Bahas Lengkap Taco Sheet di Sini!

3058
tacon sheet

Apa itu taco sheet? Secara harafiah taco sheet bisa diartikan sebagai pelapis taco. Tapi tentu saja pengertian bahan ini tak sekedar hal tersebut. Nah, pada artikel kali ini, lemkertas.com ingin mengajak Anda membahas mengenai material finishing ini. Sebagaimana yang kita tahu, salah satu cara finishing bisa dilakukan dengan pelapis-pelapis yang direkatkan.

Finishing Tak Hanya dengan Cat

Pernahkah Anda tak sengaja mengelupas bagian paling atas meja atau kursi yang Anda gunakan? Tak jarang, orang mendapati adanya lapisan tipis yang menempel pada perabotan tersebut. Bila Anda termasuk orang yang pernah melihat atau bahkan tak sengaja mengelupasi pelapis itu, sebetulnya Anda baru saja melihat salah satu hasil metode finishing. Finishing tersebut sering disebut sebagai finishing tempel. Lemkertas.com telah sangat sering membahas mengenai tipe finishing ini. Pada dasarnya, finishing tempel diaplikasikan pada sebuah media dengan cara merekatkan pelapis berbentuk lembaran atau sheet.

Pemakaian pelapis ini membedakan cara ini dengan finishing konvensional. Bila finishing konvensional memakai cat, pada cara ini digunakan pelapis serta perekat. Kelebihan dan kekurangan masing-masing metode jelas ada. Namun yang jelas, tiap metode ini saling melengkapi satu sama lain.

Misalnya saja ketika kita dihadapkan pada tantangan untuk memfinish kayu olahan seperti MDF. Jelas sulit bila kita hendak menggunakan cat. Sebab MDF memiliki sifat sangat mudah menyerap air dan solvent.

Untuk media olahan seperti MDF, finishing tempel adalah jawaban yang sangat tepat. Berbagai produk pelapis pun telah tersedia aneka rupa dan selalu bisa digunakan. Taco misalnya. Taco atau taco sheet adalah pelapis khusus yang terbuat dari bahan plastik. Dan bahasan tentang taco inilah yang akan kita angkat untuk pembaca sekalian.

Mengenal Taco Sheet

taco sheet

Apa itu taco? Secara umum, bahan ini adalah pelapis dengan tekstur tersendiri. Taco sebagaimana HPL banyak digunakan dalam proses finishing tempel. Pelapis seperti ini umumnya memiliki bentuk berupa lembaran tipis yang luas yang penggunaannya dengan cara direkatkan pada sebuah media.

Seiring dengan meningkatnya trend aplikasi finishing tempel, keberadaan taco pun mulai dikenal dan banyak digunakan orang. Pelapis plastik ini sering dipakai untuk menghasilkan perabot atau furniture dengan tema minimalis dan modern. Manufaktur taco juga tanggap menghadapi permintaan ini. Terhitung, sampai saat ini telah banyak varian tampilan tacosit yang bisa dipilih oleh para calon pembeli.

Di toko-toko, produk ini kerap hadir dalam bentuk gulungan. Biasanya, tingginya 120 cm dengan tebal kurang dari 1 mm. Panjangnya sendiri tak terbatas dan bisa dibeli dengan harga per roll atau per meter.

Murahkah Harga Taco Sheet?

Taco biasanya dijual dengan harga yang relatif terjangkau. Saat ini di pasaran, harga tacon sheet beragam mulai Rp. 20.000 hingga Rp. 40.000 per roll, dengan rata-rata Rp. 30.000an ribu. Namun harga produk di tiap toko daerah Anda pun bisa sangat berlainan karena ditentukan jarak, merek, hingga kualitas tacosit yang tersedia.

Kelebihan dan Kekurangan Taco Sheet

Tentunya, setiap produk yang kita kenal memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Hal ini pun berlaku pada tacosit. Sebetulnya, kelebihan dan kekurangan bahan ini sudah dijelaskan pada poin sebelumnya, namun agar lebih jelas, berikut ini keunggulan dan kelemahan material tersebut.

Kelebihan

  1. Pilihan warna yang tersedia di pasaran cukup banyak sehingga opsi untuk pengguna lebih beragam
  2. Memiliki permukaan sedikit bertekstur sehingga menimbulkan daya tarik tersendiri
  3. Panjang tak terbatas sehingga cocok untuk penggunaan permukaan furniture yang memanjang
  4. Fleksibel, mengikuti bentuk produk furniture

Kekurangan

  1. Tidak tahan panas, sehingga sebetulnya kurang ideal untuk pelapisan kitchen set di area sekitar kompor
  2. Warnanya mudah rusak menjadi kekuningan sehingga menyebabkan penurunan estetika produk
  3. Harus diaplikasikan dengan hati-hati agar tidak robek

Menghasilkan Aneka Perabot dengan Taco Sheet

Dengan karakter termasuk kelebihan dan keunggulannya di atas, taco bisa dibilang merupakan alternative menarik untuk bahan finishing tempel. Sampai saat ini pun taco banyak dipakai untuk berbagai jenis perabot, namun utamanya sering digunakan untuk membuat:

  1. Kitchen cabinet atau kabinet dapur
  2. Meja. Taco tak jarang dipakai untuk finishing permukaan atas meja
  3. Rak
  4. Office furniture
  5. Beberapa elemen dalam bangunan
  6. Almari
  7. Pintu

Pelapis yang harganya terjangkau ini pun menjadi opsi tersendiri karena bisa digunakan dengan ongkos produksi yang tak besar.

kabinet dapur taco sheet

Eva Phaethon untuk Taco Sheet

Salah satu ciri finishing tempel, sebagaimana dijelaskan sebelumnya adalah pemakaian bahan perekat atau lem. Karena itu, dalam aplikasi tacon pun dibutuhkan bahan perekat yang kualitasnya baik. Sayangnya, memilih lem yang tepat untuk kebutuhan ini tak semudah yang kita bayangkan.

Pertama, kita jelas tak bisa menggunakan secara asal lem kayu atau lem putih yang tersedia. Berbagai adhesive tersebut umumnya terbuat dari PVAc. PVAc atau polyvinyl acetate sendiri adalah formulasi lem yang ditujukan untuk bahan kaya selulosa. Itupun keduanya harus memiliki karakter serupa. Padahal tacosit adalah bahan sintetis non selulosa. Aplikasinya barulah kadang dilakukan pada media-media organik seperti MDF dan HDF. Dengan kata lain, lem yang dibutuhkan harus mampu merekatkan media dengan karakter berlainan.

Dari berbagai produk adhesive di pasaran, lem yang cocok untuk kebutuhan ini adalah Eva Phaethon. Lem ini telah kami rekomendasikan untuk perekatan HPL dan memang cocok untuk berbagai kebutuhan perekatan coating atau pelapis.

Sebagai lem yang kami sarankan, Eva Phaethon unggul karena:

  1. Sangat kuat
  2. Tahan lama, ikatan lem tak mudah rusak oleh panas, air, hingga solvent
  3. Solid content tinggi
  4. Mudah digunakan
  5. Tidak menyebabkan lapisan lem tebal
  6. Tidak menyebabkan glue line
  7. Lebih aman dibanding produk serupa lainnya
  8. Cover area luas

Selain itu adhesive ini juga bisa Anda dapatkan dengan harga terjangkau, yakni hanya Rp. 148.000,- saja per 4 kg. Murah sekali bukan?

Jual Eva Phaethon di Sini!

Kami menyediakan lem untuk finishing tempel Eva Phaethon. Adhesive berbahan dasar ethylene vinyl acetate ini bisa Anda dapatkan dengan beberapa cara pembelian. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Pembelian secara online. Pembelian secara online bisa Anda lakukan dengan mengubungi kami secara langsung via website ini. Selain itu, Anda juga bisa melakukan pembelian online di berbagai ol shop atau marketplace seperti Bukalapak dan Tokopedia.
  2. Pembelian secara konvensional. Anda bisa secara langsung membeli pada pihak kami. Yang pertama, membeli di kantor Bio Industries di Cirebon, Jepara, hingga Yogyakarta. Anda juga bisa membeli produk ini di agen-agen Eva Phaethon yang saat ini sudah tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

Ayo, Kenali Merk Jenis Lem untuk HPL

Pilih saja cara pembelian yang cocok dan nyaman Anda lakukan. Toh, di manapun Anda membeli, Eva Phaethon selalu hadir dengan kualitas dan harga terbaiknya.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here