Ini Dia Ide Meja Kursi Kafe Menarik dari Minimalis sampai Union Jack Style!

590
kafe gaya arab

Konsep atau tema adalah hal penting yang harus diperhatikan para pemilik atau pengusaha kafe. Nah, kali ini, kami akan membagikan ide serta tips menarik untuk mewujudkan meja kursi kafe yang tepat untuk mendukung berbagai konsep kafe Anda. Dari minimalis sampai union jack style, berikut ini tips serta contoh tema kafe bagus yang bisa dicontoh!

Tentukan Dulu Konsep dan Temanya

Sebelum memilih perangkat untuk kafe Anda, termasuk meja dan kursinya, tentukan dulu tema yang akan dipakai. Tema dan konsep merupakan hal yang sangat penting dalam kesuksesan usaha ini. Pasalnya, tempat rekreasi seperti kafe bisa dibilang adalah spot ideal untuk generasi muda. Bagi mereka, yang terpenting bukan hanya harga dan kualitas makanan, tapi style atau gaya pun juga pasti penting.

Meski demikian, style yang bisa diterapkan sendiri sebetulnya sangat bervariatif. Anak muda terdiri atas berbagai segmen mulai dari yang umum hingga segmen-segmen khusus seperti pencinta sejarah dan negara tertentu. Jadi, Anda perlu tahu dulu target pasar Anda dan konsep apa yang sekiranya mereka senangi. Setelah itu, barulah kita bisa menentukan meja, kursi, dekorasi, dan berbagai perlengkapan lainnya yang bisa digunakan.

Contoh Ide Meja Kursi Kafe dengan Berbagai Style Desain

Setelah memilih konsep dan tema kafe yang sesuai target pasar, kini saatnya untuk berburu perabot yang tepat. Nah, di bawah ini kami jabarkan contoh-contoh meja serta kursi kafe yang bagus sesuai style yang populer digunakan.

Minimalis

Gaya minimalis menekankan pada simplicities (kesederhanaan), efisiensi, dan efektifitas. Tak ada hal yang tak berguna pada ruangan atau kafe yang didesain dengan gaya minimalis. Keindahan justru terbentuk dari kesederhanaan tersebut. Jargon yang dipakai adalah The Less is More. Lantai bisa menggunakan lantai kayu, tapi hindari pemakaian karpet di lantai. Dinding juga harus bersih dan hanya memakai satu atau dua dekorasi pajangan saja.

Bagaimana dengan meja dan kursinya? Pilih meja dan kursi kafe yang warnanya netral dan cenderung monokromatik. Hindari furniture dengan detil-detil khusus apalagi berupa ukiran.

Vintage dan Shabby Chic

Gaya tua seperti vintage dan shabby chic (gaya lama yang lembut) adalah salah satu gaya unggulan yang biasanya digemari anak muda. Pada gaya ini, pemakaian kayu pallet atau kayu peti kemas dari jati belanda bisa diandalkan sebagai bahan lantai, dinding, hingga meja kursi kafe. Aplikasi finishing harus berani dengan warna-warna pastel atau natural yang diberi aksen tua. Misalnya dengan memberikan cacat finishing secara sengaja agar mebel tampak sudah tua.

Union Jack Style

Suka dengan semua hal berbau Inggris? Gaya ini juga merupakan gaya yang kemungkinan besar akan disukai generasi milenial. Cara untuk mewujudkannya pun tak begitu sulit. Aplikasikan tembok dari batu, perapian, hingga gambar bendera Inggris raya, yakni Union Jack. Gunakan juga pattern warna merah, biru, dan putih untuk perabot yang digunakan.

Arabian

Kafe bergaya arab? Mengapa tidak? Apalagi makanan arab juga merupakan makanan yang enak. Gaya desain Arabian juga mengagumkan dengan kesan mewah dan elegan. Gunakanlah hiasan dekorasi seperti gelas dengan pola mozaik atau benda-benda seperti vas dengan warna emas. Untuk meja kursi kafe, pilih yang menawarkan kesan mewah juga dengan warna seperti merah beludru dan emas, serta warna setipe lainnya.

Natural

Gaya natural merupakan sebuah oase tersendiri di tengah aktivitas yang sibuk. Karenanya, jangan ragu untuk menerapkan desain natural. Untuk mebelnya sendiri, aplikasikan furniture dengan warna alami dan bahan-bahan alami.

Modern

Gaya modern sebetulnya tak begitu berbeda dengan gaya minimalis. Hanya, pada gaya ini, digunakan warna-warna bold yang tajam seperti merah tua. Maka dari itu, meja kursi kafe yang digunakan pun bisa sama seperti gaya minimalis hanya gunakan warna yang lebih berani.

Eropa Klasik

Keindahan gaya eropa klasik pasti akan membuat pengunjung kafe Anda terpana. Dari gaya Victorian, Viking, hingga Renaissance, adalah contoh style desain yang menarik.

Tradisional Indonesia

Tema tradisional Indonesia jelas tak bisa dilupakan. Jenisnya sendiri sudah pasti sangat banyak sesuai budaya tiap etnis. Untuk tema jawa misalnya, Anda bisa memanfaatkan perabotan dengan ukiran cantik dari Jepara. Pasti mata akan dimanjakan dengan keindahan carved meble tersebut.

Tradisional Jepang

Gaya kafe tradisional Jepang secara umum menawarkan kesan kesederhanaan, kedamaian, dan kebersihan. Keseimbangan yang merupakan filosofi warga Jepang juga menjadi nilai yang kerap ditonjolkan. Karena inilah, banyak digunakan dekorasi berupa bonsai dan vas bunga yang memberikan kesan natural serta segar. Untuk furniturenya sendiri, sebaiknya berupa meja kursi kafe “lesehan”. Namun tentu saja bukan sembarang lesehan. Anda bisa memakai bantalan khas Jepang hingga ornament-ornamen Jepang pada mebel tersebut.

kafe gaya jepang

Bohemian

Gaya bohemian merupakan gaya yang sangat “asyik”. Gaya ini mengkombinasikan kesan hangat, natural, dan “messy” namun tetap menarik. Gaya ini bisa diwujudkan dengan menggunakan meja atau kursi yang dihiasi dengan motif etnik, hiasan dekorasi seperti vas bunga besar, dan pemakaian gorden serta taplak meja natural atau etnik. Bisa juga Anda memakai meja dan kursi dari natural fiber.

kafe gaya bohemian

Masalah Harga Meja Kursi Kafe

Membuka usaha dengan modal awal yang minim memang sulit. Resiko kerugian juga besar sehingga membuat pengeluaran untuk hal-hal “sekunder” seperti masalah style dikesampingkan. Padahal, persoalan ini bisa diatasi bila kita mau jeli.

Ini beberapa tips dari kami khusus untuk Anda supaya produk meja dan kursi kafe tak begitu menguras biaya:

1. Sebagai starter atau awalan, gunakan meja dan kursi non kayu solid. Pemakaian meja dan kursi kayu solid sudah pasti akan menghabiskan dana sangat besar. Apalagi bila yang digunakan adalah kayu-kayu kelas 1 seperti jati. Sebagai bahan pertimbangan Anda bisa memakai kayu olahan seperti MDF, HDF, dan kayu lapis. Jangan salah lho. Meski hanya merupakan kayu lapis, aneka kayu tersebut tetap bisa hadir dengan aneka tampilan karena saat ini sudah ada pelapis-pelapis yang bagus serta lem seperti Eva Phaethon untuk merekatkannya.
2. Bila Anda tak menyukai kayu olahan, pertimbangkan menggunakan kayu solid tapi yang bukan unggulan. Pastikan saja kayu-kayu itu sudah diberi antijamur dan antiserangga yang bagus seperti BioCide (jangan cuma mengandalkan obat pengawet biasa!). Bila perlu, lakukan pemesanan di pengrajin mebel lokal langganan Anda.
3. Salah satu style desain yang unik bisa dihasilkan dengan cara melakukan finishing atau pengecatan yang tepat. Nah, untuk hal ini, Anda bisa mengikuti tutorial aneka finishing yang bagus. Website rekomendasi kami adalah catkayu.com yang menyajikan berbagai cara finishing non konvensional dengan mudah dan hasilnya baik.

Sekiranya, demikianlah pembahasan kali ini mengenai meja kursi kafe. Semoga bermanfaat ya!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here