dewasa yang bisa dipilih. Berikut ini contoh-contohnya:

Modern dan Minimalis

Suka dengan gaya ruangan sederhana dengan warna monokromatik seperti hitam dan putih? Bila iya, Anda barangkali sedang ngefans dengan gaya minimalis. Minimalisme merupakan sebuah trend sendiri yang mengedepankan efisiensi dan efektivitas.

Tapi bagaimana bila Anda menginginkan warna tajam seperti merah dan biru tinta? Bila demikian adanya, Anda bisa mencoba desain modern. Desain modern mirip dengan desain minimalis namun memadukan warna-warna tajam.

Beach

Yang ini khusus bagi Anda atau buah hati Anda yang suka dengan suasana pantai. Desain beach pada meja belajar umumnya dikuatkan dengan pemakaian warna biru laut, pasir, kerang, hingga hiasan-hiasan bintang laut yang menarik.

Kids

Yang ini khusus untuk si kecil yang suka dengan berbagai gambar kartun, pemandangan yang bagus, dan idola-idola cilik. Biasanya desain dibuat khusus dengan kesan ceria dan warna-warna yang mengasyikkan.

meja belajar anak

Indonesia

Keindahan alami Indonesia dengan kepiawaian pengrajinnya mampu menciptakan sebuah mahakarya mengesankan. Tak terkecuali dalam bentuk study desk. Misalnya saja ukiran Jepara yang telah populer di berbagai negara. Siapa bisa menyangkal keindahan ukiran dari wilayah tersebut?

Vintage

Desain vintage pada meja belajar akan membuat furniture tersebut tampak unik. Dan bukan hanya pada remaja dan anak dewasa lho desain ini menarik. Secara khusus gaya vintage juga bisa dicocokkan untuk anak-anak.

Shabby Chic

Desain ini sangat cocok bagi Anda atau buah hati yang menyukai warna-warna lembut. Gaya ini memadukan keindahan dengan kesan tua. Hasilnya adalah perpaduan menawan yang pasti membuat si empunya lebih betah belajar.

meja shabby chic

Tips Bagi Anda yang ingin Membuat Meja Belajar

meja belajar minion

Tertarik membuat meja untuk belajar? Berikut ini kami punya tips untuk Anda.

  1. Meja untuk belajar bukanlah furniture yang sulit untuk dibuat. Apalagi jenis yang lesehan dan tanpa rak. Toh yang diperlukan hanya menyediakan meja dengan ukuran dan tinggi yang tepat bukan?
  2. Untuk menghemat biaya, gunakan atau kombinasikan pemakaian kayu solid dengan kayu olahan. Misalnya, untuk rangkanya Anda bisa memakai kayu solid, sedangkan untuk penutup (misal bagian belakang rak di meja), Anda bisa memakai kayu olahan seperti multipleks atau triplek.
  3. Aplikasikan bahan finishing yang tepat. Pilih bahan finishing water based agar aman, memiliki warna yang menarik, tak mudah rusak, dan sesuai dengan bahan. Untuk kayu olahan seperti MDF, gunakan pelapis seperti HPL dengan perekat Eva Phaethon.
    Gunakan paku dan lem yang kuat untuk menunjang rangka produk yang kokoh.
  4. Aplikasikan desain yang menarik, apalagi bila Anda sudah ahli dalam membuat produk seperti ini.

Tips Mempercantik Meja Belajar dengan Decoupage!

meja lipat anak lucu

Nah, supaya produk meja untuk belajar Anda makin menawan, Anda juga bisa menerapkan teknik khusus seperti decoupage. Decoupage adalah teknik di mana gambar ditempelkan pada permukaan furniture kemudian dilapisi dengan coating bening. Decoupage juga akan mempercantik meja untuk belajar yang dibuat dengan bahan khusus. Misalnya saja nampan dan pallet! Yup, kedua bahan itu ternyata juga bisa dibuat untuk membuat meja belajar lho. Aplikasikan saja napkin decoupage yang bagus dengan Ultra Phaethon.

jual lem untuk wallpaper

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here